Kecantikan, Perawatan Wajah

Tampil Cantik Alami Dengan Bahan Alami

Tampil Cantik Alami Dengan Bahan AlamiTampil cantik alami tanpa kosmetik adalah dambaan setiap wanita. Walaupun pada kenyataannya banyak wanita yang lebih akrab dengan kosmetik atau make up, yang biasanya mengandung bahan kimia.

Tampil cantik dapat meningkatkan rasa percaya diri, walaupun untuk bisa tampil cantik terkadang bukan hal yang mudah, karena selain kita harus cermat memilih kosmetik yang baik dan cocok dengan kulit kita, kita juga membutuhkan dana yang tidak sedikit untuk membeli produk-produk perawatan kecantikan tersebut.

Masih banyak wanita yang belum mengetahui bahwa untuk cantik alami kita bisa menggunakan bahan-bahan dari alam. Selain lebih murah juga lebih aman karena tidak mengandung bahan kimia. Beberapa bahannya malah biasa kita temukan di dapur kita.

Inilah beberapa bahan dari alam yang bisa dimanfaatkan untuk tampil cantik alami:

  • Madu

Madu dikenal punya banyak khasiat, salah satunya adalah menghaluskan kulit. Bila ingin memiliki kulit kaki yang halus dan lembut, oleskan madu murni ke kulit kaki, lalu tepuk-tepuk dan diamkan sampai kering. Basuh dan bersihkan kaki lalu dapatkan kulit kaki yang lembab, halus dan lembut. Mengoleskan madu pada bibir juga akan melembabkan bibir, sehingga bibir menjadi lembut dan tidak pecah-pecah.

  • Kemiri untuk rambut

Sudah bukan rahasia lagi,kalau kemiri bisa menyulap rambut lebih kuat dan subur sekaligus menghitamkan. Caranya mudah,tumbuk enam biji kemiri sehingga halus lalu sangrai dengan sedikit air hingga berminyak. Setelah itu gosokkan minyak kemiri tersebut ke kulit kepala sambil dipijat.

  • Kunyit Untuk Tangan

Polusi dan sinar matahari membuat kulit kusam. Akali dengan lulur kunyit (lulur kuning). Untuk membuatnya,parutlah kunyit lalu campur dengan air dan endapkan selama beberapa menit. Setelah itu,campurkan dengan tepung beras dan oleskan ke kulit.

  • Kayu Manis Untuk Wajah

Meskipun kecil, jerawat menganggu penampilan. Pergunakanlah kayu manis untuk menepisnya. Campurkan satu sendok teh bubuk kayu manis dengan tiga sendok makan madu. Oleskan ramuan ini di jerawat sebelum tidur, lalu basuh dengan air hangat ketika bangun tidur. Jangan takut dengan sensasi panas yang ditimbulkan kayu manis. Jika rutin melakukan ini,bukan mustahil kulit wajah bisa cling kembali.

  • Teh Hijau

Salah satu penyebab kerusakan kulit adalah polusi. Untuk mencegahnya minumlah minimal 1 gelas teh hijau sehari. Mengkonsumsi teh hijau dapat  melindungi kulit dari radikal bebas yang berasal dari makanan dan polusi dan dapat mencegah keriput pada kulit. Karena teh hijau mengandung zat polifenol yang merupakan zat antioksidan yang dapat membantu mencegah kerusakan sel-sel dan penuaan dini. Teh hijau mengandung lebih banyak antioksidan daripada yang ada pada vitamin C dan E.

  • Kopi

Selain merupakan minuman yang enak, kopi juga dapat digunakan untuk menghaluskan kulit. Caranya ialah dengan menggunakan bubuk kopi sebagai lulur atau scrub. Gunakan biji kopi yang ditumbuk, sehingga masih ada butiran kasarnya. Jika dilakukan secara teratur bisa juga menghilangkan selulit.

  • Kentang

Kentang berkhasiat membuat mata yang lelah kembali bersinar  serta menghilangkan bengkak pada mata. Caranya adalah parut kentang , lalu bungkus dengan kain tipis yang bersih. Kompres mata dengan kain tadi selama beberapa menit.

  • Pepaya

Enzim papain yang terkandung dalam pepaya sangat bermanfaat untuk kulit. Enzim ini bisa membantu mempercepat proses pergantian sel dan kulit. Selain bisa mencerahkan wajah, enzim ini juga dipercaya dapat menyamarkan noda hitam. Campurkan pepaya yang sudah dihaluskan dengan madu. Gunakan kain bersih dan rendam dalam air hangat. Peras kain bersih lalu sebarkan campuran pepaya di atas kain. Letakkan kain di atas wajah yang sudah dicuci bersih. Diamkan selama 20 menit lalu cuci dengan air hangat. Terakhir, bilas dengan air dingin untuk menutup pori-pori. Gunakan seminggu sekali untuk mendapatkan kulit yang cerah.

  • Mentimun

Sayuran hijau ini kaya akan antioksidan, vitamin, dan mineral. Selain untuk mencerahkan kulit wajah, ketimun juga bisa digunakan untuk mencerahkan kulit ketiak yang menghitam. Tempelkan jus parutan ketimun pada wajah dan leher. Untuk efek lebih segar, simpan ketimun dalam kulkas satu malam sebelumnya. Kantung mata yang menghitam juga bisa dengan mudah diatasi dengan irisan ketimun yang dingin dan segar. Iris menyilang ketimun lalu tutupi mata Anda dengan potongan ketimun. Diamkan selama 15-20 menit sambil bersantai.

  • Beras

Beras sejak lama dikenal sebagai rahasia kecantikan wanita Asia. Dikombinasikan dengan susu, beras bisa menjadi ramuan pencerah wajah yang alami. Tumbuk beras hingga berbentuk bubuk lalu campurkan dengan susu atau air bersih secukupnya hingga kental. Tempelkan ke wajah seperti menggunakan masker. Diamkan 15-20 menit lalu cuci dengan air dingin. Beras memiliki kandungan PABA (para aminobenzoic acid) yang tinggi. PABA bisa berfungsi sebagai tabir surya yang baik. Selain itu, beras juga mengandung asam ferulis yang berfungsi sebagai antioksidan dan allantonin yang bisa mempercepat proses perbaikan kulit.

  • Tomat

Kandungan lycopene dalam tomat berfungsi sebagai pencerah kulit alami. Mengonsumsi tomat juga bisa mengurangsi sensitivitas kulit terhadap sinar UV yang bisa merusak kulit. Kandungan lycopene dalam buah tomat bisa membuat kulit cerah, terlindung dari radikal bebas, dan meningkatkan produksi tabir surya alami pada kulit. Untuk mencerahkan kulit ketiak yang menghitam, potong tomat menjadi dua lalu tempelkan dengan gerakan melingkar pada ketiak. Lakukan ini selama 15 menit lalu cuci bersih. Ritual ini bisa dilakukan setiap hari.

Sedangkan untuk wajah, parut tomat hingga bisa digunakan sebagai masker. Biarkan mengering lalu tempelkan ulang hingga membentuk tiga lapisan. Diamkan selama 20 menit lalu cuci dengan air dingin. Lakukan perawatan ini secara teratur untuk hasil yang maksimal.

Nah, Itulah beberapa bahan dari alam yang bisa kita gunakan untuk perawatan kecantikan. Masih banyak lagi bahan-bahan dari alam yang juga bermanfaat bagi kecantikan. Mulailah  menggunakan bahan alami untuk perawatan kecantikan, agar tampil cantik alami tanpa mengeluarkan biaya yang mahal.

Dari beberapa sumber

sumber gambar : http://2.bp.blogspot.com/-OyWzJ4ugMrU/VTCAjtjIRmI/AAAAAAAABXU/XMa-irunGlU/s1600/bi-quyet-tri-benh-mat-ngu-tu-thien-nhien3.jpg