Kesehatan

Cara Mencegah Bibir Kering Saat Berpuasa

bibir keringBibir kering kerap kali menjadi salah satu masalah yang timbul ketika Anda menjalankan ibadah puasa, tentunya hal ini akan menganggu aktivitas Anda, karena kondisi tersebut membuat wajah tampak tidak segar dan pucat. Banyak penyebab yang mengakibatkan bibir menjadi kering ketika berpuasa, seperti dehidrasi, terlalu lama berada di tempat dingin atau ruangan ber AC, polusi udara dan debu, terlalu banyak mengkonsumsi makanan terlalu  asin atau pedas, dan masih banyak lagi penyebab lainnya.

Nah, agar Anda lebih khusyuk dalam menjalankan ibadah puasa, berikut cara mencegah bibir kering saat berpuasa :

1. Perbanyak minum air putih saat berbuka dan sahur

Bibir pecah menunjukkan tubuh kekurangan cairan atau biasa disebut dehidrasi. Cobalah untuk mengkonsumsi 2-3 liter air putih setiap harinya agar tubuh tetap terhidrasi dan menjaga kulit tetap lembab.

2. Perbanyak konsumsi sayur dan buah

Saat makan malam dan sahur, konsumsi sayuran dan buah-buahan yang banyak mengandung vitamin E, C, A, antioksidan dan asam lemak esensial. Manfaat sayur dan buah, selain bisa menyembuhkan bibir kering, juga bisa melembabkan kulit.

3. Hindari bernafas dengan mulut

Saat puasa, sebaiknya Anda bernafas dengan hidung bukan dengan mulut. Aliran udara panas yang keluar dari mulut bisa menjadikan bibir kering, untuk itu biasakan bernafas melalui hidung. Jika hidung Anda sedang tersumbat karena flu, maka sebaiknya segera berobat ke dokter.

4. Pakai pelembab bibir/lip balm

Cara lain untuk mencegah bibir kering adalah rajin mengaplikasikan lip balm. Carilah lip balm yang kaya akan moisturizer, mengandung minyak alami dan terdapat label SPF (sun protecting factor). Kandungan tersebut dapat menjaga bibir dari sinar matahari yang merupakan salah satu pemicu bibir kering.

Untuk wanita, tidak ada salahnya menggunakan pelembab bibir. Selain mempercantik penampilan, pelembab bibir juga bisa menjauhkan Anda dari bahaya lingkungan yang tidak bersahabat.

5. Menghindari menjilat bibir

Kebiasaan kita jika bibir kering adalah menjilatnya dengan lidah, dengan alasan sebagai cara mudah untuk melembabkan bibir. Memang cara ini terbilang efektif bisa mengatasi permasalahan dalam waktu singkat, namun perlu diingat bahwa air liur memiliki kandungan asam yang berfungsi membantu melunakkan makanan. Air liur sama sekali tidak membantu menghilangkan masalah bibir kering, malah dapat semakin memperburuk kondisi kulit bibir. Air liur yang menempel membuat bibir semakin kering.

6. Oleskan maduMadu Suplemen Raja dan Ratu

Madu merupakan salah satu cara alami untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Madu memiliki khasiat melembabkan dan melembutkan bibir serta mengurangi bibir pecah-pecah. Anda dapat mengoleskan madu pada bibir Anda saat menjelang tidur, dan saat sahur Anda bisa minum madu sebanyak 3 sendok makan.

7. Mengolesi bibir dengan mentimun

Mentimun juga dapat menjadi pelembab bibir paling aman karena mentimun memiliki kandungan air sangat tinggi. Cara memakainya yaitu dengan memotong mentimun kemudian mengoleskannya pada bibir yang kering. Gunakan 2 kali sehari. Mentimun mengandung vitamin C yang dapat melembabkan bibir. Saat malam hari, tidak ada salahnya Anda mengoleskan mentimun pada bibir Anda. Pengolesan secara teratur bisa menghindarkan bibir kering.

8. Hindari makanan asin dan pedas

Saat berbuka dan sahur, sebaiknya Anda menghindari makanan yang terlalu asin dan pedas. Kedua jenis makanan ini dapat menyebabkan bibir dan mulut menjadi kering, karena makanan asin dapat menyerap air dalam tubuh yang memicu bibir dan kulit menjadi kering. Selain itu, dapat juga membuat Anda cepat haus.

Lakukan cara tersebut secara rutin, insya Allah bibir kering dapat segera teratasi dan tidak akan muncul kembali. Selamat mencoba.

sumber gambar:
1. http://2.bp.blogspot.com/-eDDckEUbuk8/UYdjIpeIz8I/AAAAAAAAAXM/u-7Dk3pfOe8/s1600/bibir-pecah-pecah.png
2. //pondokibu.com/uploads/2013/06/Suplemen-Raja-dan-Ratu.jpg