Kesehatan

Keajaiban Madu

Keajaiaban Madu

Setiap orang pasti tahu madu. Banyak yang telah mengkonsumsi madu dalam kesehariaannya. Akan tetapi belum tentu orang-orang tersebut tahu kandungan zat gizi penting  yang ada dalam madu beserta khasiat dan manfaatnya bagi tubuh. Dalam salah satu Bab buku DR. Husen A Bajry, M.D., Ph.D. yang berjudul “Tubuh Anda adalah Dokter Yang Terbaik” ada membahas tentang Keajaiban Madu.
Madu mengandung berbagai zat gizi yang penting bagi tubuh seperti aneka senyawa karbohidrat (protein, air, lilin, asam organic,berbagai gula sederhana seperti levulose, dextrose, sucrose,dll), aneka mineral penting, kalsium, magnesium, fosfor, natrium, tembaga, mangan, besi, kalium), mengandung vitamin (vitamin B1, B2, K, C) serta berbagai enzim yang baik untuk pencernaan.

Madu mengandung berbagai unsur organik dan non-organik baik yang sudah diketahui maupun yang belum diketahui. Unsur-unsur tersebut memiliki fungsi dan manfaat yang penting bagi tubuh manusia, seperti:

1. Madu Sebagai Tonik terbaik

Madu membantu tubuh memulihkan stamina dan menjaga kadar gula darah tetap stabil. Misalnya memulihkan stamina  setelah olahraga . Minum 3 sendok madu lebih baik daripada minum 1 liter minuman berenergi.

2. Madu enambah Nafsu Makan

Pemberian Madu setiap  hari pada anak secara teratur dapat menurunkan tingkat morbiditas (panas dan pilek) dan meningkatkan nafsu makan pada balita.

3. Madu Sebagai Prebiotik

Madu membantu mengendalikan bakteri jahat tanpa mengganggu bakteri baik karena madu mengandung:

  • kadar gula alami yang tinggi pada madu mampu menghambat pertumbuhan dan perkembangan bakteri,
  • sifat asam madu tidak disukai oleh bakteri jahat.
  • Kandungan senyawa radikal hydrogen peroksida pada madu sanggup menghabisi bakteri jahat berbagai mikro organism berbahaya lainnya.
  • senyawa organic yang bersifat anti bakteri  jahat.
  • senyawa 10-hidroxidecen-2-acid merupakan senyawa anti bakteri  jahat.
BACA JUGA:  Madu Efektif Meningkatkan Nafsu Makan Anak

4. Madu Sebagai Anti Bakteri

Madu bisa dipakai sebagi obat luka. Madu mempunyai efek anti peradangan alami yang membuat luka sembuh dengan cepat. Madu mengandung zat anti biotic yang sangat mujarab dalam menangkis serangan bakteri.

Infeksi yang mampu diobati dan dihambat dengan mengkonsumsi madu secara teratur antara lain: penyakit saluran pencernaan, penyakit kulit, batuk, pilek, infeksi saluran pernafasan, demam dan hati.

Demikian beberapa keajaiban madu. Semoga bermanfaat.