Parenting, Pendidikan & Psikologi

Agar Anak Kuat Berpuasa, 6 Kegiatan Ini Bisa Jadi Pilihan Buah Hati Bunda!

melatih anak berpuasaDatangnya bulan Ramadan ternyata tidak hanya disambut suka cita oleh orang dewasa, tapi anak-anak juga sangat antusias untuk mencoba ikut berpuasa. Tapi biasanya antusias anak untuk berpuasa hanya di awal-awal ramadan, semakin hari anak-anak mulai bosan apalagi ada banyak godaan yang menghampiri untuk tidak lagi ikut berpuasa.

Menghadapi kondisi seperti itu, Bunda harus pintar-pintar mencari kegiatan agar anak tak bosan berpuasa. Contohnya seperti kegiatan yang bersifat aktif untuk merangsang sensor motorik dan otak anak, sehingga si kecil tetap semangat meski sedang berpuasa.

Sedikitnya ada 6 kegiatan seru yang bisa Bunda lakukan, agar anak kuat berpuasa dan tidak cepat bosan menahan lapar dan dahaga, dikutip dari Caramengisi.com.

1. Cari Permainan Yang Paling Mereka Sukai, Asik Bermain Biasanya Anak-Anak Akan Lupa Bahwa Mereka Sedang Lapar

Pilihan kedua untuk mencarikan kegiatan agar anak bisa berpuasa penuh adalah dengan memberikan  atau mengijinkan mereka untuk bermain sesuai dengan kesukaannya.

Permainan ini bisa berupa permainan individual maupuin kelompok. Misal, jika anak Bunda suka dengan bongkar pasang lego, maka tidak ada salahnya Anda fasilitasi untuk mereka bisa mengisi kegiatan saat menjalankan ibadah puasa..

Atau anak Bunda lebih suka bermain dengan rekan-rekan yang lain secara kelompok, misal bermain kelereng atau petak umpet, dan segaka macam jenis permainan yang sedang booming di daerah Anda bisa menjadi solusi agar anak-anak dapat berpuasa penuh sampai waktu berbuka puasa tiba….

2. Anak Bunda Suka Tantangan? 30dayschallenge Ini Bisa Jadi Alternatif Mengisi Waktu Puasa Anak Anda

Terapkan permainan #30dayschallenge pada anak.

Cara mainnya, Bunda coba berikan tantangan dan reward berupa hadiah-hadiah kecil bila anak selesai merampungkan tantangan kreatif yang diberikan.

Sebagai contoh, tantangan membersihkan rak buku dan menyusunnya dengan rapi sesuai abjad, lalu menghafal kisah-kisah nabi, mewarnai atau menggambar kaligrafi, merapikan kotak dan isi mainannya, dan lain sebagainya.

3. Anak-Anak Akan Merasakan Beratnya Puasa Sekitar Pukul 12.00 – 15.00, Ajak Mereka Tidur Siang

Saat berpuasa, kondisi gula darah akan menurun sehingga orang yang menjalankan puasa akan merasa lemas dan mengantuk. Ini bisa Bunda manfaatkan untuk mengajak anak Anda tidur siang sehingga mereka tidak terlalu terbebani dengan puasa yang dijalankan…

Namun yang perlu diingat, walaupun tidur di bulan Ramadhan merupakan ibadah, sebaiknya jangan tidur terlalu lama saat siang hari. Karena akan menyebabkan kelelahan dan lesu, selain itu dari pada tidur berlama-lama lebih baik diisi dengan kegiatan lain yang lebih bermanfaat…

4. Jalan-Jalan Sore Akan Terasa Sangat Menyenangkan Bagi Anak-Anak Saat Menjalankan Ibadah Puasa

Salah satu keindahan yang disajikan pada Bulan Ramadhan adalah adanya pasar Ramadhan di sore hari, pasar ini menyajikan aneka makanan untuk Buka Puasa mulai dari makanan khas daerah, kolak, ataupun makanan ringan lainnya..

Adanya pasar ramadhan ini akan memberikan daya tarik sendiri sehingga banyak orang yang akan mendatangi, kondisi ini bisa memberikan solusi bagi Bunda untuk mengajak anak-anak Anda yang sedang berpuasa untuk menikmati sore hari di bulan puasa dengan jalan-jalan ke pasar Ramadhan….

5. Hobi Memasak, Coba Ajak Anak Bunda Untuk Membantu Agar Tidak Tergoda Membatalkan Puasa

Jika Bunda memiliki kemampuan dalam mengolah masakan, maka Anda bisa mempersiapkan makanan untuk buka puasa sendiri tanpa beli.. Selain untuk menghemat pengeluaran di bulan Puasa, kegiatan memasak makanan buka puasa juga bisa menjadi solusi bagi Anda untuk mengajak anak-anak Anda yang sedang menjalankan puasa untuk turut serta mempersiapkan makanan..

Biasanya anak0anak akan antusias membuat makanan mereka sendiri, dan akan sangat dinantikan menyantapnya ketika waktu buka puasa tiba..

Bunda bisa mengajak anak Anda mempersiapkan sup buah, ataupun makanan yang mudah disajikan lainnya. Ini Akan meningkatkan kreatifitas anak Anda dan memnambah antusias mereka saa menjalani ibadah puasa…

6. Mengaji Pada Saat Puasa Ramadhan Akan Memberikan Manfaat Yang Banyak, Ajak Anak Bunda Mengaji

Alternatif kegiatan yang satu ini sangatlah bermanfaat, mengaji merupakan kegiatan yang banyak menghasilkan pahala baik dilakukan di saat menjalankan puasa maupun di bulan-bulan lainnya…

Mempelajari alquran merupakan kegiatan yang sangat dianjurkan dilakukan untuk mengisi kegiatan di bulan Ramadhan, karena akan menambah banyak pahala bagi yang membacanya…

Bunda bisa mengajak anak Anda untuk tadarus bersama, atau mendaftarkan mereka di Tempat Pembelajaran Alquran…

Itulah 6 tips untuk mengisi kegiatan anak disaat menjalankan ibadah puasa agar anak-anak tetap semangat dalam menjalani puasanya. Beberapa alternatif kegiatan ini merupakan sebagian kecil kegiatan yang dapat dilakukan agar anak-anak bisa terhindar dari hal-hal yang membatalkan puasa dan dapat menjalankan ibadah puasa ramadhan secara penuh… Selamat mencoba.

Produk Menarik untuk Anda:

Vitabumin – Madu Penambah Berat Badan Anak

Vitabumin – Madu Penambah Berat Badan Anak

Vitabumin adalah madu herbal yang diformulasikan khusus untuk menambah nafsu makan, menambah berat badan anak ....
Madu Herbal Syifa Kids Cerdas dan Cendekia Meningkatkan Kecerdasan Anak

Madu Herbal Syifa Kids Cerdas dan Cendekia Meningkatkan Kecerdasan Anak

Madu Syifa Kids Cerdas Cendekia merupakan madu anak untuk nutrisi 100% alami tanpa bahan kimia ....
Kapsul Minyak Ikan Salmon

Kapsul Minyak Ikan Salmon

Kapsul Minyak Ikan Salmon Adalah Kapsul herbal Yang 100% terbuat dari minyak ikan salmon berguna ....