Bayi & Anak, Kesehatan

Mencegah Ruam Popok Terjadi Pada Pantat Bayi

Share Yuk!

mencegah ruam popok pada bayiBayi yang mengenakan popok terlalu ketat bisa menyebabkan kulit kemerahan atau biasa disebut juga dengan ruam popok terutama pada bagian pantat. Pantat bayi adalah area yang sering terkena ruam popok karena sering berkontak langsung dengan popok yang basah, sering mengalami gesekan dengan popok dan sering terjadi iritasi kulit yang disebabkan oleh mikroorganisme dari tinja atau air kemih.

Mencegah Ruam Popok Pada Bayi

Meskipun tidak semua bayi mengalami ruam popok, tetapi pada beberapa bayi, terjadinya gatal-gatal dan iritasi kulit pada pantat bayi cenderung berulang kali terjadi. Ruam popok biasanya sering dialami oleh bayi di bawah usia 15 bulan, dimana pada lapisan terluar kulit bayi masih sangat tipis sehingga rentan terhadap terjadinya iritasi kulit.

Untuk mencegah ruam popok pada kulit bayi maka bunda harus rajin untuk mengganti popok agar kulit terutama bagian pantat bayi tetap bersih dan juga kering. Selain hal tersebut, cara lain untuk mencegah ruam popok pada bayi adalah sebagai berikut.

  1. Jangan menggunakan diapers sepanjang hari selama 24 jam. Bunda cukup mengenakan diapers pada bayi pada saat tidur malam atau saat bepergian saja.
  2. Akan lebih baik jika bunda menggunakan popok kain. Jika memang harus menggunakan diapers, maka bunda bisa mengendurkan pada bagian paha untuk ventilasi udara dan sering-seringlah untuk menggantinya.
  3. Bilas pantat dan alat kelamin bayi pada saat bunda mengganti popok bayi. Pastikan kulit bayi benar-benar kering sebelum bunda mengenakan popok kembali agar tidak terjadi ruam popok karena kulit bayi basah.
  4. Hindari cara mengeringkan pantat bayi dengan menggosoknya menggunakan handuk, namun dengan cara menepuk-nepuk handuk secara perlahan pada pantat bayi.
  5. Tidak ada salahnya sesekali bunda membiarkan pantat bayi terbuka. Jika perlu, bunda bisa membiarkan bayi tertidur pantat terbuka, Namun, pastikan suhu di dalam kamar bayi hangat sehingga bayi Anda tidak kedinginan.
  6. Penting juga bagi ibu menyusui untuk menghindari makanan pedas, berlemak dan asam agar bayi yang disusuinya tidak sering buang air besar yang mengakibatkan pantat bayi menjadi lecet.
BACA JUGA:  Anjuran Mencukur Rambut Kapala

Demikian cara mencegah ruam popok pada bayi. Jika Anda menemukan ciri-ciri ruam popok pada pantat bayi seperti kulit kemerahan dan gatal-gatal, maka segeralah memberikan perawatan bayi dengan tepat agar ruam popok dapat diatasi dan tidak bertambah parah. Semoga bermanfaat.

PENTING UNTUK ANDA :

sumber gambar : http://obatalergialami.com/uploads/2014/12/ruam-popok.png
Share Yuk!

Produk Menarik untuk Anda:

Sprei Waterproof yang Anti Air dan Anti Kotor

Sprei Waterproof yang Anti Air dan Anti Kotor

Sprei waterproof  merupakan sprei anti air dengan bahan yang berkualitas import. Dengan sprei ini, bunda ....
Babybee Latex Newborn Pillow, Bantal Bayi Anti Peyang

Babybee Latex Newborn Pillow, Bantal Bayi Anti Peyang

Babybee latex newborn pillow merupakan bantal bayi anti peyang yang terbuat dari bahan-bahan berkualitas tinggi ....
Popok Kain – Cloth Diapers Coolababy Pants Plus 1 Insert Microfiber

Popok Kain – Cloth Diapers Coolababy Pants Plus 1 Insert Microfiber

Anda pemakai setia Disposable Diapers atau popok sekali pakai? Berapa banyak uang yang sudah anda ....