Bayi & Anak, Kesehatan

Cara Alami Mengatasi Sariawan Pada Bayi

sariawan pada bayiSariawan atau dalam istilah kedokterannya disebut dengan stomatitis aphtosa merupakan gangguan pada mulut yang dapat menimbulkan rasa perih yang ditandai dengan permukaan yang cekung berwarna putih kekuningan. Sariawan dapat menyerang siapa saja tanpa memandang usia termasuk pada bayi. Sariawan pada bayi akan mengakibatkan bayi menolak ASI ataupun makanan lainnya.

Sariawan pada bayi berdasarkan pada beberapa kasus yang ditemukan diakibatkan oleh adanya pertumbuhan jamur jenis candida albicans yang bisa ditularkan dari puting seorang ibu. Sariawan pada bayi biasanya muncul di beberapa titik mulut bayi seperti di bagian gusi, langit-langit mulut, bagian dalam pipi, lidah dan sebagainya. Untuk mengatasi sariawan pada bayi, Anda harus berhati-hati dalam mengobatinya karena bayi masih sangat sensitif. Berikut ini adalah cara alami mengatasi sariawan pada bayi.

1. Konsumsi makanan yang mengandung probiotik

Karena seorang bayi masih mengkonsumsi ASI, maka untuk mengatasi sariawan pada bayi harus kembali juga pada diri Anda. Cara pertama sebagai obat sariawan alami yang ampuh adalah ibu menyusui mengkonsumsi makanan yang mengandung prebiotik seperti acar kimchi, yoghurt dan suplemen prebiotik. Dengan mengkonsumsi makanan tersebut maka secara tidak langsung ibu telah menjaga keseimbangan bakteri sehat yang dapat menghalangi tumbuhnya jamur candida.

2. Cuka sari apel

Perlu Anda ketahui bahwa jamur dan cuka tidak dapat hidup secara berdampingan. Oleh sebab itu, jika Anda ingin menghilangkan jamur yang menyebabkan sariawan pada bayi gunakanlah cuka apel. Caranya dengan mengoleskan cuka apel pada puting payudara Anda. Secara bertahap sariawan yang dialami oleh buah hati akan sembuh dan hilang.

3. Diet yang tepat

Diet yang dimaksud disini bukanlah diet yang harus menurunkan berat badan atau mengurangi asupan makanan, akan tetapi Anda harus memastikan bahwa makanan yang Anda konsumsi adalah makanan sehat sehingga kekebalan tubuh Anda serta bayi yang Anda susui menjadi lebih kuat. Sebaiknya, kurangi makanan kaleng dan makanan yang terlalu banyak mengandung gula karena makanan tersebut tidak baik untuk kesehatan anak dan Anda.

4. Minyak kelapa

Minyak kelapa murni merupakan obat sariawan alami yang sangat ampuh dan aman bagi bayi. Caranya dengan mengoleskan minyak kelapa pada putting payudara, dengan begitu maka pertumbuhan jamur yang menyebabkan sariawan para mulut bayi akan mudah untuk diatasi.

5. Menghirup udara segar

Jamur candidadapat berkembang biak dalam lingkungan yang lembab dan gelap. Untuk itu sebaiknya ibu menyusui jangan pernah menggunakan pakaian ketat sehingga jamur tidak dapat berkembang biak pada payudara Anda sehingga mencegah terjadinya sariawan pada bayi Anda.

6. Bawang putih

Selain bawang putih bermanfaat sebagai bumbu dapur, ternyata bawang putih juga berkhasiat untuk antibiotic dan obat sariawan alami untuk bayi. Caranya sangat mudah, ibu menyusui tinggal mengkonsumsi masakan yang banyak mengandung bawang putih sehingga sariawan pada anak dapat teratasi pelan-pelan.

Itulah beberapa cara alami mengatasi sariawan pada bayi. Semoga bermanfaat dan dapat membantu bunda dalam menjaga kesehatan anak.

PENTING UNTUK ANDA :

sumber gambar : http://www.hkh.com.tw/ppt/photo/disease/k016.jpg

Produk Menarik untuk Anda:

Madu  Anak Syifa Kids FLu & Batuk Atasi Flu & Batuk, Sakit Kepala, Meriang & Masuk Angin

Madu Anak Syifa Kids FLu & Batuk Atasi Flu & Batuk, Sakit Kepala, Meriang & Masuk Angin

Madu Syifa Kids Fluba adalah Formula nutrisi yang menggabungkan, Madu Murni, habbatussauda dan herbal alami, ....