Kesehatan

Berpuasa Terbukti Mampu Menyehatkan Badan

puasaPuasa sudah menjadi salah satu kewajiban bagi seluruh umat muslim. Syariat serta aturan-aturannya pun telah jelas dituliskan dalam Al-Qur’an dan Al-Hadits serta sunnah-sunnah Rasulullah SAW lainnya. Banyak yang mengatakan bahwa puasa memberikan manfaat besar bagi kesehatan tubuh dan psikologis kita. Bahkan menurut beberapa hasil penelitian membuktikan bahwa dengan berpuasa akan membuat tubuh semakin sehat.

Berpuasa terbukti mampu menyehatkan badan, apa yang melandasinya? Berikut ini beberapa uraian tentang manfaat puasa bagi tubuh manusia:

Detoksifikasi tubuh

Saat berpuasa, tubuh kita telah melakukan detoksifikasi pada sistem pencernaan. Detoksifikasi yaitu dengan melepaskan sel dan jaringan yang rusak ke sirkulasi darah untuk menghilangkan dan membakar segala macam racun berbahaya yang terkandung di dalam timbunan lemak tersebut.

Meningkatkan fungsi otak dan menekan stres

Menurut sebuah penelitian mengungkapkan bahwa berpuasa dapat meningkatkan faktor neurotropik yang diturunkan dari otak, yang mendorong tubuh untuk lebih banyak memproduksi sel-sel otak, sehingga akan meningkatkan fungsi otak. Selain itu, puasa juga mendorong penurunan jumlah hormon kortisol yang dihasilkan oleh kelenjar adrenal, sehingga membuat tingkat stres seseorang jadi menurun, baik selama ramadhan maupun setelahnya.

Mengubah kebiasaan buruk

Ada banyak kebiasaan buruk yang pasti harus kita hentikan selama bulan ramadhan, terutama pada siang hari. Baik kebiasaan buruk secara fisik maupun secara psikologis. Kebiasaan buruk secara fisik itu misalnya merokok, sedangkan kebiasaan buruk secara psikologis misalnya adalah menggosipkan orang lain.

Secara sadar atau tidak, ada upaya untuk mengubah tingkah laku pada bulan suci ini. Seperti kebiasaan buruk yang agak dikesampingkan, dan kebiasaan baik yang selalu dikedepankan.

Menurunkan kadar kolesterol

Memang tidak sedikit orang yang malah jadi tambah gemuk di bulan ramadhan. Namun pada umumnya, mereka yang berpuasa dan mengatur pola makannya akan memperoleh penurunan berat badan yang cukup signifikan. Dikabarkan, sebuah tim ahli jantung di Uni Emirat Arab telah menemukan bahwa kolesterol orang yang berpuasa mengalami penurunan. Sehingga kesehatan jantung jadi meningkat, dan resiko mengalami stroke ikut menurun.

BACA JUGA:  Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan Tubuh

Efisien dalam menyerap nutrisi

Pada waktu kita menjalankan ibadah puasa, tubuh bereaksi dengan meningkatkan hormon adiponectin, yaitu suatu hormon yang akan memungkinkan otot untuk menyerap nutrisi dengan lebih banyak. Hal itulah yang membuat metabolisme jadi bekerja lebih efisien, yang efek positifnya adalah membuat jumlah nutrisi yang diserap dari makanan menjadi semakin besar.

Mengontrol berat badantimbangan

Dengan menjalankan ibadah puasa, ternyata secara efektif kita juga melakukan kontrol terhadap berat badan. Kita harus mengatur asupan makanan selama berbuka dan sahur, terutama dengan lebih mengutamakan makanan yang sehat dan berimbang.

Mengistirahatkan sistem pencernaan

Pada hari-hari ketika tidak sedang berpuasa, alat pencernaan di dalam tubuh bekerja keras, oleh karena itu sudah sepantasnya alat pencernaan diberi istirahat. Beberapa fakta penelitian : 10% energi terpakai untuk proses pengunyahan, asimilasi dan pencernaan. Di luar bulan puasa, alat pencernaan bekerja lebih dari 18 jam/hari. Saat puasa ia akan beristirahat sekitar 12 jam/hari

Menambah jumlah sel darah putih

Sel darah putih berfungsi untuk menangkal serangan penyakit sehingga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Secara alami tubuh dapat memperbaiki sendiri fungsi tubuh yang rusak hingga pusat perasa akan kembali normal.

Nah, itulah beberapa manfaat dan keuntungan berpuasa bagi kesehatan tubuh kita. Selain mendapatkan pahala, tubuh pun menjadi lebih sehat! Selamat berpuasa.

sumber gambar:
1. http://cariartikel.blogdetik.com/files/2013/07/52fba2ed88382dd30c309f12ab8e10d3_yang-membatalkan-puasa.jpg
2. http://4.bp.blogspot.com/-Cwv_Ya3JMME/UA9jzKOdinI/AAAAAAAAAsU/iwf6SgriddU/s300/ingin-tambah-berat-badan-ini-caranya.jpg