Cara Menjaga Kualitas ASI Selama Berpuasa

manfaat asiSelama sebulan penuh kita memenuhi kewajiban berpuasa di bulan ramadhan, banyak sekali manfaat yang bisa kita ambil. Selain berguna untuk kesehatan rohani, dari sisi kesehatan tubuh pun, puasa memiliki manfaat yang luar biasa. Puasa ramadhan dapat mengatasi beberapa gangguan kesehatan dalam pengendalian stres, penyakit hipertensi, kasdiovaskuler, kanker dan juga ginjal. Secara umum puasa sangat menguntungkan bagi yang menjalankannya. Hal ini pun tentu juga  dirasakan oleh Ibu yang masih dalam tahap menyusui.

Bagaimana dengan manfaat berpuasa untuk Anda yang sedang menyusui? Apakah manfaat yang didapat sama dengan orang lain yang tidak dalam kondisi tersebut?. Ibu menyusui mempunyai perbedaan baik dari segi kebutuhan nutrisi dan juga aktivitas. Sehingga banyak pertimbangan dalam melakukan puasa ramadhan, meskipun agama telah memberikan kemudahan bagi Anda yang sedang menyusui untuk tidak berpuasa.

Kebutuhan gizi Ibu menyusui otomatis menjadi meningkat dua kali lipat. Hal tersebut dikarenakan makanan yang Anda konsumsi dibutuhkan untuk menunjang produksi ASI, dan juga untuk kebutuhan masa pemulihan kesehatan pasca melahirkan. Proses menyusui adalah proses yang alami untuk memenuhi kecukupan gizi bayi. ASI memang harus diberikan untuk daya tahan tubuh si buah hati. Kandungan ASI mampu menyediakan gizi yang jauh lebih baik dari susu formula.

Bisakah berpuasa selama menyusui? Tentu bisa, manfaat secara rohani dan jasmani akan Anda dapatkan ketika Anda memutuskan berpuasa walaupun sedang menyusui, tetapi pertimbangan kesehatan pun jangan sampai Anda lalaikan. Anda harus memperhatikan kualitas ASI selama Anda berpuasa. Berikut kami informasikan cara menjaga kualitas ASI selama berpuasa adalah sebagai berikut :

1.  Mencukupi kebutuhan cairan tubuh

Anda menahan asupan makan dan minum selama 14 jam dalam sehari akan tetapi sangat penting untuk memperhatikan kembalinya nutrisi di waktu sahur dan berbuka apalagi untuk Anda yang menyusui. Selain cairan sangat diperlukan tubuh ternyata juga sangat berperan dalam kualitas ASI. Selama bulan puasa otomatis asupan akan terbatas, cara yang terbaik untuk Anda adalah dengan memenuhi asupan cairan diwaktu berbuka dan sahur untuk tetap menjaga kualitas ASI.

2.  Mengurangi mengkonsumsi makanan olahan saat sahur

Memilih menu sahur kebanyakan menu yang praktis dan tidak heran jika menu olahan sangat menjadi favorit Anda. Ketika sedang menyusui kurangi konsumsi produk olahan karena kandungan kimia seperti bahan pengawet dan MSG tinggi akan mengurangi kualitas susu. Sebaiknya siasati dengan membuat menu sahur yang sederhana dari bahan yang alami.

3.  Memilih camilan sehat saat berbukasari kurma sahara

Ketika berbuka puasa terlintas beberapa makanan yang mengundang selera. Bagi Anda yang sedang menyusui, makanan berbuka apapun pada dasarnya memberikan manfaat akan tetapi selektiflah, sehingga dengan makanan sehat dapat memberikan kualitas air susu terbaik untuk bayi Anda. Hindari camilan yang berada dipinggir jalan yang beresiko tinggi tercemar asap kendaraan bermotor.

4.  Meningkatkan konsumsi sayuran hijau

Sayuran hijau sangat bagus dikonsumsi bagi ibu menyusui, terlebih saat bulan puasa. Dimana sayuran hijau selain dapat meningkatkan produksi ASI, juga dapat membantu dalam mengatasi masalah pencernaan selama bulan puasa. Jangan lupa untuk memperhatikan cara memasak, dan mencuci bersih sayuran untuk menghindari pestisida yang menempel.

Sayuran hijau akan membantu Anda dalam mengatasi masalah pencernaan selama bulan puasa. Bagi ibu menyusui sayuran hijau dapat meningkatkan produksi ASI. Perhatikan pula cara Anda memasak, mencuci dengan bersih untuk menghindari pestisida yang menempel.

5.  Meninggalkan seafood

Ada beberapa jenis makanan hasil laut yang harus Anda hentikan terlebih dahulu konsumsinya yang diduga mengandung merkuri berlebih selain tidak baik untuk kesehatan juga mempengaruhi kualitas asi Anda. Jenis ikan laut yang mengandung banyak merkuri seperti kerang, ikan asap, dan sebagainya.

Untuk mencukupi nutrisi Anda saat berpuasa, bisa juga dengan mengkonsumsi sari kurma, dan madu.

sumber gambar:
1. http://www.botolkacaasi.com/uploads/2013/01/Manfaat-ASI-Eksklusif-untuk-bayi.jpg
2. http://www.alyanaherbal.com/uploads/2013/01/Sari-Kurma-SAHARA.jpg

Komentar