Keluarga, Tumbuh Kembang Anak

Menyetop Kegemaran Anak Mencoret-Coret Di Sembarang Tempat

Share Yuk!

Menyetop Kegemaran Anak Mencoret-Coret Di Sembarang TempatAnak umur 3 tahun biasanya senang sekali mencoret-coret di segala tempat. Biasanya di kursi, dimeja,ditembok atau didinding, dilemari dan lain-lain. Hal seperti itu merupakan perbuatan normal bagi anak umur segitu.
Perbuatan ini sangat berguna untuk persiapan belajar menggambar dan menulis. Oleh karena itu berbahagialah jika putera-puteri ibu telah mempersiapkan diri untuk masuk sekolah. Yang penting adalah bagaimana cara memindahkan kegemaran mencoret-coret tersebut agar tidak lagi di tembok, kursi atau tempat-tempat lain yang bukan untuk mencoretcoret tetapi ke tempat-tempat yang khusus untuk mencoret-coret. Misalnya:

  1. Belikan kapur minyak dan kertas-kertas yang agak lebar atau papan tulis dan kapur , selanjutnya pujilah setinggi langit hasil-hasil coretannya bila mencoret-coret di kertas atau papan tulis yang telah ibu sediakan.
  2. Celalah coretannya bila mencoba mencoret-coret tembok atau tempat-tempat lainnya yang bukan tempat yang disediakan untuk mencoret-coret.
  3. Amati hasil coretannya, di hasil coretan tadi pasti ada beberapa bentuk yang terwujud misalnya: bentuk bola, bentuk persegi (ketupat), bentuk ikan dan sebagainya. Kemudian tunjukkan secara heran (kagum) bentuk yang terjadi tersebut dan suruh anak mewarnainnya.

Cara diatas akan mempercepat mengalihkan perbuatannya mencoret-coret disembarang tempat tanpa membatasi keinginannya belajar menulis atau menggambar.

Sumber: Mengatasi kesulitan-kesulitan dalam pendidikan anak Oleh Suhartin R.i. Drs.,
Penerbit Gunung Mulia, 2004

Sumber Gambar : https://yt3.ggpht.com/-XyuRqMKw-uI/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAAAAA/2WotQ64RP6w/s900-c-k-no/photo.jpg
Share Yuk!
BACA JUGA:  Stimulasi Bayi Agar Mau Merangkak