Kesehatan

Manfaat Air Kelapa Muda Saat Berbuka Puasa

Coconut WaterSiapa tidak suka dengan air kelapa muda? Hampir semua orang suka dengan air buah yang menyegarkan ini! Untuk mendapatkan kelapa muda juga tidak sulit, apalagi saat memasuki bulan suci ramadhan seperti saat sekarang ini, buah kelapa muda banyak dijajakan di pinggir-pinggir jalan. Mengkonsumsi kelapa muda bisa menjadi salah satu alternatif lain selain kolak, es buah dan yang lainnya sebagai hidangan pembuka untuk buka puasa.

Namun, banyak orang yang belum banyak mengetahui tentang manfaat air kelapa muda saat berbuka puasa, selain airnya yang segar diminum dan melegakan dahaga ternyata air kelapa tersebut juga memberi manfaat sendiri bagi tubuh kita.

Didalam air kelapa terdapat banyak unsur-unsur yang bermanfaat untuk tubuh antara lain air, karbohidrat, protein, lemak, abu, sejumlah nutrisi (sukrosa, fluktosa, dan dekstrosa) serta vitamin B kompleks (biotin, asam pantotenat, asam folat, dan riboflafin). Air kelapa muda juga mengandung mengandung berbagai mineral alami seperti kalsium, sodium, potasium, magnesium dan klorida. Selain itu, air kelapa muda juga mengandung elektrolit yang membantu mengembalikan ion tubuh yang hilang setelah beraktifitas seharian penuh berpuasa.

Nilai gizi yang dimiliki oleh air kelapa muda menjadikan banyak sekali manfaat air kelapa muda dalam aspek kehidupan kita. Air kelapa muda bermanfaat untuk menjaga kesehatan, kecantikan serta sebagai pengobatan pula. Manfaat buah kelapa muda untuk kesehatan antara lain:

1. Menetralkan racun

Salah satu khasiat dari air kelapa muda yang paling ampuh adalah dapat menetralkan racun dalam tubuh. Selain itu juga bisa menyehatkan ginjal, dan memperlancar saluran pencernaan karena mengandung banyak serat.

2. Mengatasi luka bakar

Cara mengatasi luka bakar dengan air kelapa muda adalah dengan cara : Sediakan 1 sdt bubuk kunyit dan air kapur sirih, kemudian tambahkan air kelapa. Oleskan pada bagian tubuh yang terkena luka bakar ataupun karena air panas / minyak panas. Hal ini bahkan terbukti tidak meninggalkan bekas melepuh.

3. Mengatasi disentri

Penyakit disentri biasanya ditandai dengan urine yang berwarna keruh / gelap. Nah, agar warna urine kembali normal, minum air kelapa muda setiap pagi dan sore hari. Apabila warna urine sudah normal, konsumsi air kelapa muda bisa dihentikan.

4. Mengatasi demam berdarah

Anda bisa meminum larutan air kelapa muda bersama perasan jeruk nipis dengan frekuensi 3 kali sehari. Tidak lupa untuk menambahkan sedikit madu dan garam.

5. Mengatasi cacingan

Untuk mengatasi cacingan bisa dengan cara: Beri sedikit sari jeruk sitrun pada larutan air kelapa muda. Nah, larutan ini diminum oleh anak yang sedang cacingan.

Manfaat air kelapa muda banyak sekali bukan? Oleh karena itu, sering-seringlah mengkonsumsi air muda, agar tubuh tetap sehat dan bugar, terutama di bulan yang penuh berkah ini. Dengan tubuh yang sehat dan bugar, ibadah pun akan semakin lancar!

Sumber gambar : http://www.rebootwithjoe.com/uploads/2012/09/Electrolytes-Coconut-Water.jpg