Kesehatan

Khasiat Tanaman Iler Untuk Pengobatan

Khasiat Tanaman Iler Untuk PengobatanIler ( Coleus atropurpureus L. )
Tanaman ini biasa juga di sebut dengan istilah Miana, Jawer Kotok, Kentangan, Ati-ati. Yang berkhasiat untuk pengobatan adalah bagian daunnya yang berwarna merah kehitaman. Sedang iler yang daunnya berwarna-warni tidak berkhasiat untuk pengobatan,sekedar untuk tanaman hias saja.

Bentuk daun iler ini bulat meruncing di ujungnya dan di bagian tepinya bergerigi.Bunganya berwarna putih keunguan.  Bila dirasakan, tumbuhan ini agak pahit tapi baunya harum. Tanaman semak ini bisa setinggi orang dewasa.

Batangnya segi empat dan lunak sehingga gampang patah. Batang yang patah itu bisa di tancapkan untuk memperoleh tanaman iler yang baru lagi.

Kandungan dan Manfaat Iler.
Dari beberapa penelitian diketahui, tumbuhan ini kaya oleh berbagai kandungan kimia, seperti minyak atsiri, tanin, lemak, phyosterol, calcium oxalate, dan pectic substances. Kandungan kimia itu terdapat pada bagian batang dan daunnya. Dari kandungan kimia tersebut, daun iler memiliki efek farmakologis seperti obat cacing.

Daun iler mengandung minyak atsiri antara lain karvakrol yang bersifat antibiotik, eugenol  bersifat menghilangkan nyeri, etil salisilat menghambat iritasi. Selain itu iler juga mengandung sedikit lendir.

Khasiat Tanaman Iler untuk pengobatan.

  • 1. Sakit Mata Merah

Untuk obat minum : 5 helai daun iler di cuci dan di rebus dengan segelas air sampai tinggal
setengah. Minum sekali habis.
Untuk obat tempel : Daun iler dicuci bersih, agak diremukkan dengan tangan tapi jangan
sampai hancur. Lalu tempelkan ke mata yang sakit.

  • 2. Luka, Bisul, Abses, maupun Borok

Beberapa helai daun iler di cuci bersih kemudian di remas-remas atau ditumbuk halus sampai mengeluarkan cairan. Tempelkan kebagian tubuh yang luka atau terkena borok-borok. Bagian itu kemudian dibalut, Ganti tiga kali sehari.

  • 3. Sembelit

5 helai daun iler di cuci dan direbus dengan segelas air sampai air tinggal setengah. Saring dan campurkan satu sendok makan minyak kacang. Di minum sekaligus.

  • 4. Mengatasi Cacing Gelang

Untuk mengatasi cacing gelang, daun iler diambil sebanyak tujuh lembar, lalu dicuci, dan digiling halus. Tambahkan air setengah cangkir dan sesendok makan madu. Semua disaring dan airnya diminum sehari 2-3 kali.

  • 5. Obat Tetes Radang Telinga

Daun Iler dicuci kemudian digiling halus. Adonan halus daun iler, yang disaring akan menghasilkan cairan yang dapat digunakan sebagai obat tetes pada radang telinga.

  • 6. Keputihan dan gangguan pencernaan

Daunnya yang direbus bisa digunakan untuk mengobati wasir (ditambah gula merah), terlambat haid, keputihan (ditambah madu), dan gangguan pencernaan.

  • 7.  Sakit Perut Atau Mulas

Untuk mengobati mulas atau sakit perut, daun iler dibilas dengan air masak, lalu dikunyah dengan sedikit garam sampai halus dan ditelan. Setelah itu minum air hangat. Semua itu dilakukan sebanyak 2-3 kali sehari.

  • 8. Demam dan sembelit

1 potong daun dan batang iler direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 2 gelas. Diminum 2 kali sehari 1/2 gelas.

  • 9. Diabetes Melitus

Tumbuhan iler lengkap (Batang, daun, bunga), adas pulawaras secukupnya. Seluruh bahan direbus dengan 1 liter air sampai mendidih. diminum 2 kali sehari 1/2 gelas, pagi dan sore.

  • 10. Datang Bulan Terlambat

Daun iler secukupnya. Bahan direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas. Diminum menjelang tanggal bulan haid.

  • 11. Habis bersalin

Daun iler segar 12 helai; Herba jung Rahab (abunya)1 sendok teh; Asam kawak secukupnya; Air secukupnya, Herba jung rahab secukupnya dibakar dan diambil abunya. Ramuan dipipis hingga berbentuk pasta, Ditapalkan di perut.

  • 12. Radang usus

Daun iler segar 12 helai; Bawang merah (disangrai)1 umbi; Rimpang kunyit 2 g; Herb apatikan cina segar 7 g; Menyan madu 1/2 g; Air 110 ml, Dibuat infus atau dipipis, Diminum 2 kali sehari; pagi dan sore; tiap kali minum 100 ml (infus)atau 1/4 cangkir (pipisan).

  • 13. Untuk diminum pada hari terakhir haid (membersihkan)

3 helai daun iler dicuci, sekeliling kunyit dicuci, dikupas. Semua dilumatkan sambil diberi sedikit garam. Beri 3 sendok makan air, peras dengan kain./ Cairan itu diberi sesendok teh air jeruk nipis.

  • 14. Ambeien

1. Cara I : Cuci 17 helai daun iler dan 7 daun ngokilo. Kupas 3 potong kunyit yang masing-masing sebesar jari lalu memarkan. Semua direbus dengan 6 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Saring. Minum sehari sekali sebanyak segelas. Ramuan ini cukup untuk 3 hari.

2. Cara II : 17 helai dun iler, 7 helai daun handeuleum (wungu/ungu), 1/2 cangkir daun pegagan/antanan gede, dicuci, dihaluskan. Beri 1/2 gelas air, aduk. Saring dengan kain. Diminum 1x sehari.

3. Cara III : 17 helai daun iler dicuci, direbus dengan 2 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Saring. Diminum 1x sehari.

4. Cara 1V;:Daun iler segar 12 helai; Daun wungu segar 7 helai; Herba pegagan segar 1 genggam secukupnya; Air secukupnya, Dipipis, Diminum 1 kali sehari 1/4 cangkir.

Sembelit pada penderita ambeien: 10 helai daun iler dicuci, direbus dengan 2 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Diminum 1x sehari.

(dari berbagai sumber)

Sumber Gambar : http://www.obatwasir.us/uploads/2014/10/DSC01388.jpg