Kesehatan

Tips Mengatasi Sariawan Secara Alami

Share Yuk!

tips mengatasi sariawanMeski sariawan terbilang penyakit sepele, namun ternyata bisa mengganggu aktivitas kita setiap harinya. Bahkan, rasa nyeri ketika sariawan muncul membuat kita sulit dan malas mengunyah atau menelan makanan. Karenanya, jangan biarkan sariawan berlama-lama menyerang Anda, agar aktivitas Anda bisa berjalan dengan lancar.

Anda bisa mengatasi munculnya penyakit sariawan dengan cara alami dan sederhana. Namun, sebelum mengobatinya alangkah lebih baik bila Anda mengetahui terlebih dahulu apa yang menyebabkan Anda mengalami sariawan dan bagaimana cara mengatasinya.

Penyebab sariawan antara lain:

  • Mulut tergigit. Penyebab ini adalah hal yang umum terjadi, biasanya mulut tergigit karena makan terlalu cepat atau pada saat mengobrol.
  • Kekurangan nutrisi seperti zat besi, Vitamin B 12 dan Vitamin C bisa menyebabkan sariawan.
  • Tanda dari kelainan pencernaan
  • Kebersihan mulut yang tidak terjaga
  • Daya tahan tubuh melemah
  • Produk pasta gigi yang tidak cocok dengan mulut

Tips mengatasi sariawan secara alami dengan cara :

1. Daun kemangi dan kunyit

Mengunyah 4-5 lembar daun kemangi dan air minum. Cara ini efektif untuk meredakan nyeri sariawan dan segera menyembuhkan. Bisa juga mengoleskan ramuan pasta yang terbuat dari tumbukan kunyit dicampur dengan satu sendok teh gliserin. Oleskan pasta ini dibagian luka.

2. Jambu air

Ambil kulit batang jambu air 10 gr (Kulit batang yang masih muda), cuci dan tumbuk halus tambah 1/2 gelas air matang, saring. Gunakan air saringan tersebut untuk kumur.

3. Air kelapa muda dan minyak kelapa

Ambil air kelapa, jika ada air kelapa hijau. Gunakan untuk kumur dan bisa juga ditelan. Minyak kelapa memiliki sifat anti bakteri. Anda bisa mencampurkan minyak kelapa dengan madu. Oleskan ramuan tersebut pada mulut yang sariawan tiga kali sehari.

BACA JUGA:  Herba Minyak Cengkeh untuk Mengobati Gigi Berlubang

4. Kopi bubuk

Ambil sedikit bubuk kopi kemudian oleskan pada bagian yang sariawan, biarkan beberapa menit, kemudian kumurlah dengan air bersih. Hingga sembuh. InsyaAllah akan sembuh kira-kira 2 – 3 hari.

5.  Minum yogurt

Yogurt bisa membantu menyeimbangkan bakteri di dalam mulut dan tubuh, sehingga bisa mempercepat penyembuhan dan membantu mencegah sariawan muncul kembali. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, pastikan yogurt Anda mengandung acidophilus hidup.

6. Baking soda

Campur baking soda dengan air yang dijadikan obat kumur atau pasta untuk melapisi luka sariawan. Baking soda akan membantu menghilangkan bakteri di dalam mulut dan mengurangi rasa sakit.

7. Minum Vitamin

Studi menunjukkan sariawan lebih sering terjadi pada orang yang kurang vitamin B, Vitamin C, zat besi dan asam folat juga berperan dalam mencegah dan menyembuhkan sariawan.

8. Tomat

Makan tomat mentah merupakan obat untuk mengatasi sariawan. Tomat mentah atau jus tomat mengandung vitamin C tinggi.

9. Berkumur dengan air garam

Campurkan air hangat dengan garam, berkumurlah dengan air garam tiga kali sehari agar sariawan cepat hilang. Kandungan garam dapat menarik cairan pada luka sariawan sehingga mempercepat penyembuhan.

Selain  menerapkan tips seperti di atas, Anda juga bisa mencegah sariawan dengan menjaga kesehatan mulut Anda, dengan mengkonsumsi makanan bernutrisi  atau bisa dengan mengkonsumsi multivitamin dari bahan herbal seperti daharan herbal plus suplemen makanan.

Sumber gambar : http://3.firepic.org/3/images/2014-07/02/3zxe0ywpvm3n.jpg
Share Yuk!