5 Tips Anak Mahir Bahasa Asing

5-tips-anak-mahir-bahasa-asingDi era modern ini penting bagi anak mahir bahasa asing. Namun tidak harus juga kita memaksakkan kehendak agar sang anak mengikuti apa kemauan kita. Akan bermanfaat jika anak  menguasai lebih dari satu bahasa. Dan Anda bisa mengenalkan bahasa asing kepadanya sejak ia  berusia 3 tahun. Karena saat anak usia 3 tahun merupakan periode yang tepat untuk melatih anak berpikir, belajar bahasa, dan bersikap baik.
Berikut ini beberapa tips yang bisa anda lakukan agar anak mahir bahasa asing :

1. Sering-sering memutar CD lagu-lagu berbahasa asing

Jika anda ingin anak anda mahir berbahasa inggris anda bisa memutarkan lagu anak – anak yang berbahsa inggris. Dengan begitu telinga sang anak akan terbiasa mendengarkan bahasa inggris.

2. Ciptakan lingkungan yang mendukung

misalnya dengan memilih prasekolah yang menggunakan dua bahasa. Sekolah seperti itu sekarang sudah banyak ditemukan.

3.Menyebut benda dengan bahasa asing

Biasakan menyebut  benda yang akrab dengan anak dengan dua bahasa misalnya, bola (ball) atau sepatu (shoes) dengan dua bahasa. Atau ketika anda sedang berbicara dengan anak anda bisa menggunakan bahasa asing.

4. Jika Anda dan pasangan bilingual

Usahakan anak hanya bicara dengan satu bahasa dengan Anda dan pasangan. Misalnya, anak hanya bicara bahasa Inggris dengan Anda dan bahasa Indonesia dengan ayahnya. Atau sebaliknya.

5.Belikan mainan yang bisa mendengarkan bahasa asing

Saat Anda membeli mainan, games, atau CD yang memperdengarkan kata-kata, pastikan kata-katanya diucapkan oleh native speaker, pengguna bahasa tersebut. Dengan itu anak bisa meniru aksen yang benar dengan baik.

Leave a Comment