Kesehatan Wanita

Bahaya Rokok Bagi Kesehatan Wanita

Rokok dapat diumpamakan sebagai pabrik bahan kimia karena rokok menyimpan ribuan macam bahan kimia. Dalam sebatang rokok mengandung 3-6% CO yang jika masuk ke dalam peredaran darah maka dapat mengurangi kemampuan hemoglobin darah untuk mengikat oksigen sehingga bisa mengganggu kesehatan tubuh.

Bahaya Rokok Bagi Kaum Wanita

Berdasarkan data yang diperoleh, sekitar 20% dari penduduk dunia di berbagai penjuru Negara merupakan perokok aktif. Bahaya yang bisa ditimbulkan dari merokok disinyalir lebih berat dialami oleh kaum wanita jika dibandingkan oleh kaum pria. Dimana bahaya rokok tersebut tidak hanya rentan terhadap penyakit jantung, paru-paru dan kanker tetapi juga berbahaya bagi organ reproduksi wanita.

Berikut ini adalah bahaya rokok bagi kesehatan wanita khususnya pada organ reproduksi wanita yang patut Anda ketahui dan perhatikan.

1. Wanita akan merasakan sulit hamil

Kebiasaan merokok mengganggu sistem kesehatan tubuh dan juga mengakibatkan seorang wanita sulit untuk mendapatkan kehamilan bahkan mandul dan juga memiliki kemungkinan mengalami menopause lebih awal. Resiko lain yang mungkin dialami sebelum dan sesudah kehamilan adalah varises, toksemia, sembelit, preeklamsia sampai dengan pusing-pusing.

2. Wanita akan mengalami resiko keguguran hingga 8-10 kali lebih tinggi

Fakta ini harus menjadi perhatian khusus bagi Anda para wanita yang memiliki kebiasaan buruk merokok, karena kebiasaan merokok pada periode perikonseptional akan sangat beresiko mengalami keguguran hingga 8-10 kali lebih tinggi jika dibandingkan dengan wanita yang tidak merokok.

3. Mengalami kelainan dalam kehamilan

Wanita yang memiliki kebiasaan merokok akan mengalami gangguan pada organ reproduksi wanita sehingga berdampak pula pada kelainan kehamilan. Kelainan tersebut diantaranya adalah ketuban pecah sebelum waktunya, gangguan pada plasenta, kelahiran prematur, berat badan bayi cenderung rendah dan lain sebagainya.

BACA JUGA:  Fungsi Hormon Estrogen Bagi Kesehatan Wanita

4. Haid menjadi tidak teratur

Kebiasaan merokok dapat membahayakan kesehatan wanita dan menyebabkan gangguan haid karena nikotin yang terkandung didalam rokok mempengaruhi metabolisme hormon estrogen dimana hormon estrogen tersebut bertugas mengatur proses haid. Gangguan metabolisme hormon tersebut kemudian akan menyebabkan haid menjadi tidak teratur dan wanita tersebut akan mengalami nyeri perut yang berlebihan pada saat sedang haid.

Itulah beberapa bahaya rokok bagi kesehatan wanita dan organ reproduksi wanita, semoga bisa menjadi perhatian dan memberikan banyak manfaat bagi kaum wanita. Salam sehat.

 

sumber gambar : http://community.sunny7.at/upload/quizzes/1374662746538c65f3ca55e7.44345131_quizzes_main_big.jpg

Produk Menarik untuk Anda:

Powder Datse Lollen, Serbuk Kurma untuk Kesuburan

Powder Datse Lollen, Serbuk Kurma untuk Kesuburan

Powder Datse Lollen  adalah herbal tradisional yang berupa serbuk kurma, yang sudah terbukti bermanfaat untuk membantu kesuburan pasangan ....
Golden Sirsak Herbal Anti Kanker (Minyak dalam Kapsul)

Golden Sirsak Herbal Anti Kanker (Minyak dalam Kapsul)

Golden Sirsak Adalah Kapsul Minyak dari daun sirsak yang berkhasiat untuk mengobati berbagai macam penyakit. ....