Kenali Gejala Tumor Jinak Pada Payudara

kenali-gejala-tumor-jinak-pada-payudara

Tumor payudara jinak tentu akan menjadi momok bagi para wanita karena kita tahu bahwa payudara adalah salah satu bagian dari  kecantikan pada seorang wanita. Namun apa jadinya jika bagian payudara terserang tumor, mungkin bisa berbahaya atau juga tidak. Tumor payudara adalah salah satu penyakit yang cukup berbahaya bagi wanita dan bisa menyebabkan kematian.

Tumor Payudara Jinak tidak mematikan dan tumor jenis ini sering disebut dengan FAM (Fibroadenomamammae). Tumor jenis ini biasanya berbentuk benjolan pada bagian payudara, dimana berisi gumpalan lemak yang terbungkus/dilindungi oleh sesuatu yang menyerupai sebuah kantong. Tumor jenis ini tergolong jinak/tidak berbahaya dan juga tidak menyerang/menyebar ke anggota tubuh yang lainnya.

Namun meskipun Tumor Payudara ini tidak berbahaya, tumor ini sering kali menyerang wanita yang berusia antara 16 – 30 tahun dan tentunya kejadian ini juga cukup mengganggu dan meresahkan para penderitanya. Lalu bagaimanakah cara mengenali bahwa tumor payudara yang menyerang anda adalah Tumor Payudara Jinak?

Beberapa dokter spesialis bedah tumor mengungkapkan bahwa Tumor Payudara yang tidak berbahaya, kemungkinan besar akan menyerang para wanita yang berusia 40 tahun ke atas yang belum pernah melahirkan. Ini dikarenakan wanita yang belum pernah melahirkan, kadar estrogennya belum pernah menurun.

Kemudian beberapa ciri tumor payudara yang tidak berbahaya ini dapat dikenali dari adanya benjolan yang terasa nyeri pada ketiak, kemudian adanya cairan yang keluar dari puting payudara, bagian payudara akan terasa nyeri sampai ke punggung sampai pada bagian puting payudara yang masuk (mengendur) hingga ke dalam. Namun ada kalanya ciri diatas ini kembali normal saat siklus PMS (Pra Menstruasi Sindrom) berakhir.

Nah karena itulah para ahli bedah Tumor sangat menganjurkan pada para wanita untuk melakukan pengecekan payudara sendiri dengan cara meraba payudara bergerak memutar mengelilingi daerah puting payudara dan dilakukan searah dengan jarum jam. Coba perhatikan apakah ada bentuk perubahan pada payudara seperti benjolan yang keras atau terasa nyeri saat dipegang, kemudian bentuk yang tidak semestinya, atau mungkin juga kulit dan puting yang mengkerut. Jika anda menemukan tanda yang aneh pada payudara anda dan curiga adanya tumor payudara jinak, maka segeralah  ke dokter.

69 thoughts on “Kenali Gejala Tumor Jinak Pada Payudara”

  1. Pagi dok, sy seorang ibu berusia 26 thn memiliki 2 org ank.
    Anak ke2 saya umur 10 bulan dan sya masih menyusui, sdh 2 hari payudara sebelah kiri sya terasa bengkak dan d bagian atas agak bawah ketiak terasa ada benjolan kalau d pegang terasa nyeri tapi hari ini hari ke 3 sudah tidak bengkak lg dan masih ada terasa benjolan kira kira penyebabnya apa ya dok, mohon penjelasannya. Terima kasih.

    Reply
    • Selamat pagi bunda. Benjolan pada payudara dapat merupakan suatu kondisi yang tidak normal. Benjolan dapat merupakan suatu peradangan saja, atau suatu bentuk tumor baik jinak maupun ganas. Pertumbuhan tumor dapat digolongkan menjadi dua jenis yaitu tumor jinak dan tumor ganas. Untuk mengetahui bahaya tidaknya suatu benjolan pada payudara tersebut ada baiknya dibawa periksa lebih lanjut ke dokter untuk mengetahui jenis benjolan tersebut. Terima kasih.

  2. selamat malam dokter,
    sy wanita berusia 23 tahun, sejak th lalu di payudara bagian kanan saya terdapat bejolan sekelreng keras dan jika di pegang terasa sakit / nyeri, kemudian di bagian agak ketengah ada lagi benjolan tidak beraturan bentuknya, ckup besar dan sangat keras, namun tidak sakit. di bagian kulit luar maupun putingnya pun tdk mengalami perubahan bentuk / wrna apapun, th lalu msh tdk trlht bnjolannya dr luar, skrg sdh mulai trliht dan lbih sering nyeri, kadang smpai area perut, pnggung, ketiak, sprti dtusuk jarum. mohon penjelasnnya dokter, trmksh.

    Reply
    • Selamat pagi. Dari ciri-ciri yang Anda sampaikan tersebut, beberapa diantaranya menunjukkan adanya gejala tumor payudara. Namun, tumor payudara sendiri dibagi menjadi 2 yaitu tumor jinak dan tumor ganas atau biasa disebut kanker. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang benjolan pada payudara Anda, sebaiknya segera periksakan ke dokter agar dapat diketahui lebih jelas penyebabnya dan mendapatkan perawatan secara tepat. Jangan tunda-tunda lagi, karena perawatan sejak dini akan lebih baik. Semoga lekas sembuh.

  3. assalamu.alaikum
    dok nama sya elsa. sya umur 16 thn. pyudra sya sblah kiri trdapat benjolan . sya tkut apakah itu kanker payudara atau bukan.. mohon pnjlasannya

    Reply
    • Waalaikumsalam. Benjolan pada payudara dapat merupakan suatu kondisi yang tidak normal. Benjolan dapat merupakan suatu peradangan saja, atau suatu bentuk tumor baik jinak maupun ganas. Pertumbuhan tumor dapat digolongkan menjadi dua jenis yaitu tumor jinak dan tumor ganas. Untuk mengetahui jenis benjolan tersebut dan bahaya tidaknya suatu benjolan pada payudara sebaiknya Anda periksakan ke dokter. terima kasih.

  4. dok. sy sdang hamil 7 bulan dan di bawah ketiak ada benjolan. kalau diraba terasa sakit dan agak keras. apa artinya dok

    Reply
    • Selamat pagi. Benjolan pada payudara atau bagian bawah ketiak dapat merupakan suatu kondisi yang tidak normal. Benjolan dapat merupakan suatu peradangan saja, atau suatu bentuk tumor baik jinak maupun ganas. Untuk mengetahui jenis benjolan tersebut apakah tumor atau bukan ada baiknya dibawa ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan demi mengetahui jenis benjolan tersebut. Terima kasih.

  5. dok.sy hana..usia 20 thun.sy ada keluhan dok.d payudara kiri sya ada benjolan..apkah itu tumor?selain operasi apa ada obat lain..mhon konfirmasinya dok

    Reply
    • Selamat pagi. Benjolan pada payudara dapat merupakan suatu kondisi yang tidak normal. Benjolan dapat merupakan suatu peradangan saja, atau suatu bentuk tumor baik jinak maupun ganas. Untuk mengetahui bahaya tidaknya suatu benjolan pada payudara tersebut ada baiknya dibawa ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan demi mengetahui jenis benjolan tersebut. Terima kasih.

  6. assalamualaikum, selamat pagi buk dokter. Nama saya nur aisyah umur saya 14 tahun, saya mau tanya buk dokter kalau anak dibawah umur kayak saya bisa nggak terkena kanker atau tumor payudara ? Sebelumnya saya ucapkan terima kasih banyak untuk jawaban ibu dokter.

    Reply
    • Waalaikumsalam. Kanker payudara adalah salah satu jenis kanker yang berbahaya. Kanker payudara kebanyakan menyerang usia diatas 40 tahun, akan tetapi untuk anda yang masih berusia dini antara 14 sampai 34 tahun juga tetap harus waspada. Karena kemungkinan itu terjadi pada Anda bukan hal yang tidak mungkin. Konsultasikan dengan dokter Anda tentang segala perubahan yang terjadi pada payudara agar jika terjadi tumor atau kanker dapat segera terdeteksi sejak awal. Terima kasih.

  7. Slamat mlem dok…. sya Melisa umur 24th. Dok payudara kanan sya kok atasnya keras, klau di pegang rsanya nyeri dan klau sya mnyusui anak sya, putingnya terasa sakit dan nyeri. Pdhal sblumnya gk apa2, skrang usia anak sya 5bln. apa sebabnya mhon pnjelasanya dok…… terima ksih…

    Reply
    • Selamat pagi. Payudara pada ibu menyusui yang terasa nyeri disebabkan oleh berbagai alasan. Tingkatannya pun beranekaragam, mulai dari level ringan hingga kronis yang disertai dengan demam. Untuk mengetahui penyebabnya bunda bisa periksakan ke dokter atau silahkan baca artikel berikut ini. Penyebab sakit payudara selama menyusui dan cara mengatasinya.

  8. salam dok..saya fani usia 25th.
    sudah beberapa hari ini ketiak sebelah kanan saya yang bagian dalam nya terasa sakit..Saya coba pegang pun jg terasa sakit dan jika tangan saya di turunkan kebawah..terasa sakit jg.
    sebelum itu..saya sudah pernah melakukan operasi di bagian ketiak itu..yang hasil lab nya mengatakan..adanya kelenjr keringat yang tersumbat..
    dan sekarang saya jg merasakan hal yg sama tp skrg saya tdk mrsakn adanya pembengkakan seperti yg terjdi dlu.
    apa itu indikasi adanya kanker getah bening/payudara dok?
    apa itu berbahaya dok?

    Reply
    • Selamat pagi. Jika Anda pernah mengalami hal yang sama sebelumnya bahkan pernah melakukan operasi, alangkah baiknya jika Anda melakukan pemeriksaan kembali ke dokter. Dengan begitu, Anda dapat mengetahui penyebabnya dengan jelas dan segera mendapatkan perawatan secara tepat. Terima kasih.

  9. Salam dok. Saya elsa usia 26 thn. bberapa wktu bbrapa wktu lalu saya punya masalah dengan payudara sebelah kanan dikarenakan ada benjolan diketiak sebelah kanan. Namun terkadang benjolannya hilang dan rasa sakitnya pun juga hilang. Tpi skrg bnjolan tidk ada lgi nmun payudara saya mulai sakit lgi di area dkt ketiak. Apakah itu dok? Mohon penjelasannya y dok

    Reply
    • Selamat pagi. Benjolan pada payudara dapat merupakan suatu kondisi yang tidak normal. Benjolan dapat merupakan suatu peradangan saja, atau suatu bentuk tumor baik jinak maupun ganas. Untuk mengetahui bahaya tidaknya suatu benjolan pada payudara tersebut ada baiknya dibawa ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan demi mengetahui jenis benjolan tersebut. Terima kasih.

  10. dok saya zuna wanita berusia 27 th. diatas payudara kiri saya terasa keras dan kadang terasa sesak napas dan payudara kiri terkadang juga nyeri. apa itu tumor atau apa ya dok? mohon penjelasanya dok. trimksih…

    Reply
    • Selamat sore. Tumor disebut juga dengan neoplasma yang dapat terbentuk akibat pertumbuhan sel tubuh yang tidak sebagaimana mestinya, dan biasanya akan mengakibatkan pembengkakan atau suatu benjolan. Pertumbuhan tumor dapat digolongkan menjadi dua jenis yaitu tumor jinak dan tumor ganas. Jika payudara terdapat benjolan keras dan terkadang membuat Anda sesak napas maka sebaiknya lakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui penyebab jelasnya. Terima kasih.

Leave a Comment