Bayi & Anak, Kesehatan

Ketahui Berbagai Macam Vaksin Bayi

ketahui-berbagai-macam-vaksin-bayi

Untuk melindungi bayi dari berbagai macam penyakit bayi serta menjaga kesehatan buah hati membutuhkan berbagai jenis vaksin bayi. Oleh karena itu para orang tua khususnya para ibu haruslah mengerti beberapa jenis vaksin yang perlu diberikan untuk sang buah hati. Berikut informasi yang dilansir babycentre.co.uk mengenai berbagai jenis vaksin yang dibutuhkan oleh bayi.

1. PVC

PCV atau pneumococcal conjugate vaccine adalah vaksin yang berguna untuk melindungi bayi dari bakteri pneumococcal yang dapat menyebabkan berbagai penyakit serius seperti keracunan darah atau septicaemia, meningitis, dan pneumonia. Bahkan pada kasus meningitis yang ditemukan, 1 dari 10 kasus meningitis disebabkan oleh bakteri pneumococcal.

Kasus meningtis yang disebabkan oleh bakteri tersebut lebih berbahaya daripada meningitis C. selain itu, bakteri pneumococcal dapat menyebabkan masalah kesehatan berkepanjangan seperti epilepsy, tuli, hingga kesulitan belajar. Karena itu, si kecil perlu diberi imunisasi PCV saat usianya 8 minggu, 16 minggu, dan 13 bulan agar ia memiliki kekebalan terjadap bakteri ini.

2. MenC

Vaksin ini akan melindungi buah hati dari infeksi penyakit yang diakibatkan oleh bakteri meningococcal. Bakteri tersebut dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan seperti keracunan darah (septicaemia) dan menigitis. Meningitis sendiri dapat menyebabkan kerusakan jangka panjang pada sistem saraf dan otak sehingga dapat berakibat fatal. Penyakit meningitis dapat menular melaui batuk dan bersin. Untuk melindungi sang buah hati, ibu perlu memberikan vaksin MenC saat usianya menginjak 12 minggu.

3. Hib/MenC

Imunisasi MenC yang juga mengandung vaksin Hib akan diberikan saat bayi memasuki usia 1 tahun. Vaksi Hib berperan dalam melindungi bayi darri infeksi bakteri haemophilus influenza tipe B. Bakteri tersebut dapat menyebabkan infeksi pada dada, tenggorokan, dan telinga, serta penyakit lainnya seperti epiglottis, meningitis, dan pneumonia.

4. Rotarix

Vaksin yang diberikan saat bayi berusia 8 minggu dan 12 minggu ini melindungi bayi dari rotavirus yang merupakan penyebab utama penyakit gastroentitis pada bayi. Gejala gastroentitis diantaranya muntah dan diare yang dapat menyebabkan dehidrasi serius dan infeksi lambung.

Demikian bunda informasi tentang berbagi jenis vaksin pada bayi bagian pertama. Untuk lanjutannya yaitu jenis vaksin pada bayi bagian kedua bisa dibaca disini. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.

sumber : babycentre.co.uk

Produk Menarik untuk Anda:

Sprei Waterproof Import 160 x 200

Sprei Waterproof Import 160 x 200

Sprei waterproof  merupakan sprei anti air dengan bahan yang berkualitas import. Dengan sprei ini, bunda ....
Pembalut Kain Jelita-V Jumbo Motif

Pembalut Kain Jelita-V Jumbo Motif

Jelita-V Jumbo Motif merupakan inovasi produk pembalut kain cuci ulang dari Jelita-V yang aman, nyaman.  ....
Sabun Prilly Lemak Bulus Pengencang Payudara Dengan Praktis

Sabun Prilly Lemak Bulus Pengencang Payudara Dengan Praktis

GRATIS 1 SABUN PRILLY LEMAK BULUS SETIAP PEMBELIAN 2 CREAM DARA Sabun Prilly Lemak bulus ....
Sabun Turtle Olief Menjaga Kulit Halus Dan Kencang

Sabun Turtle Olief Menjaga Kulit Halus Dan Kencang

Sabun turtle olief adalah sabun herbal yang terbuat dari minyak bulus yang bermanfaat untuk menjaga ....