Kesehatan

Manfaat Minum Air Putih Pada Pagi Hari

konsumsi air putihTubuh kita membutuhkan minimal 8 gelas air minum dalam sehari. Dan salah satu waktu yang paling baik untuk minum air putih adalah saat pagi hari setelah kita bangun tidur. Manfaat minum air putih di pagi hari memang benar dan sudah banyak orang yang membuktikannya. Saat pagi hari, tubuh kita terbangun dari istirahat dan proses pemulihan selama semalaman, dan selama itupun tubuh kita kehilangan banyak cairan. Jadi sangat dianjurkan untuk minum air putih begitu kita bangun tidur. Nah, bagi Anda yang masih belum terbiasa melakukan hal itu, Anda perlu tahu apa sih manfaat minum air putih di pagi hari, Agar Anda semakin mantap dan rutin melakukannya. Berikut kami informasikan manfaat minum air putih pada pagi hari yaitu:

Meningkatkan aliran darah

Minum air pada pagi hari akan meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh serta membantu merontokkan racun di dalam tubuh. Bahkan konsumsi air putih rutin setiap pagi setelah bangun tidur bisa membuat kulit tidak terlihat kusam sehingga wajah menjadi cantik dan berkilau.

Meningkatkan produktifitas dalam tubuh

Minum air di pagi hari akan meningkatkan produksi darah yang baru dan sel-sel tubuh baru. Sehingga tubuh akan segar setiap hari.

Mengembalikan cairan tubuh

Ketika tidur walau tidak melakukan aktifitas namun cairan tubuh dapat berkurang karena ketika tidur tubuh mengalami penguapan. Karena itu, minum air putih ketika bangun tidur sangat baik untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang. Sehingga tubuh akan segar kembali. Selain itu minum di pagi hari juga dapat mencegah mulut kering.

Menurunkan berat badan

Ingin tubuh Anda mudah langsing? Cobalah minum dua gelas air setiap bangun tidur. Rajin minum air di pagi hari bisa meningkatkan metabolisme tubuh sebanyak 24% saat itu juga. Bagi Anda yang sedang dalam program diet, disarankan untuk minum air hangat pada pagi hari, karena bisa merusak timbunan lemak dalam tubuh. Rasa lapar juga akan tertunda jika Anda minum  air putih setelah bangun tidur.

Menambah darah

Saat Anda merasa lemas, pusing dan anemia, ada baiknya minum air dalam jumlah yang cukup. Dengan begitu, kita bisa membantu tubuh membentuk sel darah yang baru dan membantu pembentukan sel otot.

Membersihkan usus

Dengan meminum air dalam keadaan perut kosong, artinya kita membantu memurnikan usus dan membuatnya lebih mudah menyerap nutrisi makanan yang masuk berikutnya.

Menyembuhkan sembelitkangen water

Masalah sembelit muncul akibat kurangnya cairan dalam tubuh, sehingga mengurangi gerakan usus. Minum segelas air hangat saat perut kosong di pagi hari dapat meningkatkan gerakan usus dan menyembuhkan sembelit. Air hangat dapat memecah partikel makanan dan melewatinya melalui usus.

Begitu banyaknya manfaat yang dapat diperoleh dari minum air putih di pagi hari. Saat puasa seperti sekarang ini, minum air putih bisa Anda ganti saat bangun tidur sebelum sahur. Walau kebiasaan ini mungkin hal yang sepele, namun ternyata memberikan segudang manfaat sehingga akan sangat sayang sekali jika melewatkannya. Untuk mendapatkan manfaat lebih dari air putih, sebaiknya Anda mengkonsumsi air dengan pH basa seperti air kangen.

sumber gambar:
1. http://www.freesofttop.com/_nw/78/85733250.jpg
2. //pondokibu.com/uploads/2013/04/Kangen-Water.jpg