Pendidikan & Psikologi

Perkembangan Otak Anak Tahun Pertama Dan Kedua

Seringkali kita sebagai orangtua tidak tahu apa yang harus dilakukan terhadap anak dengan usia-usia tertentu. Dan apa akibatnya jika kita kita keliru menangani anak-anak sesuai dengan tingkatan usianya. Tentu saja berakibat pada optimasi tumbuh kembang dan kecerdasannya.

Sebenarnya di beberapa artikel yang lain saya sudah banyak mengemukakan mengenai ini. tapi saya mencoba mengulasnya lagi secara ringkas yang saya ambil dari buku Farid Poniman (penemu metode STIFIn), agar menjadi penguat dan pengingat bagi kita orangtua. Dan kebetulan saya saat ini memiliki bayi, jadi bahasan ini menjadi sangat menarik bagi saya dan juga sangat menarik untuk membagikannya kepada anda.
Perkembangan Pada Tahun Pertama
anak belajar vocabularyPada tahun ini yang berkembang pada bayi adalah pada otak kiri bagian dalam. Pengetahuan tentang nama-nama adalah hal yang paling penting pada tahun pertama ini. Perbanyaklah bicara dengannya karena otaknya sedang haus dengan vocabulary baru. Jika pada tahun pertama ini bayi tidak sering di ajak bicara justru memperlambat pertumbuhan otak kiri dalamnya. Jangan khawatir anda dianggap orang gila karena berbicara dengan bayi yang   masih baru keluar dari perut ibunya.
Perkembangan Pada Tahun Kedua
perkembangan emosional bayiPada tahun kedua ini pertumbuhan bayi berganti program. Pada umur dua tahun bayi mulai belajar tentang perasaan dan kasih sayang. Pada tahun ini berilah kasih sayang yang cukup karena limbik kanan bagian luar sedang membesar. Bentakan dan kekerasan pada usia ini akan membekas dan melukai hatinya. perbanyaklah ia berinteraki dengan orang lain terutama yang sebaya dengannya. Kemampuan komunikasi non verbal pada umur dua tahun ini begitu penting untuk pembesaran otaknya.
masih ada  lanjutannya sampai tahun ke 63. saya akan tulis lain waktu insyaAllah…