Kesehatan Wanita

Buruknya Efek Pil KB Bagi Kesehatan Wanita

Telah banyak orang ketahui bahwasannya ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh para wanita untuk mencegah terjadinya kehamilan, salah satunya adalah dengan menggunakan alat kontrasepsi seperti pil kb. Namun, kekhawatiran akan muncul dalam diri para wanita jika pil KB terbukti memberikan efek samping yang buruk bagi kesehatan wanita.

Efek Pil KB Bagi Kesehatan

Mencegah buruknya efek pil kb adalah langkah tepat yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan wanita. Oleh sebab itu, sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan pil kb, Anda dianjurkan untuk konsultasi ke dokter agar mendapatkan penjelasan mengenai kegunaan pil kb. Hal ini bertujuan agar Anda memahami manfaat, tujuan serta efek pil kb.

Perlu Anda ketahui bahwa pil kb memiliki efek yang buruk bagi kesehatan wanita terutama jika digunakan dalam jangka waktu panjang. Penggumpalan darah merupakan salah satu efek pil kb bagi kesehatan terutama bagi Anda yang memiliki tekanan darah tinggi. Efek buruk dari penggunaan pil kb lainnya adalah sebagai berikut.

  1. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pil kb dapat meningkatkan resiko terjadinya kanker payudara pada wanita terutama bagi mereka yang masih berusia muda. Namun, resiko kanker payudara ini dapat menurun dengan sendirinya setelah wanita tersebut menghentikan pemakaian pil kb.
  2. Penggunaan pil kb juga dapat berdampak pada peningkatan resiko kanker serviks. Meskipun resiko terjadinya pada kaum wanita yang aktif melakukan hubungan intim dan terinveksi virus HPV, namun penggunaan pil kb juga tidak menutup kemungkinan.
  3. Pada kebanyakan kaum wanita akan mengalami pendarahan abnormal saat pertama kali mereka menggunakan pil kb. Hormon buatan yang terkandung dalam pil kb bisa menyebabkan efek seperti kemurungan, kelelahan dan bercak pendarahan.
  4. Penggunakan pil kb juga menjadi salah satu penyebab penurunan dorongan melakukan hubungan seksual. Tidak hanya itu saja, hormon yang terkandung di dalam pil kb juga dapat memperburuk kondisi tersebut.
BACA JUGA:  5 Macam Gangguan Menstruasi Pada Wanita

Begitu banyaknya efek buruk penggunaan pil kb bagi kesehatan wanita. Sehingga, penting bagi Anda kaum wanita untuk mengkonsultasikan pada dokter atau ahli kesehatan sebelum Anda memutuskan menggunakan pil kb. Sesuaikan juga dengan kondisi tubuh dan riwayat kesehatan Anda.

 

sumber gambar : http://4.bp.blogspot.com/-1vB9erghK0Y/VCJXx24MS-I/AAAAAAAACI8/6XYKIV67m6Y/s1600/efek%2Bsamping%2Bpil%2BKB.jpg

Produk Menarik untuk Anda:

Feminine Instant Spray Untuk Mengatasi Keputihan

Feminine Instant Spray Untuk Mengatasi Keputihan

Feminine Instan Spray merupakan solusi tepat untuk mengatasi keputihan dan berbagai masalah pada organ intim ....
Tisu Manjakani, Menjaga Kesehatan Organ Reproduksi Wanita

Tisu Manjakani, Menjaga Kesehatan Organ Reproduksi Wanita

Tisu manjakani di produksi khusus untuk wanita sebagai tisu kesehatan yang dapat digunakan untuk menjaga ....
Mustika Dara, Herbal Alami Untuk Kewanitaan

Mustika Dara, Herbal Alami Untuk Kewanitaan

Mustika dara merupakan herbal alami yang special diramu untuk para istri yang ingin membahagiakan suaminya. ....