Jika Anak Anda Kejang

 

Jika Anak Anda KejangUmmu Ismail nampak panik melihat putra sulungnya kejang tiba-tiba. Suhu tubuhnya sangat tinggi. Padahal, satu jam yang lalu Ismail tertidur dengan tenang, dan suhu tubuhnya tidak setinggi itu. Ibu beranak dua tersebut bergegas memanggil tetangganya untuk meminta bantuan.

Apakah anak Anda juga pernah mengalami kejang-kejang? Apa yang Anda lakukan pertama kali untuk menolongnya?

Berikut adalah cara-cara yang dapat Anda lakukan untuk memberikan pertolongan pertama pada anak yang mengalami kejang-kejang:

Cobalah untuk tenang. Anda pasti khawatir, namun, cobalah untuk tenang dan tidak histeris. Ketenangan Anda akan memberikan hawa positif untuk anak Anda, juga lingkungan Anda. Percayalah, semua akan membaik.

Jauhkan anak dari benda-benda yang dapat membahayakannya. Ketika kejang, anak Anda akan mengalami benturan-benturan. Maka hindarkan barang-barang yang dapat melukainya.

Longgarkan baju agar ia tidak kesulitan bernafas. Setelah itu, miringkan posisinya agar jalan pernafasannya tidak terhambat. Jangan coba-coba membuka mulutnya karena ini akan dapat merusak gigi dan rahangnya. Jika ingin memberinya nafas buatan, berikan setelah anak tidak kejang lagi.

Kompres dengan air dingin jika suhu tubuhnya sangat tinggi. Pastikan pula Anda selalu berada di sisinya. Jika ia telah sadar, yakinkan anak Anda bahwa segalanya telah berlalu dan ia tidak perlu mencemaskannya lagi.

Sumber Gambar : http://intisari-online.com//media/images/977_kejang_demam_pada_anak.jpg

3 Komentar

  1. It sounds like you’re creating problems yourself by trying to solve this issue instead of looking at why their is a problem in the first place

Komentar