Keluarga, Pernak-pernik

Tas Cantik, Kerajinan Tangan Dari Sampah Plastik

tas dari sampah plastik

tas dari sampah plastik

Sampah merupakan masalah klasik bagi semua orang terutama masyarakat perkotaan. Semakin padat jumlah penduduk maka semakin banyak jumlah sampah plastik yang dihasilkan. Untuk mencegah terjadinya penumpukan sampah plastik dan mengurangi dampak buruknya, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan . Salah satu caranya yaitu dengan memanfaatkan kembali sampah plastik menjadi sesuatu yang bermanfaat seperti kerajinan tangan.

Kerajinan tangan dengan memanfaatkan sampah plastik jika dikreasikan sedemikian rupa selain dapat menjadi suatu barang yang bermanfaat juga dapat meningkatkan nilai jual sampah plastik itu sendiri. Contoh kerajinan tangan yang dibuat dari sampah plastik adalah tas cantik yang unik dan tidak kalah cantik dengan tas berbahan dasar kain. Berikut ini adalah cara membuat tas cantik, kerajinan tangan dari sampah plastik :

Bahan :

  • 4 kemasan plastik dengan ukuran 450 ml dengan warna dan corang yang senada. (2 buah dipakai untuk sisi depan dan belakang sedangkan yang 2 buah lagi dipakai untuk sisi kanan dan kiri).
  • 50 cm bisban untuk digunakan sebagai tali tas, ukuran lebarnya 3 cm.
  • 1 m bisban yang ukuran lebarnya 2 cm.
  • 4 cm perekat.
  • 30 cm renda dari katun sebagai pemanis tas.
  • Jarum dengan ukuran 16 dan benang jahit berwarna senada dengan plastik.

Cara Pembuatan :

  1. Bersihkan kemasan plastik atau sampah plastik dari segala kotoran. Caranya bisa dengan dilap atau direndam dengan air hangat. Tapi usahakan jangan terlalu panas karena  dapat merusak tekstur plastik.
  2. Gunting 2 buah kemasan plastik dengan ukuran sesuai apa yang diinginkan. Potong kedua kemasan tersebut dengan ukurang yang sama.
  3. Selanjutnya gunting dua kemasan yang lain (untuk dipakai pada bagian sisi dan kanan) menjadi dua bagian dengan lebar 7 cm. Jahit bisban yang telah disiapkan pada sisi lebar masing-masing kemasan yang telah dipotong.
  4. Pasang dan jahit perekat pada bagian dalam sisi depan dan sisi belakang dengan menggunakan mesin jahit.
  5. Pasang dan jahit bisban dengan lebar 3 cm pada bagian permukaan plastik sebagai tali tas (sisi depan dan belakang)
  6. Lalu jahit renda sekaligus untuk pemanis tas sekaligus bisban pada bagian sisi atas kemasan plastik bagian depan dan belakang.
  7. Sambungkan kedua kemasan yang telah dipotong dengan ukuran 7 cm (untuk sisi kanan dan kiri tas) sehingga dapat membentuk lembaran panjang.
  8. Kemudian hubungkan bagian (no.7) dengan lembaran plastik untuk sisi depan dan belakang dengan mesin jahit.
  9. Langkah yang terakhir, pasang bisban pada seluruh tepi tas. Jadilah tas cantik dengan bahan sampah plastik.

Membuat tas cantik sebagai kerajinan tangan dengan berbahan dasar sampah plastik, maka Anda telah mendapatkan dua manfaat sekaligus. Selain Anda memiliki tas cantik, Anda juga telah turut berpartisipasi dalam menyelamatkan lingkungan dari ancaman buruk sampah plastik. Selamat berkreasi di rumah.

sumber gambar : http://3.bp.blogspot.com/_wdup01j9uNA/SdH6JYRGROI/AAAAAAAAAdI/p9BP1UqN3lY/s400/XS1f.jpg