Expresikan Aksimu!!

Expresikan AksimuSi kecil Anda sangat tidak percaya diri? Waspadailah! Jika Anda tidak mulai memperbaikinya dari sekarang, maka ia akan tumbuh menjadi anak yang pasif dan rendah diri. Buatlah aktivitas yang bisa merangsang rasa percaya dirinya. Salah satunya, bermain dengan cermin.

Sediakan sebuah cermin besar. Lalu mintalah anak Anda untuk berdiri di depan cermin dan melihat bayangannya di cermin tersebut. Lalu tunjuk salah satu bagian dari tubuhnya dan bertanya: “ini apa?”. Biarkan ia menjawabnya. Lalu tanyakan lagi fungsi-fungsi anggota tubuhnya tersebut. Misalnya, “kalau ini untuk apa?” sambil menunjuk tangannya. Tanyakan pula, “bagaimana jika tanganmu untuk memukul kawan, boleh tidak?”

Setelah Anda menanyai nama-nama bagian tubuhnya, kini mintalah ia berfokus pada wajahnya. Mintalah ia menunjukkan berbagai ekspresi; tertawa, menangis, tersenyum, menangis, marah, cemberut, dsb. Lalu beritahukan padanya, bahwa jika ia tersenyum, ia tampak manis dan cantik. Tapi, jika ia marah atau menangis, wajahnya menjadi menyeramkan dan jelek.

Anak-anak belajar mengekspresikan dirinya. Setelah pembelajaran sederhana tadi, mintalah mereka untuk berbicara “panjang” di depan cermin, seolah-olah ia sedang menghadapi orang banyak. Mintalah ia memperkenalkan dirinya; nama, umur, sekolah, nama ortu, alamat rumahnya, dsb. Dengan demikian, ketika ia di sekolah dan “mogok” untuk menjawab pertanyaan gurunya karena tidak PD, Anda bisa mengingatkannya soal permainan ini. “Anggaplah seperti kamu bicara dengan cerminmu…”

Sumber Gambar : http://www.ridhomukti.com/uploads/2012/12/baby_looking_in_a_mirror_by_kleinerschnuff.jpg

Komentar