Kehamilan & Kelahiran, Kesehatan

Dampak Penggunaan Kosmetik Berbahan Kimia Bagi Ibu Hamil

dampak kosmetik berbahaya bagi ibu hamilMasa kehamilan adalah masa yang sangat penting dan paling ditunggu bagi kaum wanita yang baru menikah. Untuk itu, penting bagi ibu hamil menjaga kesehatan tubuh mereka demi tumbuh kembang janin. Dimana pada masa kehamilan, pembentukan organ tubuh bayi sedang diproses. Mengkonsumsi makanan sehat, hindari stress dan rajin olahraga ringan adalah beberapa hal yang dianjurkan untuk mendapatkan bayi yang sehat dan jga cerdas.

Selain tetap memperhatikan kesehatan tubuh demi tumbuh kembang bayi dalam kandungan, seorang ibu hamil juga ingin selalu tampil cantik meskipun sedang dalam keadaan mengandung. Berbagai macam cara akan dilakukan untuk mendapatkan wajah yang cantik berseri. Tidak sedikit mereka menggunakan kosmetik-kosmetik yang dijual dipasaran tanpa memperhatikan kandungan atau zat yang ada didalamnya.

Jadi, penting bagi ibu hamil memperhatikan bahan apa saja yang terkandung dalam kosmetik yang mereka gunakan. Tidak sedikit kosmetik yang beredar dipasaran mengandung bahan kimia berbahaya seperti alkohol, timah hitam, metilmerkuri, aluminium dan lain sebagainya. Bahan-bahan kimia yang terkandung dalam kosmetik tersebut tentu saja dapat mempengaruhi tumbuh kembang bayi dalam kandungan jika digunakan oleh ibu hamil. Bahan kimia dalam kosmetik tersebut juga merupakan salah satu penyebab lahirnya bayi dengan penyakit kanker kulit, cacat, alergi, autis dan cerebral palsy.

Berikut ini adalah beberapa dampak penggunaan kosmetik berbahan kimia bagi ibu hamil dan tumbuh kembang bayi dalam kandungan yang perlu Anda ketahui.

  1. Bahan kimia berbahaya dalam kosmetik dapat merusak pembelahan dan pertumbuhan sel, terlebih lagi sel saraf. Dampak nyata yang dapat terlihat adalah cacat bawaan pada bayi seperti bibir sumbing, kembar siam, jari dempet, retardasi mental (idiot), jumlah jari lebih atau kurang dan lain sebagainya.
  2. Jika bahan kimia yang terdapat dalam kosmetik tersebut dapat mengganggu pertumbuhan organ tubuh bagian dalam maka akan berakibat pada kelainan jantung bawaan, kelainan paru-paru dan lain-lain.
  3. Bahan kimia berbahaya bisa juga merusak pertumbuhan kulit yang menyebabkan anak atau bayi mudah terserang alergi dikemudian harinya.
  4. Kosmetik yang mengandung bahan kimia berbahaya juga bisa menimbulkan gangguan reproduksi.
  5. Selain itu, bahan kimia berbahaya yang terkandung dalam kosmetik juga bisa mengancam keguguran pada ibu hamil.

Itulah beberapa informasi mengenai dampak kosmetik berbahan kimia yang harus Anda cermati terutama bagi ibu hamil selama masa kehamilan. Jika bukan Anda sendiri yang menjaga dan memperhatikan kesehatan tubuh serta tumbuh kembang bayi dalam kandungan Anda, siapa lagi? Semoga bermanfaat.

PENTING UNTUK ANDA :

sumber gambar : http://kabarpop.co/uploads/2014/05/makeup.jpg