Kentang Brokoli Saus Keju, Penuhi Gizi Anak

brokoli kentang saus kejuMencukupi dan memenuhi akan kebutuhan nutrisi dan  gizi anak merupakan perihal yang sangat  penting. Kebutuhan gizi dan nutrisi dibutuhkan oleh setiap anak untuk mendukung tumbuh kembang anak secara maksimal.

Para orang tua mempunyai kewajiban mencukupi kebutuhan nutrisi dan gizi anak. Selain baik  untuk tumbuh kembang anak juga dapat membantu daya tahan tubuh anak agar selalu fit. Untuk membantu Anda memenuhi kebutuhan gizi anak, Anda perlu memberinya makanan bergizi tinggi, terutama sayuran dan buah. Namun, banyak anak-anak yang tidak suka makan sayur.

Untuk mengatasi masalah tersebut Anda harus mengolah sayuran menjadi makanan yang lezat dan disukai anak. Berikut ini adalah resep makanan yang dapat memenuhi gizi anak :

Kentang Brokoli Saus Keju

Bahan :

  • 250 gram  kentang, kupas dan cuci bersih.
  • 300 gram brokoli, potong sesuai dengan kuntumnya, buang bagian batang yang keras.
  • 2 sendok makan mentega, untuk mengoles

Saus Keju :

  • 1 sendok makan mentega
  • 1 sendok makan tepung terigu
  • 400 cc susu cair
  • 150 gram keju, lalu parut
  • 1/3 sendok teh merica bubuk
  • 1/3 sendok teh garam halus
  • 1/2 sendok teh gula pasir

Cara Membuat :

  1. Rebus kentang hingga matang, kemudian angkat dan setelah dingin potong-potong menjadi beberapa bagian, sisihkan.
  2. Didihkan air, lalu masukkan brokoli. Rebus brokoli hingga matang kemudian segera angkat, dan tiriskan.
  3. Saus keju : panaskan mentega, lalu masukkan tepung terigu, aduk sampai tepung bergerindil. Tuang susu cair sedikit demi sedikit sambil diaduk terus hingga menjadi sebuah adonan lembut. Masukkan keju yang telah diparut (sisakan untuk taburan), aduk sampai rata.
  4. Setelah adonan saus keju matang tambahkan merica bubuk, garam halus, dan gula pasir yang telah disiapkan, aduk lagi sampai bumbu tercampur rata dalam saus keju. Kemudian angkat.
  5. Siapkan tempat yang tahan panas, kemudian tempat yang telah disiapkan diolesi mentega tipis-tipis, atur kentang dan brokoli dalam wadah tersebut, kemudian tuang saus keju diatasnya. Saat akan dihidangkan, panaskan dalam oven sebentar saja dan taburi keju parut.

Resep kentang brokoli saus keju penuhi gizi anak yang susah makan sayur. Cobalah untuk selalu memberi anak makanan bergizi dengan berbagai macam varian agar anak tidak merasa bosan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Sumber gambar : http://missnyingnying.files.wordpress.com/2011/01/img_9266.jpg

Komentar