Parenting

Cara Mendidik Anak Usia 2 Tahun

cara-mendidik-anak-usia-2-tahun

Cara mendidik anak usia 2 tahun sangat berbeda ketika sang anak berusia 1 tahun, setiap orang tua mungkin memiliki cara mendidik masing – masing. Namun hal yang perlu anda ketahui adalah pada usia 2 tahun merupakan usia golden age bagi sang anak. Oleh karenanya pendidikan yang tepat sangat berpengaruh dengan perkembangan anak kita kelak. Berikut ini adalah beberapa contoh cara mendidik anak usia 2 tahun :

1. Mengajarkan Kebiasaan Baik

Anak cenderung akan meniru apa yang dilakukan oleh orang tuanya. Oleh karana itu berilah contoh kebiasaan yang baik kepada anak kita. Misalnya saja dengan membuang sampah pada tempatnya, merapikan mainan yang sudah tidak di pakai, menghabiskan makanannya, mengucapkan salam ketika akan berpamitan atau berkunjung. Hal tersebut memang sepele namun sangat mempengaruhi kebiasaan sang anak kelak. Atau anda juga bisa mengajak sang anak beribadah bersama, misalnya dengan mengajaknya sholat berjama’ah di masjid.

2. Meluangkan Waktu Untuk Anak

Meluangkan waktu bagi sang anak merupakan hal yang penting terlebih jika anda sebagai wanita karier. Anda akan disibukkan dengan pekerjaan kantor dan pekerjaan rumah, namun ingatlah hal terpenting adalah menjadi ibu yang baik. Oleh karena itu luangkanlah waktu anda dengan bermain atau hanya mengobrol dengan sang anak. Ajaklah anak anda bercerita tentang apa saja pengalaman yang telah dilalui selama hari ini. Anda juga bisa sekedar mengajaknya jalan – jalan sore di taman agar sang anak juga bisa bermain dengan teman sebaya.

3. Biarkan Sang Anak Berekspresi dan Tetap Mengawasi

Anak usia 2 tahun biasanya suka melakukan hal – hal baru, dan juga memiliki banyak keinginan tahuan sang anak. Maka sang anak biasanya akan banyak menanyakan hal – hal baru. Sebagai orang tua wajib untuk mengawasi ekspresi yang sering dilakukan anak. Jika anak sering berteriak tanpa alasan, jangan ragu untuk menelusuri penyebab mengapa anak sering berteriak.

Hal ini sangat penting untuk dilakukan karena anak berumur 2 tahun sangat ekspresif terhadap suatu hal. Dengan demikian anak akan terhindar dari traumatik yang biasanya merupakan bawaan sejak kecil. Selain itu, orang tua juga disarankan untuk membiarkan anak untuk berekspresi dengan teman-teman sebaya. Jangan pernah melarang anak untuk bermain karena masa anak-anak adalah masa untuk mengekspresikan kegembiraannya dengan bermain dengan teman-teman sebaya.