Pendidikan & Psikologi

Saya Juara!!

Share Yuk!

Saya JuaraKarakter seseorang dapat terbentuk karena kebiasaan. Kebiasaan terbentuk karena adanya tindakan yang berulang-ulang. Tindakan terjadi karena adanya sebuah pemikiran dan perasaan. Ini adalah sebuah sunnatullah. Sesuatu yang memang beginilah terjadinya.

Sebagai orang tua dan pendidik, tentunya kita ingin anak-anak kita memmiliki karakter yang baik, dengan mentalitas yang kuat dan teguh. Mental  seorang juara. Ini akan kita dapatkan jika kita melatih mentalnya sejak dini agar terbentuk sebuah karakter yang baik.

Saya mengikuti kegiatan training motivasi dan pembentukan karakter yang diadakan oleh kantor tempat saya bekerja (PT. KNL). Direktur saya sendiri yang menjadi trainernya. Karena kebetulan beliau juga mengikuti berbagai kegiatan pelatihan-pelatihan seperti ini bersama dengan pengusaha-pengusaha lain dari seluruh Indonesia.

Setiap pagi, kami diberi tugas untuk menuliskan kalimat-kalimat motivasi terhadap diri sendiri. Misalnya, “Alhamdulillah, Ya Allah, aku bersyukur kepadaMu karena Engkau telah menciptakan aku sebagai orang yang OPTIMIS”. Setiap kami memiliki “Be” atau sifat-sifat yang ingin dan harus kami miliki untuk mencapai tujuan kami. Dan tak hanya satu saja. Masing-masing dapat menulis setidaknya 10 “Be” dalam bukunya.

Bagi saya pribadi, kegiatan ini sungguh sangat memotivasi. Ya, efeknya adalah bagaimana saya selalu berusaha mewujudkan harapan-harapan saya untuk menjadi lebih baik, seperti yang saya tuliskan setiap hari itu.

Alangkah baiknya, jika Anda mencobanya juga pada diri Anda dan anak-anak Anda. Misalnya, Anda sediakan sebuah buku khusus yang lucu dan cantik, untuk diisinya setiap hari setiap kali ia bangun tidur. Mintalah ia untuk menuliskan statementnya dalam buku itu. Untuk anak-anak, sederhana saja. Seperti, “Aku adalah seorang yang DISIPLIN, insya Allah” atau “Aku adalah seorang JUARA”.

BACA JUGA:  Ciri Karakter Anak Yang Bermasalah

Malam harinya, sebelum tidur, ajaklah ia untuk memberikan penilaian terhadap dirinya sendiri (my thermostat). Misalnya berapa nilainya untuk “DISIPLIN” hari ini, “JUARA” hari ini, “JUJUR”, dsb. Anda dapat memberikan hadiah-hadiah kecil atas prestasinya.

Awal-awalnya mungkin akan terasa sulit baginya. Tapi, tetaplah pada jalur Anda. Pembiasaan seperti ini akan membentuk sebuah pola pikir yang positif bagi diri mereka. Kalimat-kalimat yang ia tulis akan menjadi motivasi bagi dirinya sendiri. Misalkan, suatu hari ia ingin bermalas-malasan, akan muncul dalam pikirannya bahwa “Lho, aku kan anak yang RAJIN, anak rajin itu nggak boleh malas-malasan..”. Dengan begitu, ia akan bangkit dan mengusir rasa malasnya. Bisa juga memotivasinya untuk menjadi lebih berani dan aktif di sekolah. Ia ingin menjadi JUARA, maka ia pun selalu berusaha menjadi yang terbaik di kelasnya.

Untuk sebuah perubahan yang baik, kita butuh untuk SEGERA…

Sumber Gambar : http://1.bp.blogspot.com/-8jSkzL6L1oA/UqZEgL2LiwI/AAAAAAAAAqk/TDn5LPwD2z4/s1600/trophy.jpg
Share Yuk!