Setelah bekerja keras seharian orang memilih beristirahat dengan tidur untuk memulihkan kondisi badan agar fit lagi. Tetapi tidur yang tidak berkualitas justru bisa menyebabkan gangguan kesehatan, bisa bikin penyakit.

Contohnya saja bila orang salah posisi tidurnya bangun-bangun badan akan terasa sakit dan pegal-pegal. Benar nggak? Setiap orang pasti pernah mengalami tidur tidak nyaman.
Menurut C. Molloy dalam Singer Media dan Drs. Hartono Hdw ada beberapa saran agar tidur bisa terasa nyaman. Saran-saran tersebut sebagai berikut:

1. Memilih kasur
Kasur yang terlalu empuk bisa menyebabkan sakit punggung , sedangkan kasur yang terlalu kaku akan menyebabkan sakit leher dan bahu sebaiknya yang sedang-sedang saja. Jika anda tidur berdua perhatikan ukuran kasurnya apakah cukup besar untuk berdua.

2. Pilih Bantal yang tepat
Pilihlah bantal yang padat dan empuk. Bantal yang gepeng bisa mengganggu tulang belakang. Alas tidur yang nyaman memberikan tekanan tepat dikepala sehingga sirkulasi darah akan lancar.
3. Perhatikan Bahan Sprei
Bahan sprei hendaknya yang lembut karena sentuhan bahan sprei dengan kulit memberikan pengaruh pada suhu tubuh sehingga mempengaruhi kenikmatan tidur.

4. Perhatikan kamar tidur
Kamar tidur hendaknya buat tidur saja , tidak untuk bekerja. Bila membawa pekerjaan ke kamar tidur orang pasti cenderung kepikiran terus akan pekerjaannya sehingga tidur jadi tidak lelap

5. Buatlah jadwal  makan , tidur, dan bangun yang teratur.
Jadwal yang teratur akan membuat kebiasaan sehingga orang akan lebih nyaman  dan lelap tidurnya tanpa terganggu pikiran akan bangun terlambat dan waktu istirahatpun tercukupi.

6. Jangan menonton film menegangkan atau sedih sebelum tidur.
Menonton film tegang hanya akan membuat syaraf jadi tegang dan bisa terbawa mimpi yang membuat tidur tidak lelap.

7. Olahraga atau senam
Dengan olahraga atau senam pada pagi atau sore hari bisa membantu menghilangkan tekanan mental dan ketegangan otot. Dan jangan lakukan di malam hari karena bisa membuat adrenalin bergerak cepat.

8. Hindari Merokok dan minuman yang membuat sulit ngantuk
Merokok dapat mengusir  kantuk juga minuman yang mengandung kafein seperti kopi, teh, coklat.  Minum obat flu yang mengandung phenylpropanolamine bisa membuat sulit tidur. Juga hindari minuman yang mengandung alcohol di malam hari.

9. Teknik Relaksasi
Relaksasi otot progresif sangat tepat m,enjelang tidur. Pejamkan badan dan santaikan badan mulai dari ujung jari kaki . lakukan terus sampai ketegangan menurun dan anda mampu merilekskan badan. Selain teknik relaksasi bisa juga dengan meditasi, yoga atau mendengarkan music yang menenangkan bisa membantu tidur nyaman.

10. Hindari terlalu lama tidur siang atau sore
Karena tidur siang atau sore terlalu lama bisa menyebabkan anda susah tidur.

11.   Hindari suara Ribut dan lampu terlalu terang.
Suara bising dan lampu yang terlalu terang bisa menyebabkan orang sulit tidur. Untuk tidur orang butuh ketenangan. Jika tidak mengantuk juga kerjakan sesuatu yang tidak menegangkan sampai mengantuk.

Sumber” Aneka Resep Obat Kuno Yang Mujarab” MB. Rahimsyah-Sri Hartatik