Bayi & Anak, Kesehatan

Pertolongan Pertama Ketika Anak Tersedak

pertolongan-pertama-ketika-anak-tersedakKetika anak kita sedang asyik makan, lalu tiba – tiba sang anak tersedak hal tersebut merupakan ketakutan sendiri bagi orang tua. Pasalnya ketika sang anak tersedak memiliki penanganan yang berbeda dengan orang dewasa yang tersedak. Bahkan ada orangtua yang memberikan air ketika sang anak juga tersedak, sebenarnya hal tersebut salah jika dilakukan pada anak yang tersedak. Ada beberapa penanganan pada anak yang tersedak, yaitu dengan Heimlich maneuver (pada orang dewasa atau anak diatas 1 tahun) dan manuver back blows (untuk anak usia dibawah 1 tahun).

Heimlich maneuver adalah tindakan pertolongan pertama saat mendapati seseorang tengah tersedak makanan yang tersangkut di tenggorokan sehingga memblokir jalur. Heimlich maneuver dapat dilakukan pada dewasa dan anak di atas 1 tahun.

Berikut cara melakukan Heimlich maneuver

anak-tersedak

1. Berdirilah atau berlutut di belakang anak, lingkarkan kedua lengan Anda di sekeliling tubuh anak.
2. Buatlah kepalan tangan dan posisikan sedikit di atas pusarnya.
3. Tekan kepalan tangan dengan tangan lain yang bebas dan lakukan gerakan hentakan ke atas dengan cepat.

4. Lakukan tindakan menekan hingga benda yang menyumbat pernapasan anak keluar atau hingga anak mulai bernapas normal kembali.
5. Bila anak kehilangan kesadaran, segera beralih ke tindakan pemberian nafas buatan dan segera cari bantuan sekitar untuk pertolongan medis lebih lanjut.

Sedangkan untuk kasus tersedak pada anak di bawah 1 tahun, pertolongan pertama yang bisa dilakukan dengan manuver back blows.

Berikut cara melakukan manuver back blows ini pada anak berusia di bawah 1 tahun:

bayi-tersedak

1. Tengkurapkan bayi pada lengan depan orang dewasa, topang leher dan dagunya dengan jari-jari orang dewasa, dan posisi kepala bayi lebih rendah daripada posisi dadanya.
2. Tekan punggung bayi tepat di antara kedua bahunya dengan menggunakan dasar telapak tangan orang dewasa sebanyak lima kali gerakan secara cepat.

3. Jika makanan atau benda lain yang menyumbat tenggorokan anak tidak kunjung keluar, balik badan bayi dan letakkan bayi tertidur telentang pada meja atau lantai.
4. Posisikan dua jari Anda tepat di tengah tulang dada dan sedikit di bawah puting dan lakukan sebanyak lima gerakan menekan secara cepat.
5. Lakukan gerakan menekan dari belakang dan dari depan sehingga benda yang menyumbat keluar atau bayi mulai mampu bernafas normal.
6. Jika bayi kehilangan kesadaran, segera beralih ke tindakan pemberian nafas buatan dan segera cari bantuan medis.

Bila Anda berhasil mengeluarkan benda yang menyumbat saluran pernafasan anak, tetap bawa anak ke rumah sakit untuk menerima pemeriksaan lanjutan.

 sumber : meetdoctor.com

Produk Menarik untuk Anda:

Pembalut Kain Jelita-V Standar Motif

Pembalut Kain Jelita-V Standar Motif

Pembalut Kain Jelita-V Standar Motif merupakan pembalut yang dirancang khusus untuk wanita yang aktif di ....
Ace Maxs Herbal Kulit Manggis dan Daun Sirsak

Ace Maxs Herbal Kulit Manggis dan Daun Sirsak

Ace maxs merupakan produk herbal dari kulit manggis dan daun sirsak terbaik yang diolah dengan ....
Sprei Anti Air Untuk Buah Hati Anda

Sprei Anti Air Untuk Buah Hati Anda

Sprei Waterproof /Sprei anti air adalah pelindung kasur/springbed sehingga kasur/springbed tetap bersih dan kering Dirumah ada ....