Manfaat Rumput Laut Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

rumput lautRumput laut merupakan hasil laut  dan termasuk jenis tumbuh-tumbuhan laut jenis Algae atau ganggang multiseluler, yang tidak memiliki akar, batang, dan daun, dengan bentuk yang beraneka ragam, mulai dari bentuk bulat, pipih, tabung atau bercabang-cabang. Rumput laut biasanya dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan agar-agar atau bahan campuran es buah yang segar dimakan waktu cuaca panas atau saat bulan puasa seperti sekarang ini. Untuk mendapatkannya pun tidak sulit karena negara kita termasuk negara maritim yang mempunyai lautan luas.

Dengan adanya teknologi modern, berbagai manfaat rumput laut dikemas dan dimasukkan sebagai bahan makanan atau sebagai bahan tambahan untuk industri makanan, farmasi, kosmetik, tekstil, kertas, cat, serta digunakan pula sebagai pupuk hijau dan komponen pakan ternak maupun ikan. Mengapa rumput laut bisa digunakan untuk bermacam-macam kebutuhan manusia? Ya, karena rumput laut memiliki banyak nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan kita. Berikut ini manfaat rumput laut untuk kesehatan dan kecantikan antara lain:

Meningkatkan daya tahan tubuh

Berdasarkan hasil penelitian menyatakan bahwa rumput laut bisa menjadi stimulan dalam proses penyembuhan kanker lewat kemampuannya meningkatkan daya tahan tubuh. Rumput laut bekerja dengan meningkatkan produksi antibodi, cytokines (protein pelawan infeksi), dan sel lain yang meningkatkan imunitas sehingga membantu menyembuhkan infeksi dan penyakit kronis seperti kanker.

Mengendalikan berat badan

Rumput laut adalah makanan bebas lemak dan kaya akan serat pangan. Seperti kita ketahui bahwa selain melancarkan pencernaan, serat juga dapat membuat perut kenyang lebih lama, sehingga Anda bisa terhindar dari pola makan berlebihan yang bisa menambah berat badan. Rumput laut cocok dikonsumsi sebagai camilan bagi Anda yang sedang berdiet.

Pengganti garam

Peneliti di Inggris menguji butiran rumput laut sebagai penambah rasa yang bisa menggantikan garam dalam makanan ringan dan produk makanan olahan lainnya. Mengurangi konsumsi garam dapat menurunkan risiko tekanan darah tinggi, serangan jantung hingga stroke.

Mencegah anemia

Penelitian juga membuktikan bahwa, rumput laut jenis spiriluna juga dapat menstabilkan jumlah sel-sel darah merah, sel-sel darah putih, dan hemoglobin. Selain itu, rumput laut berfungsi mengurangi efek samping terhambatnya produksi sel-sel penghasil sel darah. Penelitian membuktikan bahwa rumput laut meningkatkan hematopoiesis, yakni pembentukan sel darah merah. Itu diyakini karena tingginya kandungan zat besi di dalamnya.

Mengatasi alergi

Rumput laut juga dapat melawan reaksi alergi dengan cara mencegah pelepasan histamin atau zat yang menyebabkan gejala alergi seperti hidung tersumbat dan mata berair.

Mempercepat penyembuhan luka

Vitamin C dalam rumput laut mengandung antioksidan seperti vitamin A, juga menjaga kekuatan tulang, gigi, gusi, kesehatan kulit dan juga membantu untuk penyembuhan luka, dan memperkuat pembuluh darah.

Mencegah tulang keropos

Penelitian membuktikan bahwa rumput laut mengandung kalsium 5 kali lebih besar dibandingkan dengan susu. Dengan kandungan kalsium yang begitu besar, maka rumput laut dapat mencegah tulang keropos, membantu pertumbuhan tulang dan gigi, menjaga kesehatan kuku, rambut, dan meningkatkan metabolisme dalam tubuh.

Mengatasi kelelahan

Rumput laut mampu mengatasi kelelahan, terutama bagi para pekerja yang banyak menghabiskan waktunya untuk bekerja. Oleh karena itu tumbuhan laut sati ini dapat  dijadikan suplemen bagi tubuh kita yang aman untuk kesehatan.

Membakar Lemak

Rumput laut mempunyai kandungan yang mampu membakar lemak dengan baik. Jika Anda ingin menurunkan berat badan Anda, Anda bisa mencoba menggunakan rumput laut untuk melancarkan program Anda. Anda bisa rutin mengkonsumsi roti dengan selai rumput laut, pastinya akan lebih singkat proses penurunannya. Tapi dengan catatan, porsi makan Anda harus diganti atau dikurangi serta tetap rutin berolahraga.

Membunuh bakteri jerawat

Berdasarkan hasil penelitian menemukan bahwa rumput laut mempunyai kandungan yang sangat efektif untuk mengatasi masalah-masalah kulit, sehingga sangat cocok untuk dibuat produk kosmetik.

Penghambat penuaan diri/keriputAliefa cream zaitun

Rumput laut selain bisa digunakan sebagai produk makanan, bisa juga digunakan sebagai produk kecantikan dengan dibuat masker. Manfaat rumput laut untuk kulit yaitu bisa menghambat penuaan dini/keriput di wajah. Sebagai alternatif, Anda bisa juga mencegah penuaan dini dengan aliefa cream zaitun plus ekstrak greentea, dan serum collagen vitamin C dan vitamin E.

Mengencangkan kulit

Ramuan rumput laut bisa digunakan untuk scrub yaitu berfungsi untuk mengencangkan kulit dan membuatnya kenyal, dan penggunaan yang teratur mampu mengangkat kulit mati secara baik.

Banyaknya manfaat yang bisa Anda dapatkan dari rumput laut, sehingga makanan yang satu ini pantas menjadi salah satu menu berbuka puasa Anda. Konsumsi rumput laut bisa Anda lakukan dalam keadaan segar sebagai lalapan atau sayur, serta bisa juga dalam kemasan praktis. Selamat mencoba.

sumber gambar:
1. http://images04.olx.co.id/ui/6/08/94/1365661123_500470494_1-Gambar--Agen-Rumput-Laut-Berkualitas.jpg
2. //pondokibu.com/uploads/2011/08/Aliefa.jpg

Komentar