Bayi & Anak, Kesehatan

Cara Mengatasi Susah Tidur Pada Anak

anak susah tidurKualitas tidur pada anak atau seorang bayi adalah salah satu faktor yang mempunyai peran penting bagi tumbuh kembang anak. Setiap anak mempunyai kebiasaan atau cara penanganan yang berbeda-beda saat akan tidur. Ada anak yang mudah tidur karena ia telah mengenal pola tidur yang teratur, namun tidak sedikit juga anak-anak yang susah tidur.

Jika seorang anak mengalami susah tidur maka hal itu akan sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembang anak. Apalagi jika usianya masih bayi maka hal ini tentu saja akan mengganggu waktu istirahat orang tua juga karena mereka harus menggendongnya hingga anak tidur. Untuk itu, para orang tua pasti ingin segera menemukan solusi untuk mengatasi masalah anak susah tidur. Berikut ini adalah cara mengatasi susah tidur pada anak.

1. Buat jadwal jam tidur anak

Sebagai orang tua sebaiknya Anda konsisten dengan jam tidur anak. Jika Anda menginginkan buah hati Anda tidak tidur cukup larut malam, maka jangan biarkan mereka tidur terlalu lama di siang hari. Jam tidur siang maksimal 2 jam itu sudah lebih dari cukup.

2. Menciptakan lingkungan tidur yang nyaman

Anak akan lebih mudah tertidur dengan pulas jika ia sudah merasa nyaman dengan tempat tidurnya. Jadi, bersihkan dan rapikanlah tempat tidur anak sebelum Anda menyuruhnya untuk tidur. Siapkan juga keperluannya seperti selimut yang lembut agar anak merasa nyaman saat tidur.

3. Jangan biarkan anak tidur terlalu cepat (jam 6 sore)

Jika belum waktunya untuk anak tidur, maka jangan biarkan anak tertidur. Karena biasanya anak akan terbangun di tengah malam dan kemungkinan untuk tidak bisa tidur lagi cukup besar. Ajaklah anak bermain sebelum waktu tidur tiba agar anak tidak merasa ngantuk. Dengan begitu jadwal untuk tidurnya dapat berjalan dengan baik dan Anda tidak perlu begadang sampai larut malam.

4. Membiarkan anak untuk bermain

Membiarkan anak untuk tetap aktif bermain di pagi hari baik di rumah maupun di luar rumah bersama dengan teman-temannya merupakan salah satu cara supaya anak menjadi lebih mudah tidur pada malam hari. Ini dikarenakan jika malam tiba, anak sudah merasa lelah setelah melakukan aktivitas seharian dan siap untuk istirahat dengan tidur malam. Jadi, biarkanlah anak Anda bermain agar kualitas tidurnya pada malam hari tidak terganngu. Namun meski demikian, jadwal bermain anak tetap harus diperhatikan agar tidak kecapekan.

5. Pastikan anak Anda sudah kenyang sebelum tidur

Jadwalkan waktu makan malam dan porsi makanan yang pas bagi buah hati Anda. Jika perut anak sudah kenyang maka dapat dipastikan ia akan lebih mudah tertidur pulas.

Itulah beberapa cara mengatasi susah tidur pada anak. Semoga dapat bermanfaat bagi para bunda.

PENTING UNTUK ANDA :

sumber gambar : http://cache2.asset-cache.net/xc/86499706-boy-bundled-up-in-blanket-watching-tv.jpg?v=1&c=IWSAsset&k=2&d=D63450385CD169117926EE4495074277C2284D1E1E7273F20F3A5C81FAFECB19&b=M0Mw

Produk Menarik untuk Anda:

Madu Herbal Syifa Kids Cerdas dan Cendekia Meningkatkan Kecerdasan Anak

Madu Herbal Syifa Kids Cerdas dan Cendekia Meningkatkan Kecerdasan Anak

Madu Syifa Kids Cerdas Cendekia merupakan madu anak untuk nutrisi 100% alami tanpa bahan kimia ....
Kapsul Minyak Ikan Salmon

Kapsul Minyak Ikan Salmon

Kapsul Minyak Ikan Salmon Adalah Kapsul herbal Yang 100% terbuat dari minyak ikan salmon berguna ....