Cara Mendidik Anak Agar Cinta Allah (Bagian 1)

mendidik anak secara islamMendidik anak dalam Islam yang diutamakan adalah aqidah. Jika aqidah sudah tertanam, maka In Sya Allah mudah untuk memasukkan nilai-nilai Islam pada sang buah hati. Pertanyaannya, bagaimana jika kita ingin memberikan konsep aqidah kepada anak-anak yang notebene belum bisa menerima konsep yang abstrak, apalagi membuatnya cinta kepada Allah?

Di sinilah tugas orang tua untuk mencari cara bagaimana agar mendidik anak untuk cinta Allah. Berbagai cara bisa dilakukan orang tua, bahkan dengan cara yang menyenangkan. Berikut ini adalah beberapa caranya:

1. Bercerita/mendongeng sebelum anak tidur

Mendidik anak dengan bercerita adalah cara yang menyenangkan dan tidak sulit, baik untuk orang tua dan anak itu sendiri. Bercerita atau mendongeng adalah salah satu cara paling efektif untuk menyampaikan sebuah pesan kepada anaknya. Masa-masa sebelum tidur adalah salah satu saat terbaik untuk memasukan suatu nilai. Jika nilai yang dimasukkan adalah nilai-nilai yang baik, tentunya hasilnya akan linier. Ceritakanlah kepada anak kisah-kisah yang berkenaan dengan kebesaran Allah. Jika anda bingung, maka carilah buku-buku cerita islami yang banyak dijual. Mendidik anak dengan bercerita adalah cara yang menyenangkan dan tidak sulit, baik untuk orang tua dan anak itu sendiri.

2. Ajak anak berekreasi ke tempat-tempat yang memiliki pemandangan indah

Dengan melihat bentang alam yang indah, anak dapat dijelaskan bagaimana yang dipandang bisa seindah itu dan siapa penciptanya. Lalu, jelaskanlah bahwa hanya Allah-lah yang sanggup membuat itu semua begitu sempurna. Yakinkan pada dia, apakah manusia membuatnya, misal dengan pertanyaan,”Adik bisa gak buat kayak gitu”?. Pasti anak akan mengatakan, “Gak, bun.”. Maka tegaskanlah sekali lagi bahwa tidak ada satupun manusia yang mampu membuatnya. Cara mendidik anak melalui alam ini, tentunya juga dapat membuat semua itu senang.

3. Mulai ajari anak untuk meminta hanya pada Allah

Tidak banyak orang tua yang begitu memanjakan anaknya dengan langsung memberi apa yang anaknya minta. Nah, seharusnya orang tua mulai sedikit mengubah cara ketika anak meminta sesuatu. Jika anak meminta sesuatu, maka perintahkan dia untuk berdoa dulu kepada Allah untuk memberikan apa yang ia minta. Ajarilah doa sederhana dengan bahasa kita, misal sang anak meminta sebuah mainan, maka bisa anda katakana padanya, “Kak, sekarang coba berdoa dulu sama Allah, minta ke Allah mainannya. Yuk,. Ikutin bunda, ‘Ya Allah, berikanlah aku mainan”. BIarkan dia melakukan itu setiap selesai sholat, atau kapanpun dia sempat berdoa. Lalu, diamkanlah beberapa hari, misalnya 2 hari, lalu belikanlah mainan yang dia minta tanpa sepengetahuannya dan berikan kepadanya. Saat dia menerimanya, pasti ia senang, dan jangan lupa katakana,”Ini dari Allah, kan kakak udah minta ke Allah. Jadi ini, sekarang Allah kasih. Tu…Allah sayang kan sama kakak.”. Dengan begitu, anak akan tahu siapa sebenarnya yang memberi. Lakukan itu sebisa mungkin setiap dia meminta sesuatu.

Itulah beberapa cara mendidik anak agar cinta Allah (bagian I). Tunggu kehadiran bagian kedua di www.pondokibu.com. Semoga dimudahkan untuk sedikit-sedikit mencoba cara di atas. Kuncinya adalah, bagaimana orang tua harus lebih dulu mengenal Allah sebelum mengenalkannya kepada buah hatinya. Inilah bedanya cara mendidik anak secara Islami dengan cara mendidik anak yang baik, tapi tidak Islami.. Semoga bermanfaat.

 PENTING UNTUK ANDA :

sumber gambar : http://www.anneahira.com/images_wp/tips-mendidik-anak-secara-islami.jpg

Mainan Anak Puzzle Huruf, Untuk Memperkenalkan Huruf Pada Anak-anak

Mainan Anak Puzzle Huruf, Untuk Memperkenalkan Huruf Pada Anak-anak

Puzzle huruf merupakan Mainan Edukatif anak yang berguna untuk memperkenalkan kepada anak tetang abjad. Bermain ....
Rp 90.000 Beli
Puzzle Huruf Hijaiyah, Permainan Puzzle untuk Anak

Puzzle Huruf Hijaiyah, Permainan Puzzle untuk Anak

Puzzle Huruf Hijaiyah merupakan mainan edukatif menyusun huruf-huruf hijaiyah yang bermanfaat untuk pembelajaran Al Qur’an ....
Rp 95.000 Beli
Madu Herbal Syifa Kids Cerdas dan Cendekia Meningkatkan Kecerdasan Anak

Madu Herbal Syifa Kids Cerdas dan Cendekia Meningkatkan Kecerdasan Anak

Madu Syifa Kids Cerdas Cendekia merupakan madu anak untuk nutrisi 100% alami tanpa bahan kimia ....
Rp 45.000 Beli

Komentar