Cara Menumbuhkan Pola Berfikir Kritis Pada Anak

cara-menumbuhkan-pola-berfikir-kritis-pada-anak

Mengenalkan pola berfikir kritis pada anak merupakan hal yang tidak sudah dan rumit seperti yang di bayangkan kebanyakan orang tua. Menumbuhkan cara berfikir kritis bisa di lakukan dengan cara yang santai dalam keseharian kita. Orangtua juga bisa mengenalkan cara berfikir kreatif dengan cara yang menyenangkan. Berikut ini adalah beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan guna menumbuhkan pola berfikir kritis pada anak.

1. Ajak sang buah hati untuk membandingkan dua objek yang berbeda

Dengan mengajak sang buah hati untuk membandingkan dua objek yang berbeda akan membuat sang anak jadi mengerti bagaimana perbedaan dan persamaan dua buah benda tersebut. Misalnya saja anda bisa meminta anak anda untuk membandingkan antara buah anggur dan buah kelengkeng. Tanyakan pada anak anda apa persamaan dan perbedaan diantara keduanya.

2. Berdiskusi dan menganalisis cerita

Anda sebelumnya bisa menceritakan sebuah cerita pada anak anda. Kemudian anda menanyakan bagaimana sosok karakter utama dalam cerita tersebut, latar belakang atau anda juga menanyakan apa yang menjadi penyebab sang karakter utama menjadi seperti di dalam cerita. Misalnya saja cerita tentang alice in wonderland, atau pinokio.

3. Mengajarkan kerjasama dalam sebuah permainan

Anda bisa mengundang teman – teman anak anda untuk ikut bergabung dalam sebuah permainan kelompok. Bagi permainan anak menjadi beberapa kelompok, kemudian beritahu sang anak bahwa ini adalah permainan yang membutuhkan kerjasama guna mencapai sebuah keberhasilan. Dengan begitu anak tidak akan mementingkan diri sendiri dan membantu teman – temannya dalam mencapai keberhasilan.

4. Mintalah anak untuk melanjutkan cerita

Anda bisa menceritakan sebuah cerita pada anak anda, kemudian anda minta pada anak anda untuk melanjutkan bagaimana akhir dari cerita tersebut. Dengan begitu sang anak akan mengembangkan daya imajinasi dan kreativitasnya dalam mengembangkan sebuah cerita.

Leave a Comment