Diet Sehat Dan Aman Bagi Ibu Yang Sedang Menyusui

diet sehat untuk ibu menyusuiSetelah melahirkan, ibu biasanya mengalami peningkatan berat badan. Pastinya ibu yang mengalami kenaikan berat badan, ingin badannya lengsing kembali seperti saat sebelum hamil. Namun, beberapa ibu yang ingin kembali ramping sayangnya sering kurang memperhatikan asupan nutrisi yang sebaiknya juga tetap dijaga sebagai kebutuhan bayi dan ibu yang menyusui. Diet juga sebaiknya Anda lakukan saat bayi sudah berumur lebih dari 6 minggu, karena ditakutkan akan mengurangi jumlah ASI.

Nah, untuk memberikan solusi bagi para ibu yang ingin memulai program diet. Di bawah ini ada beberapa tips diet sehat dan aman bagi ibu yang sedang menyusui.

Konsultasikan terlebih dahulu pada dokter

Dokter akan membantu dengan mengatur pola makan Anda serta memilih makanan serta nutrisi yang penting untuk Anda konsumsi. Sehingga diet yang Anda lakukan tidak mengganggu jumlah produksi susu Anda.

Makan teratur dan makan seimbang

Sediakan makanan yang mudah diolah dan cepat saji dan jangan lupa untuk selalu menyiapkan makanan dalam porsi-porsi kecil untuk dikonsumsi sebelum lapar menyerang. Makanan yang dianjurkan seperti sereal (roti gandum), sayur-sayuran hijau (brokoli, bayam, dan kangkung) serta buah-buahan segar, makanan yang berprotein tinggi (telur, ikan salmon, tahu, tempe dan daging), dan jus segar.

Banyak minum air putih untuk menghindari dehidrasi

Karena ketika menyusui, ibu akan banyak mengeluarkan cairan yang berlebih. Air susu ibu mengandung 50% air, selain itu air juga baik bagi metabolisme tubuh. Minum air putih sebanyak-banyaknya untuk memenuhi kebutuhan tubuh Anda, paling sedikit 5 gelas dalam 1 hari untuk menghindari dehidrasi. Tambah porsinya jika Anda juga melakukan olahraga.

Konsumsi karbohidrat dan protein

Makanan yang mengandung karbohidrat dan protein akan memenuhi nutrisi dari tubuh Anda. Selain itu, Anda juga akan memiliki cukup energi untuk beraktifitas setiap hari.

Jangan tergesa-gesa

Anda tetap harus ingat bahwa Anda sedang menurunkan berat badan dan sekaligus menaikkannya untuk memenuhi kebutuhan bayi dan Anda sendiri. Jangan tergesa-gesa untuk bisa langsung menurunkan berat badan secara drastis, sebab hal ini bisa membahayakan diri Anda dan bayi.

Istirahat cukup dan berolahraga

Olahraga merupakan salah satu hal yang bisa membantu Anda untuk bisa menurunkan berat badan. Namun ingat, tetap jaga asupan nutrisi dalam tubuh dengan memakan lebih banyak makanan yang bergizi.

Tidak mengkonsumsi obat-obatan diet

Sangat tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi obat-obatan diet  selama Anda menyusui, karena dapat berpengaruh pada kesehatan bayi.

Banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi

paket diet ibu menyusui cepatRajin cek kadar zat besi dalam tubuh untuk menghindari kemungkinan terkena anemia. Untuk itu dianjurkan untuk mengkonsumsi makan-makanan yang banyak mengandung zat besi.

Anda sebaiknya tetap menjaga nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, sebab sekali Anda mengalami kekurangan nutrisi maka tubuh Anda akan susah untuk kembali dalam keadaan sehat dan bugar. Produk diet sehat untuk ibu menyusui juga bisa dengan mengkonsumsi CMP (chlorophil mint powder), dan paket herbalife untuk ibu menyusui.

Sumber gambar :
1. http://1.bp.blogspot.com/_3We_LhiTZCs/TL7jS17VteI/AAAAAAAAAE0/d2gHjHaEL_c/s1600/HealthySnacks75.jpg
2. http://4.bp.blogspot.com/-og757jdEcGw/UMIPypxC_ZI/AAAAAAAAAUo/0u4xZ51M7_g/s1600/paket+diet+ibu+menyusui+cepat.JPG

Komentar