makanan peningkat kesuburanKetika sepasang suami istri memutuskan bahwa mereka siap untuk menjadi orang tua, mereka sering menerapkan perubahan dalam gaya hidup untuk meningkatkan kesehatan dan membantu mempersiapkan diri untuk menjadi orang tua.

Makanan sangat penting untuk meningkatkan kesuburan dalam persiapan kehamilan. Beberapa studi telah menunjukkan bahwa perubahan spesifik dalam asupan nutrisi sehari-hari dapat memperbesar tingkat ovulasi yang sehat, mencegah keguguran berulang dan mendukung kehamilan yang sehat.

Nutrisi memainkan peranan besar untuk mendapatkan tubuh dan sistem reproduksi yang baik. Bahan dasar pembuat hormon dalam tubuh berasal dari makanan yang kita makan. Antioksidan yang terkandung dalam makanan juga membantu melindungi telur dan sperma dari radikal bebas.

Serangan radikal bebas pada spermatozoa kemungkinan dapat menyebabkan sel tersebut cacat. Misalnya terjadi abnormalitas pada bagian ekor atau kepala, sehingga mempengaruhi mobilitas(daya gerak) dalam mencapai dan membuahi sel telur. Akibatnya, sulit terjadi proses kehamilan.

Sebaliknya, serangan radikal bebas pada sel telur wanita juga akan berdampak buruk, sehingga proses pembuahan tidak dapat berlangsung dengan baik. Sama seperti nutrisi dalam makanan dapat membantu untuk kesuburan, ada beberapa makanan dan bahan kimia ditambahkan ke dalam makanan yang kurang bagus untuk kesuburan. Berikut adalah jenis-jenis makanan yang bisa meningkatkan kesuburan:

  • Sayuran dan buah organik. Karena selain gizinya lebih baik, juga bebas pestisida yang dapat berdampak buruk bagi kesuburan. Buah dan sayur kaya serat, terbukti dapat menormalkan kadar gula darah yang menurunkan masalah kesuburan seperti PCOS, imunitas dan meningkatkan keseimbangan hormon. Buah juga kaya antioksidan yang baik untuk kesuburan, dan buah seperti jeruk dan citrus, strawberry kaya asam folat. Buah yang berwarna cerah semakin lebih banyak kandungan nutrisinya. Jauhi segala macam buah dan sayuran kalengan karena memiliki nilai gizi yang sangat sedikit dan penuh dengan bahan pengawet dan pemanis buatan.
  • Hindari Lemak jahat yaitu lemak trans dan lemak jenuh, tapi konsumsilah lemak baik yaitu lemak tak jenuh tunggal (monounsaturated fat) dan lemak tak jenuh majemuk (polyunsaturated fat). Hindari lemak trans, semakin banyak dikonsumsi, maka semakin tinggi infertilitasnya. Lemak trans terbentuk dari minyak sayur cair yang mengalami proses kimia, yaitu hidrogenasi, dimana hidrogen ditambahkan untuk membuat minyak goreng lebih murni. Minyak sayur jenis ini biasa digunakan untuk makanan olahan, karena bisa membuat makanan awet dan memberi bentuk, tekstur, dan rasa yang enak. Makanan yang menggunakan minyak goreng jenis ini, misalnya makanan gorengan, kraker, kue olahan, kripik kentang, donat, kue-kue, dan makanan cepat saji. Sebaliknya, makanan yang mengandung lemak tak jenuh harus dikonsumsi. Lemak tak jenuh majemuk ditemukan dalam minyak wijen, jagung, kedelai, dan ikan salmon. Sumber lemak tak jenuh tunggal ada di dalam minyak zaitun, minyak kacang, dan alpukat.
  • Jenis ikan yang baik untuk kesuburan misalnya: ikan salmon, sarden, ikan cod, ikan kembung, ikan kakap. Ikan-ikan jenis ini penting karena mengandung asam lemak esensial (omega 3) yang merupakan bahan dasar produksi hormon, mengurangi peradangan, dan membantu mengatur siklus menstruasi. Ikan juga merupakan sumber protein dan vitamin A.
  • Susu “Whole Milk”, Yogurt “Full Fat” dan Es Krim adalah termasuk fertility foods. Mungkin susah diterima mengapa makanan yang terkesan “membuat gemuk” itu bermanfaat untuk kesuburan, tapi penelitian di Harvard menyimpulkan bahwa wanita yang mengkonsumsi makanan ini memiliki probem ovulasi yang lebih sedikit dibandingkan wanita yang minum susu low fat (yang telah dihilangkan lemaknya). Susu juga mengandung kalsium yang merupakan nutrisi kesuburan penting. Riset memperkirakan bahwa ketika lemak disingkirkan dari susu, hormon di dalamnya berubah negatif sehingga mempengaruhi kesuburan seseorang. Tambahkan asupan susu whole milk untuk meningkatkan kemungkinan kehamilan Anda.
  • Makan roti atau biskuit gandum atau beras merah yang kaya serat, vitamin dan bahan-bahan yang mendukung kekebalan tubuh. Kenapa serat penting? Serat membantu tubuh untuk membuang kelebihan hormon dan membantu untuk menjaga gula darah seimbang. Roti gandum adalah sarapan yang lebih baik daripada roti putih atau nasi bagi pasangan yang sedang mencoba untuk hamil.
  • Protein nabati dari kacang-kacangan lebih baik daripada protein hewani. Kacang tinggi kadar iron (zat besi) yang baik untuk kesehatan.
  • Hindari Kedelai dalam bentuk apapun kecuali bentuk fermentasi seperti miso dan tempe. Paling baik membatasi makanan berbahan dasar kedelai seperti susu kedelai dan tahu.
  • Karbohidrat kompleks.Dalam beberapa tahun terakhir, karbohidrat telah mendapat cap buruk. Banyak orang menghindari karbohidrat dengan alasan dapat membuat lingkar pinggang besar. Beberapa wanita yang sedang berusaha untuk hamil keliru jika mereka berpikir bahwa harus menghindari karbohidrat untuk mempertahankan berat badan mereka. Tidak semua karbohidrat diciptakan sama.Karbohidrat kompleks, seperti biji-bijian, tidak hanya sehat, tetapi dapat membantu meningkatkan kesuburan, tidak seperti karbohidrat yang ditemukan dalam roti olahan dan nasi putih. Ketika Anda mengonsumsi karbohidrat olahan, maka kadar gula darah dan insulin meningkat. Hal ini dapat mengganggu hormon yang bertanggung jawab untuk reproduksi, yang dapat menunda atau mencegah pembuahan.
  • Toge (kecambah) baik untuk kesuburan karena pada saat kacang-kacangan berkecambah terjadi hidrolisis karbohidrat, protein dan lemak menjadi senyawa yang lebih sederhana, sehingga mudah dicerna. Selama proses itu pula terjadi peningkatan jumlah protein dan vitamin, sedangkan kadar lemaknya mengalami penurunan. Tauge adalah sumber vitamin E yang merupakan antioksidan yang dapat melindungi sel dari serangan radikal bebas.
  • Telur. Banyak orang yang terkejut mengetahui bahwa telur merupakan makanan super kuat yang secara dramatis dapat meningkatkan kesehatan reproduksi. Telur kaya akan vitamin dan nutrisi penting seperti protein dan kolin. Asupan kolin sangat dibutuhkan sebelum dan saat kehamilan karena meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap asam folat. Asam folat sangat penting selama tahap prakonsepsi dan awal kehamilan untuk mencegah bayi lahir cacat saraf seperti spina bifida. Mengkonsumsi hanya satu telur per hari dapat meningkatkan kadar kolin yang cukup untuk meningkatkan penyerapan asam folat dua kali lipat.
  • Sayuran berdaun hijau. Selain semua antioksidan yang ditemukan dalam sayuran berdaun hijau seperti bayam dan kangkung, sayuran ini juga kaya dengan zat besi. Besi sangat penting untuk mempertahankan siklus menstruasi seimbang, karena banyak wanita yang kekurangan zat besi cenderung memiliki menstruasi yang tidak teratur. Ketika wanita mengalami gangguan pada siklus menstruasi mereka, mereka cenderung sulit untuk bisa hamil. Dengan memasukkan sayuran berdaun hijau ke dalam menu Anda setiap hari, Anda dapat meningkatkan kadar zat besi Anda secara signifikan hanya dalam satu bulan.
  • Kacang-kacangan dan biji-bijian. Kacang-kacangan dan biji-bijian dicerna lebih lambat di dalam tubuh, yang membantu mengatur tingkat insulin dan meningkatkan ovulasi. Selain itu, kacang-kacangan dan biji-bijian juga mengandung asam lemak Omega-3, asam lemak esensial yang memiliki efek langsung pada tingkat hormon. Kacang-kacangan dan biji-bijian juga sangat tinggi antioksidan. Selain menghilangkan radikal bebas, antioksidan membantu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  • Minyak zaitun. Sebagaimana disebutkan di atas, Omega-3 diyakini memiliki efek yang sangat besar pada peningkatan kesuburan. Omega-3 biasanya ditemukan pada minyak zaitun. Studi menunjukkan bahwa Omega 3 benar-benar dapat meningkatkan kualitas baik sperma atau pun sel telur, sehingga menjadi bagian penting dari diet kesuburan bagi pria dan wanita yang berusaha untuk hamil.

http://a8.sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-snc6/165116_160732613973189_109836965729421_311661_8382601_n.jpg