Mengatasi Puting Payudara Lecet Pada Ibu Menyusui

ibu menyusuiPuting lecet sering terjadi pada ibu menyusui yang baru pertama kali menyusui. Lecetnya puting pada ibu menyusui dapat disebabkan oleh posisi menyusui yang salah dan tidak sempurnanya posisi perlekatan antara mulut bayi dengan puting ibu. Memberikan sebuah pendidikan kepada ibu menyusui mengenai bagaimana cara menyusui yang benar sangatlah penting untuk mencegah terjadinya lecet pada puting payudara.

Lecet yang terjadi pada puting payudara dapat menyebabkan infeksi payudara pada ibu menyusui karena masuknya kuman yang terdapat pada hidung maupun mulut bayi ke dalam payudara melalui puting yang lecet tersebut. Jika puting payudara terjadi infeksi maka akan timbul gejala seperti puting payudara menjadi tampak kemerahan, bengkak, terasa nyeri dan juga timbul demam.

Untuk mengatasi hal itu terjadi, berikut ini ada beberapa cara mengatasi puting lecet pada ibu menyusui yang dapat dilakukan dengan aman dan mudah.

  1. Posisikan ibu menyusui dengan senyaman mungkin. Sandarkan punggung ibu, jika perlu dapat menggunakan bantal. Gunakan pula bangku kecil untuk penyangga kaki, hal itu bertujuan agar kaki ibu tidak tergantung selama menyusui.
  2. Baringkan bayi menghadap ke ibu , sehingga perut ibu menyusui menempel pada perut bayi dan dada juga ibu juga menempel pada dada bayi, sedangkan untuk wajah bayi menghadap ke payudara. Usahakan tubuh bayi berbaring dalam 1 garis lurus sehingga bahu, telinga dan juga panggul berada pada satu garis lurus.
  3. Sangga seluruh tubuh bayi dengan keadaan yang baik. Jika bayi Anda besar maka gunakan dua lengan untuk menyangganya, namun apabila bayi kecil Anda dapat menyangganya hanya dengan satu lengan saja. Bila perlu, ibu hamil juga bisa menggunakan bantal besar yang diletakkan di pangkuan untuk membantu menyangga bayi.
  4. Pegang payudara Anda dengan tangan ibu yang lain. Ibu jari berada di bagian atas payudara, kira-kira satu jari di atas areola atas dan empat jari lainnya menyangga payudara di bagian bawah sehingga payudara akan terangkat dan puting mengarah ke atas.
  5. Rangsang bayi Anda agar mau membuka mulutnya dengan cara menyentuhkan puting pada bibirnya.
  6. Tunggulah bayi membuka mulutnya selebar mungkin saat ingin memasukkan puting payudara ke dalam mulut bayi sehingga ujung puting payudara berada di langit-langit mulut bayi yang lembut dan saluran ASI yang masuk ke dalam mulut bayi juga akan semakin banyak.

Itulah cara mengatasi puting payudara lecet pada ibu menyusui. Isapan bayi pada saat menyusu biasanya dapat dirasakan oleh seorang ibu. Proses itulah yang merupakan jalinan ikatan batin antara seorang bayi dengan ibunya. Jadi ibu menyusui harus menyiapkan dirinya agar dalam keadaan baik saat sedang menyusui buah hatinya. Perasaan deperesi atau marah dan juga rasa nyeri pada saat menyusui harus dihindari karena bisa menghambat produksi ASI. Semoga bermanfaat.

PENTING UNTUK ANDA :

sumber gambar : http://fokusindonesia.files.wordpress.com/2014/05/perbedaan-susu-formula-dan-asi.jpg
Madu For Mama, Membantu Ibu Menyusui Melancarkan ASI

Madu For Mama, Membantu Ibu Menyusui Melancarkan ASI

Madu for mama adalah madu alami yang dikombinasi dengan tanaman herbal berkhasiat seperti buah kurma, ....
Rp 75.000 Beli
Maternity Pillow, Bantal Ibu Hamil dan Menyusui

Maternity Pillow, Bantal Ibu Hamil dan Menyusui

Maternity pillow merupakan bantal ibu hamil dan ibu menyusui yang bisa memberikan sebuah kenyamanan pada ....
Rp 450.000 Beli

Komentar