7 Cara Mengatasi Kolik Pada Bayi

7-cara-mengatasi-kolik-pada-bayiKolik pada bayi adalah situasi dimana bayi yang dalam kondisi sehat sering menangis secara berlebihan. Kolik adalah masalah yang umum terjadi 25% pada bayi. Jadi anda sebagai orang tua yang mungkin masih baru hal tersebut bukanlah sesuatu hal yang terlalu untuk di khawatirkan. Kolik pada bayi biasanya terjadi pada bayi yang beberapa minggu awal baru lahir hingga bayi berusia 4 bulan. Berikut ini ada beberapa cara mengatasi kolik pada bayi.

1. Pastikan apa yang menjadi penyebab bayi menangis terlebih dahulu. Bisa jadi bayi anda menangis karena lapar, mengantuk, leleh, ingin di gendong atau ia buang air. Jika salah satu dari beberapa hal tersebut yang menyebabkan bayi anda menangis maka hal tersebut tidak perlu di khawatirkan.

2. Sebaiknya ibu menyusui tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung gas seperti kafein, kubis, bawang, brokoli.sehingga dapat menjaga kesehatan bayi anda.

3. Bila anda menggunakan susu formula pada bayi anda pastikan bahwa bayi anda cocok dengan susu formula tersebut dan anda juga harus memastikan bahwa bayi anda tidak memiliki alergi pada susu formula.

4. Tenangkan bayi anda dengan menggendong atau menimang – nimang bayi anda.Selain itu anda juga bisa mengajak bayi anda untuk berjalan – jalan sambil di gendong.

5. Buat lingkungan bayi setenang mungkin. Hindarkan dari suara gaduh, bising anda juga bisa mengatur pencahayaan yang tidak terlalu terang pada kamar bayi anda.

6. Jangan memberikan susu atau menyusui bayi anda secara berlebihan

7. Memandikan bayi dengan air hangat bisa membuat bayi anda lebih rileks dan nyaman. Selain itu memandikan bayi dengan air hangat saat kolik bisa mengalihkan perhatian bayi anda.

Jika semua kebutuhan dasar bayi sudah terpenuhi dan bayi masih terus menangis, konsultasikan ke dokter untuk memastikan ada atau tidaknya masalah kesehatan yang menyebabkan bayi menangis.  Dokter akan merekomendasikan beberapa cara untuk mengatasi kolik pada bayi yang mungkin bisa membantu.  Sering kali Orang Tua menemukan sendiri cara untuk menenangkan bayi kolik.

Leave a Comment