Bayi & Anak, Kesehatan

Cara Membersihkan Telinga Bayi Baru Lahir Dengan Aman

Telinga merupakan salah satu bagian tubuh penting yang sangat sensitif, apalagi untuk telinga byi baru lahir yang masih sangat rawan, tentunya Bunda harus berhati-hati dalam membersihkannya. Jangan pernah meremehkan merawat telinga bayi baru lahir secara rutin supaya pendengaran bayi tidak terganggu dengan adanya kotoran di telinga yang menumpuk.

Cara Membersihkan Telinga Bayi

Menjaga kebersihan sangatlah penting bagi kesehatan bayi, apalagi pada bagian telinga. Selain bermanfaat untuk mencegah menumpuknya kotoran, membersihkan telinga juga bisa menghilangkan sel-sel mati yang telah menumpuk pada lipatan telinga.

Lalu, bagaimana cara membersihkan telinga bayi yang benar dan aman? Untuk membersihkan telinga pada bayi baru lahir, Bunda harus berhati-hati dalam melakukannya karena jika terjadi komplikasi maka akan berakibat fatal bagi kesehatan bayi seperti infrksi telinga, rusaknya gendang telinga dan bisa pula mengganggu pendengaran. Berikut ini adalah cara membersihkan telinga bayi baru lahir dengan aman dan benar.

1. Bersihkan telinga saat sedang mandi

Mandi merupakan waktu yang tepat untuk membersihkan telinga bayi, karena kondisi telinga sedang basah sehingga memudahkan proses membersihkan telinga. Bunda bisa menggunakan kain yang lembab untuk membersihkan telinga bagian luar. Kemudian bersihkan juga bagian lipatan telinga secara lembut dan perlahan.

2. Membersihkan telinga dengan kain hangat

Cara membersihkan telinga bayi menggunakan kain hangat adalah dengan merendam kain terlebih dahulu ke dalam air hangat, kemudian gunakan untuk membersihkan telinga secara perlahan. Lakukan cara ini dengan teratur, maka selain kotoran akan hilang cara ini juga bisa menghilangkan sel-sel kulit mati yang ada di sekitar telinga.

3. Jangan membersihkan telinga menggunakan kapas

Jangan menggunakan cotton bud atau kapas pembersih telinga ke dalam telinga bayi, Bunda cukup menggunakan kapas untuk membersihkan bagian luar telinga saja. Karena, jika Bunda memasukkan kapas ke dalam telinga bayi maka dapat beresiko kapas tertinggal di dalam telinga yang akhirnya dapat merusak gendang telinga.

BACA JUGA:  Tips Tepat Memilih Produk Untuk Perawatan Bayi

4. Membersihkan dengan tetes telinga

Apabila terdapat beberapa kotoran di dalam telinga bayi, maka Bunda bisa membersihkannya menggunakan tetes telinga. Namun sebelum Bunda menggunakannya, sebaiknya Bunda mengkonsultasikan kepada dokter terlebih dahulu agar tidak salah langkah.

5. Jangan membersihkan telinga bayi saat sudah kering

Cara membersihkan telinga bayi yang aman dan tept adalah pada saat mandi sehingga telinga basah dan mudah untuk dibersihkan. Jangan pernah coba-coba membersihkan telinga bayi pada saat telinga sudah kering. Hal tersebut justru akan menyebabkan iritasi pada kulit telinga dan juga goresan yang menyebabkan infeksi.

6. Waspada dan berhati-hati saat membersihkan telinga

Bayi mungkin akan merasa tidak nyaman ketika Bunda sedang membersihkan telinganya sehingga tidak jarang bayi akan bertingkah. Bunda harus waspada, berhati-hati dan ekstra sabar dalam menghadapinya. Karena, jika tetap dipaksakan untuk membersihkan telinga bisa saja akan terjadi cedera yang serius pada bayi.

Semoga cara membersihkan telinga bayi tersebut dapat membantu Bunda dalam membersihkan telinga buah hatinya. Tetaplah berhati-hati dalam membersihkannya. Jika terjadi sesuatu yang tidak Bunda inginkan, segera untuk menghubungi dokter.

sumber gambar : http://www.hersays.com/images/thumb-inner-article/Cara-Merawat-Kebersihan-Teling.jpg

Produk Menarik untuk Anda:

Bedong Bayi Instan Dita, Perlengkapan Bayi Baru Lahir

Bedong Bayi Instan Dita, Perlengkapan Bayi Baru Lahir

Bedong instan Dita adalah salah satu bedong bayi yang pemakaiannya sangat mudah. Pertama buka bedong, ....