Parenting

Mengajarkan Sopan Santun Pada Anak

mengajarkan-sopan-santun-pada-anak

Mengajarkan sopan santun kepada anak merupakan hal yang penting karena sopan santun anak kita akan menilai bagaimana kita sendiri. Sekarang ini banyak anak yang masih muda namun tidak memiliki sopan santun terhadap orang tua. Apalagi negara kita ini merupakan negara ketimuran sang mengutamakan menghormati orang yang lebih tua. Oleh karena itu kita sebagai orang tua harus mengajarkan sopan santun anak kepada orang yang lebih tua. Berikut ini ada beberapa cara mengajarkan sopan santun anak kepada orang yang lebih tua :

1. Ajarilah Sang Anak Menghormati Orang Yang Lebih Tua

Berilah pengetahuan pada anak bahwa kita harus menghormati orang yang lebih tua. Supaya sang anak lebih mengerti berilah contoh, yaitu dengan anda sendiri menghormati orang tua anda. Ketika anda menghormati orang tua anda maka anda akan secara otomatis bersikap sopan kepadanya. Itulah yang ingin diberitahukan pada anak anda. Misalnya saja ketika akan berangkat kerja anda mencium tangan sang suami, maka ajarkan pula pada sang anak ketika akan berangkat sekolah mencium tangan kedua orang tuanya.

2. Berkata Secara Halus

Halus bukan berarti harus pelan, namun ada baiknya anda menerapkan agar berbicara dengan baik dan benar dengan anak anda. Atau lebih dalam artian tidak berkata secara kasar. Karena kata – kata yang kasar sendiri dapat menyakiti hati orang. Oleh karena itu sang anak akan mulai terbiasa dengan berbicara yang halus sehingga tidak akan menyakiti orang lain.

3. Pilihlah Tontonan dan Bacaan Yang Bermanfaat

TV merupakan hiburan keluarga ketika malam menjelang, karena biasanya para anggota keluarga akan berkumpul dengan menonton TV atau sekedar mengobrol santai. Anda sebagai orang tua selektiflah dalam memilih tayangan televisi, tontonlah tayangan yang mendidik dan tidak berbau kekerasan. Karena biasanya sang anak akan meniru apa yang dilihatnya.

Begitu juga dengan bacaan anak kita, sebaiknya juga tidak salah jika kita selektif memilih buku bacaan bagi anak kita. Karena ada kalanya buku untuk menunjang pendidikan anak disekolah mengandung kata – kata yang tidak baik. Pilihlah bacaan yang mudah dimengerti dan sesuai dengan usia sang anak.

4. Beritahu Ketika Bertemu Orang Baru Juga Harus Sopan

Ketika kita akan ada acara biasanya akan bertemu dengan banyak orang yang baru. Di dalam acara tersebut anda mengajak anak anda datang, anda sebelumnya menjelaskan kepada sang anak harus baik dan sopan pada orang yang baru pertama kali di temui. Namun anda harus memberikan contoh terlebih dahulu dengan menyapa kenalan anda dengan sopan dan baik, maka sang anak akan mengikuti anda.

5. Tersenyumlah

Jangan melupakan hal yang penting ini, tersenyum merupakan simbol dari keramahan seseorang. Oleh karena itu sebaiknya ajarilah sang anak ketika menyapa orang yang lebih tua disertai dengan senyum. Karena jika anda menyapa seseorang, kenalan atau tetangga hanya dengan tersenyum dan menggangguk sedikit itu sudah merupakan sapaan yang sopan.

6. Ucapkan Salam

Ketika kita akan pergi atau salam dan ada orang dirumah sebaiknya kita mengucapkan salam. Tidak hanya dirumah saja, ketika kita sedang bertamu kerumah orang lain, keluarga atau kerabat berilah salam kepada pemilik rumah. Kita juga berjabat tangan dengan pemilik rumah atau hanya sekedar menyapa saja.