Parenting

7 Alasan Kenapa Orangtua Harus Membatasi Anak Menonton TV

7-alasan-kenapa-orangtua-harus-membatasi-anak-menonton-tvMembatasi anak menonton televisi tidaklah mudah, apalagi anak – anak memang senang sekali menonton televisi, Selain kini acaranya sudah beragam televisi memiliki peran tersendiri dalam memberikan hiburan bagi sang anak. Namun jika anak keseringan menonton televisi merupakan hal yang tidak baik. Berikut ini beberapa alasan kenapa orangtua harus membatasi anak menonton televisi.

1. Terganggu nya pola tidur sang anak

Anak memiliki waktu tidur sesuai dengan usianya. Hal ini agar dapat memaksimalkan pertumbuhan sang anak. Namun jika sang anak menghabiskan waktu mereka dengan menonton televisi maka akan membuat pola tidur sang anak menjadi berkurang. Sehingga hal tersebut membuat perkembangan anak menjadi terganggu.

2. Kurangnya waktu bermain anak

Masa kanak – kanak adalah masa bermain, seharusnya anak – anak menghabiskan waktu mereka dengan bermain beberapa permainan dengan teman sebaya. Karena bermain sendiri memiliki beberapa manfaat yaitu bisa melatih perkembangan motorik kasar dan halus anak, serta melatih cara bersosialisasi anak. Jika anak terlalu banyak menonton televisi maka masa – masa tersebut akan terlewatkan oleh anak.

3. Dapat merusak penglihatan

Menonton televisi dengan jarak dekat bisa merusak penglihatan sang anak. Apalagi dengan intensitas waktu yang lama. Walaupun sekarang ini sudah banyak di jumpai televisi layar datar namun masih saja terdapat radiasi sinar dari layar tersebut. Apalagi jika penerangan lampu di rumah yang kurang terang akan membuat mata menjadi cepat lelah.

4. Tubuh menjadi kurang bergerak

Menonton televisi berlama – lama akan membuat anak menjadi malas bergerak. Sehingga tidak bisa membakar kalori yang berlebihan dari asupan makanan nya. Selain itu terlalu sering duduk menonton televisi bisa menghambat perkembangan fisik mereka.

BACA JUGA:  Membangun Komunikasi Produktif Dengan Anak

5. Pemicu Perilaku Negatif

Sekarang ini sudah banyak acara televisi yang beredar. Namun pada jam yang seharusnya memberikan tontonan yang mendidik bagi anak kini malah berisi sinetron yang sebenarnya untuk orang dewasa. Jika sang anak menonton tayangan yang tidak sesuai dengan usianya, hal tersebut bisa memicu perilaku yang negatif yang di tampilkan pada televisi yang bisa di tiru oleh sang anak.

6. Tubuh tidak vit

Anak – anak biasanya sangat senang bergerak ke sana kemari. Namun jika sang anak kebanyakan menonton televisi akan membuat anak menjadi malas bergerak. Sehingga hal tersebut akan mempengaruhi kelenturan dan daya tahan tubuh sang anak.

7. Kegemukan

Jika sang anak tidak aktif bergerak dan hanya duduk diam menonton televisi hal tersebut bisa memicu kegemukan pada sang anak. Karena anak tidak dapat membakar lemak yang ada di dalam tubuh dan juga dapat memicu sang anak lebih suka mengemil sambil menonton televisi.

 

Produk Menarik untuk Anda:

Pembalut Kain Jelita-V Standar Motif

Pembalut Kain Jelita-V Standar Motif

Pembalut Kain Jelita-V Standar Motif merupakan pembalut yang dirancang khusus untuk wanita yang aktif di ....
Buku Aktivitas Bertema Membangun Gedung

Buku Aktivitas Bertema Membangun Gedung

Buku aktivitas merupakan buku yang disusun untuk membantu mengembangkan kemampuan dasar anak usia 4-6 tahun. ....
Mini Bowling Menarik Untuk Mainan Anak

Mini Bowling Menarik Untuk Mainan Anak

Mini Bowling merupakan permainan edukatif anak karena berguna untuk melatih konsentrasi dan ketangkasan anak. Anak-anak ....
Sprei Anti Air Untuk Buah Hati Anda

Sprei Anti Air Untuk Buah Hati Anda

Sprei Waterproof /Sprei anti air adalah pelindung kasur/springbed sehingga kasur/springbed tetap bersih dan kering Dirumah ada ....