Cara Merawat Rambut Panjang Secara Sederhana

Rambut merupakan mahkota yang harus selalu dijaga kecantikan dan kesehatannya. Kecantikan dan kesehatan rambut setiap orang memiliki nilai yang berbeda-beda, karena secara genetik manusia yang satu dengan yang lain diciptakan secara berbeda terutama pada jenis rambutnya.

Memiliki rambut panjang yang sehat dan cantik adalah dambaan bagi setiap kaum wanita. Akan tetapi untuk memiliki rambut seperti yang mereka inginkan, perlulah mereka melakukan perawatan rambut secara teratur karena kesehatan rambut dan keindahannya tidak datang dengan sendirinya.

Banyak cara yang dilakukan untuk merawat rambut panjang, baik dengan menggunakan bahan alami maupun dengan perawatan rambut di salon. Cara merawat rambut yang paling aman tanpa efek samping adalah dengan menggunakan bahan alami dari alam karena tidak mengandung bahan kimia berbahaya. Berikut ini ada beberapa cara merawat rambut panjang secara sederhana untuk mencegah terjadinya masalah pada rambut dan untuk menjaga kesehatan rambut :

1. Gunakan ikat rambut saat bepergian

Jika Anda akan bepergian, ikatlah rambut Anda dengan menggunakan ikatan rambut yang aman dan tidak menyakiti rambut. Karena angin,paparan sinar matahari dan akan menyebabkan rambut berantakan dan kering. Tapi usahakan untuk tidak mengikat rambut terlalu kencang.

2. Menggunakan bantal sutera

Alternatif yang dapat menjadi pilihan lain adalah dengan menggunakan bantal sutera. Hal ini bertujuan agar rambut tidak terlalu banyak mengalami gesekan dengan bantal saat tidur.

3. Mengepang rambut saat tidur

Saat tidur Anda tidak dianjurkan untuk mengikat rambut terlalu kencang karena rambut juga butuh bernafas. Alangkah baiknya rambut dikepang kemudian diikat tidak kencang dengan menggunakan ikatan rambut yang lembut.

BACA JUGA:  Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan Rambut

4. Mengeringkan rambut secara alami

Setelah keramas, keringkan rambut secara alami dengan membungkusnya memakai handuk sehingga air akan terserap dengan sendirinya. Jangan menggosok-gosok rambut dengan handuk dan hindari pemakaian hair dryer karena cara itu justru akan merusak rambut.

5. Jangan terlalu sering keramas

Keramaslah secara teratur setiap 2 hari sekali, dan hindari keramas setiap hari. Dengan keramas setiap hari Anda justru akan membuat rambut menjadi kering dan kusam.

6. Menggunakan tabir surya

Cara merawat rambut dengan menggunakan tabir surya atau shampoo yang mengandung tabir surya akan melindungi rambut Anda dari masalah kekeringan dan kerontokan.

Itulah beberapa cara sederhana merawat rambut panjang agar tetap sehat dan indah. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. Salam sehat.

sumber gambar : http://images02.olx.co.id/ui/15/41/69/1361279818_459153269_4-Jual-Wig-Rambut-Palsu-Murah-Dijual.jpg

Tinggalkan komentar