Tumbuh Kembang Anak

9 Cara Melatih Sosialisasi Anak

9-cara-melatih-sosialisasi-anakMelatih sosialisasi anak sangatlah penting dalam tumbuh kembang sang anak menghadapi dunia luar. Karena sosialisasi dapat memupuk rasa percaya diri serta hal tersebut dapat membuat sang anak memiliki banyak teman. Biasanya sang anak akan dengan alamiah memiliki bawaan sosialisasi dengan orang lain, namun ada juga anak yang agak sulit dalam bersosialisasi dengan orang lain. Berikut ini ada beberapa cara agar sang anak mudah dalam bersosialisasi dengan orang lain :

1. Suasana Kekeluargaan Yang Terbuka

Lingkungan pertama seorang anak adalah keluarga mereka sendiri. Oleh karena itu buatlah suasana keluarga anda menjadi keluarga yang terbuka, sering ajaklah anak anda mengobrol dan membicarakan hal – hal yang menarik bagi sang anak. Usahakan sang anak juga menceritakan apa saja yang telah ia alami seharian ini.

2. Kenalkan Anak Dengan Orang Yang Kita Kenal

Ajaklah sang anak ketika anda sedang pergi mengunjungi sanak saudara anda. Kenalkan lah anak anda dengan anak dari sanak saudara anda, dan latihlah sang anak agar bisa beradaptasi dengan saudaranya sendiri. Atau anda juga bisa mengajak anak anda ketika anda sedang bertemu dengan teman anda atau dengan tetangga sekitar.

3. Jelaskan Arti Teman Pada Anak Anda

Beritahu anak anda bahwa teman memiliki arti yang penting bagi seseorang. Terlebih ketika sudah memasuki masa sekolah, pasti akan membutuhkan teman. Karena biasanya kita akan bermain, belajar dan mengerjakan tugas bersama teman.

4. Jangan Terlalu Protektif Terhadap Anak Anda

Jangan terlalu melarang anak anda melakukan sesuatu, misalnnya saja sepulang sekolah ingin bermain kerumah temannya, atau hanya sekedar menelfon temannya. Biarkan saja sang anak bereksplorasi dengan keinginannya selama kita masih bisa mengawasi anak kita.

5. Bangkitkan Rasa Percaya Diri Sang Anak

Mungkin anak kita tidak percaya diri dengan dirinya sendiri ketika bergaul. Oleh karena itu ini merupakan tugas bagi orang tua, yakni membangkitkan kepercayaan diri sang anak. Anda bisa mulai dengan mengajak sang anak mengobrol, menceritakan apa yang menjadi keluh kesah sang anak.

6. Dorong Anak Dalam Beraktivitas Kelompok

Ketika sang anak memasuki usia sekolah, biasanya di lingkungan sekolah akan ada extra kegiatan atau bisa juga dengan les privat. Ajak sang anak agar mau bergabung dengan klub yang ada di sekolahnya atau bisa juga anda memasukkan dalam les yang menjadi minat anak anda.

7. Beritahu Anak Tentang Etika Bergaul

Jangan lupa juga anda memberitahu anak anda etika ketika bergaul dengan orang lain. Misalnya ketika anak anda sedang bergaul dengan teman sebaya atau dengan teman yang lebih tua ajarkan anak anda untuk menghormati siapapun orang nya baik itu teman sebaya ataupun teman yang lebih tua dari anak anda.

8. Beri Anak Anda Contoh

Anak akan mudah mengingat dengan apa yang dilihat nya, oleh karena itu ada baiknya anda memberikan contoh pada anak anda. Misalnya saja ketika anda sedang lewat didepan rumah tetangga anda menyapa mereka, maka anak anda akan belajar menyapa ketika bertemu dengan orang lain.

9. Biarkan Anak Anda Berekspresi

Biarkan anak anda berekspresi dengan minat dan bakatnya. Jangan larang anak anda, karena dapat membuat anak anda menjadi kurang percaya diri nantinya.

 

Produk Menarik untuk Anda:

Sprei Waterproof Import 200 x 200

Sprei Waterproof Import 200 x 200

Sprei waterproof  merupakan sprei anti air dengan bahan yang berkualitas import. Dengan sprei ini, bunda ....
Pembalut Kain Jelita-V Jumbo Motif

Pembalut Kain Jelita-V Jumbo Motif

Jelita-V Jumbo Motif merupakan inovasi produk pembalut kain cuci ulang dari Jelita-V yang aman, nyaman.  ....
Ayla Natural Beauty Treatments, Paket Herbal Kecantikan Wajah

Ayla Natural Beauty Treatments, Paket Herbal Kecantikan Wajah

Ayla natural beauty treatments adalah paket herbal kecantikan wajah yang baik untuk kecantikan kulit wajah. ....