Kesehatan Wanita, Perawatan Payudara

Faktor Penyebab Nyeri Pada Payudara

Share Yuk!

Nyeri pada payudara merupakan hal biasa yang sering dialami oleh wanita dan mereka mungkin akan merasakan gejala yang berbeda-beda. Beberapa payudara pada wanita akan terasa nyeri ketika mereka sedang haid, sementara itu pada beberapa kasus lain wanita akan merasakan nyeri pada payudara pada keseluruhan siklus.

Penyebab Nyeri Pada Payudara

Berdasarkan penelitian, lebih dari 70% wanita akan mengalami rasa nyeri pada payudara atau rasa sakit yang disebut dengan mastalgia. Rasa sakit atau nyeri pada payudara tersebut disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Ketidak seimbangan Hormonal

Faktor utama penyebab nyeri pada payudara adalah perubahan hormonal atau ketidakseimbangan hormon dalam tubuh. Siklus menstruasi, masa kehamilan dan menopause adalah penyebab umum dari perubahan hormonal pada kaum wanita. Biasanya nyeri pada payudara tersebut disebabkan karena hormon estrogen pada wanita berkurang.

2. Pemakaian Bra Terlalu Ketat

Menggunakan bra yang terlalu ketat bisa menyebabkan nyeri pada payudara. Karena, bra yang ketat tidak akan memberikan ruang yang luas untuk payudara bernapas. Bisa juga karena payudara pada wanita sedang mengalami pertumbuhan dan Ia tidak mengetahuinya.

3. Kafein Berlebihan

Wanita yang mengkonsumsi kafein secara berlebihan akan cenderung merasakan sakit atau nyeri pada payudara. Karena, pada dasarnya kafein memang tidak baik bagi kesehatan tubuh wanita apalagi jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak dan secara terus menerus. Jadi jika payudara Anda terasa sakit atau nyeri, cobalah untuk mengurangi asupan kafein.

4. Efek Samping Obat

Nyeri pada payudara juga dapat disebabkan karena efek samping penggunaan obat-obatan. Beberapa jenis obat-obatan memiliki dampak yang buruk terhadap produksi hormon estrogen dalam tubuh. Padahal hormon estrogen ini penting bagi payudara agar tetap sehat dan baik. Jika Anda merasakan sakit atau nyeri pada payudara yang mengganggu, cobalah untuk cek obat-obatan yang Anda konsumsi saat itu. Tanyakan pada dokter apakah obat-obatan tersebut memiliki efek samping bagi kesehatan payudara.

BACA JUGA:  Cara Menghilangkan Keputihan Secara Tradisional

5. Kista

Apakah nyeri pada payudara yang Anda rasakan disertai dengan adanya benjolan? Jika benar, maka sebaiknya dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Karena tidak menutup kemungkinan rasa nyeri karena adanya benjolan pada payudara tersebut adalah kista. Akan sangat berbahaya jika kista payudara tidak segera diobati, maka kista akan berkembang menjadi kanker payudara.

Kenalilah rasa nyeri pada payudara yang Anda alami. Jika terjadi sesuatu yang mengganjal sebaiknya segera periksakan ke dokter. Karena bagaimana pun juga mencegah lebih baik dari pada mengobati.

sumber gambar : http://klikdokter.com/uploads/health_highlights/no%20bra%20day%20kanker%20payudara.jpg
Share Yuk!

Produk Menarik untuk Anda:

Membesarkan Payudara dengan Hoshi Breast Cream

Membesarkan Payudara dengan Hoshi Breast Cream

Hoshi cream adalah cream pembesar payudara yang sudah lulus uji BPOM yang aman digunakan. Cream ....
ORIS Breast Cream, Cara Aman Mengencangkan Payudara

ORIS Breast Cream, Cara Aman Mengencangkan Payudara

ORIS Breast Cream adalah produk pengencang payudara yang membuatnya tampak lebih besar. Terbuat dari Ekstrak umbi ....
Cream Dara,Mengencangkan Payudara dan Memperbesar Payudara

Cream Dara,Mengencangkan Payudara dan Memperbesar Payudara

Cream dara adalah salah satu cream yang bermanfaat untuk memperbesar payudara dan mengencangkan payudara. Mempunyai ....