Mencegah Tekanan Darah Rendah

Mencegah Tekanan Darah RendahBanyak orang menderita tekanan darah rendah. Tak hanya orang tua, usia muda pun sering terkena. Bagi pekerja, gangguan tekanan darah ini sangat mempengaruhi semangat dan produktivitas kerja.  Serangan pusing yang terjadi tiba-tiba, muka pucat, tangan dan kaki yang dingin dapat dikatagorikan karena tekanan darah yang rendah. Sebenarnya apa itu tekanan darah rendah, dan bagaimana cara yang efektif untuk mencegahnya. Simaklah beberapa hal dibawah ini.

Tekanan darah rendah atau hipotensi adalah suatu keadaan dimana tekanan darah lebih rendah dari 90/60 mmHg sehingga menyebabkan keluhan. Namun jika tidak terjadi keluhan dapat dikatagorikan kondisi yang normal. Nilai normal tekanan darah seseorang dengan usia tidak terlalu tua, ukuran tinggi badan, berat badan dan kesehatan normal adalah 120/80 mmHg. Angka 120 menunjukkan tekanan darah sistolik dan 80 disebut tekanan darah diastolik.

Tekanan darah sistolik adalah tekanan yang dialami dinding pembuluh darah ketika jantung mengerucut memompakan darah ke seluruh bagian tubuh. Sedangkan tekanan diastolik adalah tekanan yang dialami dinding pembuluh darah ketika jantung menerima kembali darah dari seluruh tubuh.

Terjadinya tekanan darah rendah dipengaruhi 3 hal, apabila salah satu atau ketiganya mengalami ganguan penurunan maka tekanan darah akan turun. Pertama adalah stroke volume, yakni kekuatan otot jantung untuk menguncup mengeluarkan darah dari rongga otot jantung ke seluruh tubuh. Makin baik otot jantung maka makin banyak volume darah yang dipompakan. Sebaliknya jika fungsi otot jantung kurang baik maka volume darah yang dipompakan sedikit sehingga tekanan darah menurun.

Kedua, heart rate yaitu berapa kali jantung berdenyut dalam satu menitnya. Semakin tinggi heart rate, semakin tinggi pula tekanan darah. Yang terakhir adalah tegangan perifer atau tegangan kekakuan pembuluh darah. Makin kaku pembuluh darah, maka makin tinggi tekanan darah. Demikian juga sebaliknya, makin lembek pembuluh darah maka tekanan darah akan makin rendah.

Terdapat beberapa hal yang bisa menyebabkan yang bisa menyebabkan tekanan darah rendah, seperti diare. Diare hebat membuat kondisi seseorang kekurangan cairan sehingga tidak bertenaga. Kondisi ini membuat otot jantung lemah dalam memompakan darah dari jntung ke seluruh tubuh. Akibatnya tekanan darah menjadi menurun.

Berdiri terlalu lama terlebih dalam kondisi yang misalnya, belum sarapan pagi atau malam harinya yang kurang tidur bisa juga menyebabkan tekanan darah rendah. Hal ini disebabkan pada posisi berdiri darah cukup sulit sampai di kepala. Dibutuhkan tekanan cukup besar agar darah sampai kepala. Kurangnya darah sampai di kepala membuat tekanan darah rendah dan jatuh pingsan.

Tekanan darah menurun juga bisa terjadi karena seseorang mengalami pendarahan akibat luka terbuka atau luka di bagian dalam. Bisa juga akibat pelebaran pembuluh darah karena infeksi berat. Penyebab lainnya ialah kondisi lemah jantung, serangan jantung dan alergi obat.

Tekanan darah rendah baru menimbulkan gejala bila suplai darah ke otak terganggu. Kondisi ini akan membuat seseorang merasa pusing, sering menguap, penglihatan kurang jelas, keringat dingin, merasa cepat lelah, muka pucat, tangan dan nkaki dingin, keseimbangan terganggu dan bisa pingsan. Pada pemeriksaan secara umum denyut nadi teraba lemah.

Bagi orang yang memiliki riwayat tekanan darah rendah harus memperhatikan diri, sebab gangguan ini mudah sekali kambuh. Dampak tekanan darah rendah tergantung penyebabnya. Celakanya bila kambuh penyakit ini sering membuat seseorang pingsan. Jika hal ini terjadi, baringkan penderita, dengan posisi berbaring aliran darah ke otak akan lancar sehingga penderita akan segera sadar. Obat-obatan tidak perlu diberikan, kecuali tekanan darah rendah itu benar-benar mengganggu aktivitas keseharian. Bila tidak ada gangguan serius paling obat yang diberikan hanya vitamin.

Beberapa pencegahan yang dilakukan dapat mengatasi tekanan darah rendah :

  • Makanlah bergizi tinggi, empat sehat lima sempurna. Makan bergizi membuat tubuh selalu bugar. Tubuh yang bugar tidah mudah terserang penyakit. Sebab bila tubuh kurang sehat, gangguan tekanan darah rendah mudah kambuh.
  • Jangan lupa sarapan pagi sebelum melakukan aktivitas. Sebab bila beraktivitas perut masih kosong, tubuh kekurangan energi. Dalam kondisi ini pada orang yang memiliki riwayat hipotensi, gangguan mudah muncul.
  • Hindari tidak tidur hingga larut malam. Sepulang kerja setelah beberapa saat bercengkerama dengan keluarga sebaiknya segera tidur. Idealnya orang perlu tidur minimal 6 jam. Bila kurang tidur stamina jadi lemah dan memudahkan darah rendah muncul.
  • Disarankan untuk banyak mengonsumsi makanan yang cukup mengandung kadar garam (asin) karena makanan seperti itu dapat meningkatkan tekanan darah.
  • Minumlah air putih dalam jumlah yang cukup, sekitar 8-10 gelas per hari. Sesekali perlu minum kopi agar memacu peningkatan degup jantung sehingga tekanan darah akan meningkat
  • Lakukan olah raga teratur seperti joging selama 30 menit setiap hari. Olah raga membuat daya tahan fisik kuat sehingga tekanan darah akan stabil.
  • Minumlah vitamin secara rutin, 2x sehari, misalnya vitamin C. Vitamin akan membantu memperkuat data tahan tubuh sehingga tidak mudah sakit.
  • Sebagian masyarakat memiliki imej daging kambing bisa mencegah tekanan darah rendah. Pendapat ini sebetulnya belum jelas, namun boleh saja makan karena daging kambing nilai gizinya cukup tinggi.
Sumber Gambar :  https://obatdarahtinggiakut.files.wordpress.com/2013/11/obat-darah-tinggi-akut.jpg

  •  
  •  
  •  
  •  

45 Komentar

  1. Terimakasih. Tipsnya, kalo saya mba biasanya kalo tek.darah lagi turun dibantu dengan kerik…lumayan agak membaik.

  2. Dengan membaca artikel ini membuat saya menjadi lebih mudah untuk mengatasi darah rendah yg saya alami ini, terima kasih atas artikel yg telah dibuat ☺

  3. umur saya 14 thn , saya sering mengalami pusing , dan mual . sering juga mengalami pusing saat bangun dri tdur dan dduk . rasanya berkunang-kunang dan melayang . saya juga selalu pusing bila telat makan , kira-kira apa saya mengalami darah rendah ? saya belum mengecek tekanan darah saya .

  4. saya pun mengalami tekanan darah rendah.. bila aktiviti senaman selalu penat..jantung terlalu laju…

  5. Efek tekanan darah rendah bagi ibu hamil apa ya… karena usia kandungan saya sudah 8 bulan dan tekanan darah 3 bulan terakhir menurun trs.

    1. Tekanan drh rendah bg ibu hamimbuat ibu kekurangan tenaga terutama saay akan mkhirkan

  6. Artikel yang bermanfaat bagi kesehatan, terutama manfaat minum kopi, karena sya nggak pernah minum kopi, tks

  7. wah…,makasih banyak ya atas infonya. saya mengalami tekanan darah rendah. terasa banget apalagi pas dari duduk mau berdiri, kepala langsung pusing dan pandangan jadi kunang-kunang…,

  8. untuk info tentang asma dan penyembuhannya :

    www.asma.web.id
    www.herbal-asma.com

  9. thanks banget ya infonya.tadinya aku yang cuma makan biasa2 aja aku abis baca ini mau makan yang bergizi 4 sht 5 smprna.biar tekanan darahku bisa naik lagi…..(amin)aku tuh kalo lagi upacra/apel leleh banget mungkin ini ya resikonya darh rendah.yups lain kali dojaga yach tek.darah and kesehatannya.

    1. bisa ditambah dengan suplemen sari kurma dan madu mbak. atau dengan herbalife .0813328873888

  10. trims info nya ya………. tp saya kalo minum kopi, jadi berdebar-debar……. manakah kopi yg baik utk dikonsumsi ? yg sdh pake gula, susu,creamer dsb atau kopi hitam ? terimakasih ( oh iya, usia sy 42 thn , apakah ada pengaruhnya ? )

  11. saya sangat setuju unt cara pencegahan tsb, tapi susah unt saya praktekan…sdh lama tekanan darah saya rendah, saat bs menjaga baik2 aja tp saat kecapekan beraktivitas kumat pusingnya…

  12. artikel semcm ini yg saya tunggu2 saya sering mengalami hipotensi dan gak tanggung2 kadang saya pinsan, tapi saya bersyukur telah baca artikel ini moga2 tekanan saya bisa normal lg.
    thank you,…

  13. makasih atas saranya ya mbak……sebab istriku lagi kena tekanan darah rendah.akan aku coba .makasih banyak.

  14. Sejak muda saya sudah biasa dengan penyakit ini. kadang merasa terganggu juga kalau sedang butuh stamina yang optimal untuk kerja eh malah lemes. bingung gimana mencegahnya. terima kasih, infonya. cukup membantu

  15. Saya justru mempunyai tekanan darah tinggi. Apakah apa yang diuraikan untuk tekanan darah rendah bisa dibalik saja?

  16. Trm ksh ya mba’ tips nya sgt berguna buat saya krn saya penderita drh rendah. Semoga tips ini menjadi amal sholeh buat mba’. Amin….

  17. makasih artikelnya karena sedang mengalami tapi saya keluhannya sakit di leher bag belakang

  18. saya akan coba tipsnya..karena sudah berkali kali ke dokter masih tetap pusing. saya di sarankan minum susu, terutama susu murni. apakah itu bisa mencegah darah rendah??

  19. makanan apa saja yg direkomendasikan untuk dikonsumsi agar menjaga tekanan darah stabil atau meningkat setelah mengalami hypotensi??
    apakah ada korelasi hypotensi dengan penyakit lambung?

  20. artikelnya memang lagi ku perlukan nih..
    tekanan darahku lagi rendah akhir-akhir ini.

    tks infonya ya!

  21. Assalamu ‘alaikum wr wb

    Terima kasih atas artikelnya Insya Alloh bermanfaat.Semoga amal sholeh karena memuat artikel ini dibalas oleh Alloh dengan balasan yang berlipat ganda

    Wassalamu ‘alaikum wr wb

    1. wa’alaikumussalam, bapak…
      sama-sama, terimakasih juga atas kunjungannya. aamiin, terimakasih doanya…
      wassalam

Komentar