Bayi & Anak

Cara Mengukur Suhu Bayi

Share Yuk!

Cara Mengukur Suhu BayiBagi Anda yang belum berpengalaman sebaiknya beli termometer digital. Alat pengukur temperatur jenis ini mudah dibaca dan cepat (pembacaan sekitar 10 detik sampai 2 menit) dan tidak mudah pecah. Ada pula termometer yang dirancang untuk penggunaan hanya melalui anus, meski sebagian besar dapat digunakan baik di anus, mulut, maupun dibawah ketiak. Sebaiknya tiap termometer digunakan hanya untuk satu tempat saja dan pastikan untuk membersihkannya dengan benar sesudah menggunakannya. Sementara termometer telinga hanya dapat digunakan di telinga dan cenderung lebih mahal.

Orang tua kerap bertanya, di bagian mana sebaiknya termometer diletakkan untuk mengetahui suhu anak dengan baik dan akurat. Yang jelas tiap bagian tubuh baik telinga, bawah ketiak, mulut maupun anus mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jadi sebaiknya tanyakan pada dokter anak Anda, metode mana yang disarankannya.

Termometer Anus
Sebagian besar dokter anak menganjurkan mengukur panas bayi dengan menempatkan termometer pada anus karena ini merupakan cara yang paling dipercaya oleh para dokter anak. Meski begitu, sebagian dokter anak tidak setuju dengan metode ini karena resiko memasukkannya terlalu dalam, misal jika bayi Anda rewel dan tidak bisa diam maka termometer berisiko melukai anusnya.

Untuk mengurangi resiko tersebut, sebaiknya beli termometer anus yang fleksibel serta memiliki pegangan lebar sehingga menghambat jari Anda untuk memasukkannya terlalu dalam.

Berikut cara penggunaan termometer anus :
Untuk mempersiapkan termometer digital, tekan tombol untuk menyalakannya. untuk memudahkan pemakaian, Anda dapat mengoleskan vaselin pada bagian bawah sensor.
Pangku bayi, perut di bawah dan pantat di atas. Biarkan kakinya menjuntai di paha Anda yang satu lagi.
Atau dengan cara lain, biarkan bayi terlentang seperti pada saat akan diganti popoknya, baik di tempat tidur atau di meja tempat Anda menggantikan popoknya. Posisi ini lebih nyaman bagi bayi, karena merupakan posisi yang biasa ia alami pada saat penggantian popok.
Lebarkan anus bayi dengan satu tangan, lalu dengan tangan yang satu lagi tempatkan termometer di antara jari tengah dan jari telunjuk, lalu masukkan dengan lembut sekitar 2 cm ke dalam anusnya atau sampai ujung termometer tidak kelihatan.

BACA JUGA:  Herba Cakar Ayam Efektif Mengobati Bronkitis

sumber : nova

Sumber Gambar : https://www.ibudanbalita.com/uploads/posts/ET03vpyyEj.jpg

Share Yuk!