Penyebab Dan Cara Mengatasi Anak Suka Menggigit Kuku

penyebab-dan-cara-mengatasi-anak-suka-menggigit-kuku

Ketika anda mendapati anak suka menggigit kuku langkah pertama yang harus anda lakukan adalah menemukan penyebab nya. Para ahli menduga bahwa kebiasaan menggigit kuku ini dipicu oleh beragam faktor yang berkaitan dengan psikologis seseorang seperti halnya dengan kebosanan, kegelisahan, rasa penasaran, rasa tidak nyaman atau hanyalah sebuah kebiasaan.

Menggigit kuku kadang juga merupakan salah satu cara balita dalam mengurangi ketegangan yang hebat tapi hal tersebut hanya bersifat sementara pada masa kanak – kanak. Semua anak – anak akan mengalami masa kecemasan, entah ketika sang anak sedang mempelajari sesuatu di masa sekolah atau bisa juga anak merasa malu ketika berada di tempat bermain.

Mencari penyebab  dan mencoba menghilangkan kebiasaan anak yang suka menggigit kuku mungkin bukanlah hal yang mudah. Salah satu yang menjadi penyebab adalah karena anak belum bisa mengekspresikan perasaan nya melalui komunikasi verbal, sehingga tidak jarang anda para orang tua akan merasa kesulitan untuk mengungkap perasaan si kecil.

Cara mengatasi anak yang suka menggigit kuku

1. Beri peringatan lembut

Jika anak anda suka menggigit kuku berilah peringatan lembut pada anak anda untuk segera menghentikan aktivitasnya. Jika anda menghentikan anak anda dengan cara yang kasar atau membentaknya hal tersebut tidak akan mempan terhadap anak anda.

2. Berikan pengalihan

Berikan anak anda sebuah benda yang dapat mengalihkan perhatian anak anda. JIka anak anda suka menggigit kuku anda bisa menggunkan benda seperti bola yang di pegang ke pada anak anda sehingga anak anda akan lupa dengan kegiatan nya.

3. Potong kuku anak

Kemungkinan anak suka mengigit kuku adalah karena  kuku sang anak panjang. Oleh karena itu anda bisa memotong kuku anak anda yang sudah mulai panjang. Dengan begitu kuku anak akan terlihat rapi dan bersih. Dengan begitu anak anda tidak akan menggigit kuku lagi.

Sprei Waterproof Import 120 x 200

Sprei Waterproof Import 120 x 200

Sprei waterproof  merupakan sprei anti air dengan bahan yang berkualitas import. Dengan sprei ini, bunda ....
Rp 260.000 Beli
Pembalut Kain Jelita-V Jumbo Motif

Pembalut Kain Jelita-V Jumbo Motif

Jelita-V Jumbo Motif merupakan inovasi produk pembalut kain cuci ulang dari Jelita-V yang aman, nyaman.  ....
Rp 110.000 Beli
Nano Gold Masker Powder Menghapus Dan Mengurangi Flek Noda

Nano Gold Masker Powder Menghapus Dan Mengurangi Flek Noda

Nano masker gold powder adalah masker emas dengan butiran active nano, yang cepat meresap kedalam ....
Rp 85.000 Beli
Sabun Herbal Propolis Marva Untuk Kulit Kering dan Berminyak

Sabun Herbal Propolis Marva Untuk Kulit Kering dan Berminyak

Sabun Herbal Propolis Marva merupakan sabun kecantikan wajah untuk mengatasi kulit kering dan berminyak karena mengandung ....
Rp 15.000 Beli

Komentar