Cara Membangun Komunikasi Efektif Dengan Anak

cara-membangun-komunikasi-efektif-dengan-anakKomunikasi efektif dengan anak adalah hal yang sangat penting agar hubungan anak dan ibu menjadi lebih erat. Anak – anak yang menjalin komunikasi efektif dengan orangtua akan tumbuh menjadi makhluk sosial yang percaya diri dan bertanggung jawab. Selain itu juga bisa menumbuhkan kasih sayang pada orang lain. Namun tidak semua orang tua mengerti bagaimana membangun komunikasi efektif dengan anak. Berikut ini ada beberapa cara untuk membangaiun komunikasi efektif dengan anak.

1. Jadilah Pendengar Yang Baik

Komunikasi yang efektif adalah komunikasi 2 arah, yang artinya kita tidak hanya berbicara namun juga mendengarkan. Oleh karena itu ketika anda sedang bertanya mengenai sekolah, teman dan pelajaran sang anak dan saat anak sedang bercerita anda haruslah mendengarkannya. Jangan alihkan perhatian anda pada hal lain misalnya televisi atau handphone.

2. Merespon Dengan Baik

Ketika anak anda sedang bercerita, usahakan beri respon yang baik pada anak anda. Selain membuat anak anda nyaman juga bisa membuat anak anda menjadi bersemangat dalam bercerita kepada anda.

3. Berkomunikasi Dengan Sederhana

Hindari menggunakan kata – kata atau gerakan tubuh yang rumit saat berkomunikasi dengan anak. Karena bisa membuat anak anda menjadi bingung dan sulit memahami apa perkataan anda. Gunakan saja bahasa yang sederhana agar anak anda mudah memahaminya.

4. Beri Motivasi Penuh

Komunikasi dengan anak harus menjadikan motivasi bagi anak. Beri anak anda kebebasan dan biarkan anak anda bereksplorasi dengan dunianya. Karena hal tersebut bisa menambah pengetahuan dan nilai lebih pada mereka.

5. Menghargai Prestasi Anak

Kadang kala anak kita sedang mendapatkan kegagalan, oleh karena itu anda harus menghibur anak anda dan mengatakan bahwa kegagalan bisa menjadikan pelajaran bagi kita semua. Beri pujian pada anak atas apa yang telah di perjuangkan nya. Sehingga hal tersebut tidak membuat anak menjadi patah semangat.

6. Menanggapi Sesuatu Dengan Sabar

Kadang kala anak sangat ingin bercerita dengan segala hal yang telah ia lalui atau lakukan. Meskipun kita sedang lelah, usahakan anda menanggapi cerita anak anda dengan sabar. Beri tanggapan positif tentang kegiatan apa saja yang telah di lakukannya.

7. Mengajak Anak Berdiskusi

Jangan membahas masalah keluarga di depan anak, jika mereka tidak cukup baik untuk memahami itu secara positif. Namun, berikan mereka porsi untuk ikut memberi masukan terhadap masalah keluarga. Itu membuat anak merasa lebih dihargai.

Leave a Comment