Ide Bisnis, Mompreneur

Toko Kelontong Bisnis Sampingan Ibu di Rumah

bisnis toko kelontongToko kelontong adalah bisnis sampingan yang layak ditekuni oleh Ibu di rumah. Bisnis ini dapat dikerjakan di rumah karena lebih mudah dijangkau oleh banyak orang dan pastinya dapat memanfaatkan ruang kosong di rumah. Selain dapat mengerjakan bisnis ini, Anda juga dapat menyelesaikan pekerjaan rumah dan mengurus anak dengan baik.

Meskipun pada jaman sekarang ini, sudah banyak minimarket yang berjejer di pinggir jalan kecil ataupun jalan besar, namun hal itu tidak akan mempengaruhi pertumbuhan toko kelontong. Karena toko kelontong mulai banyak dibuka dalam perkampungan ataupun dalam gang kecil sehingga tidak terjangkau oleh minimarket. Dengan begitu, membuka bisnis toko kelontong di rumah cocok bagi para Mompreneur.

Persiapan Membuka Toko Kelontong

  1. Mempersiapkan modal finansial untuk membeli barang-barang yang dibutuhkan oleh toko kelontong.
  2. Menyediakan atau menjual barang-barang yang sering dibutuhkan oleh masyarakat setempat.
  3. Menyiapkan tempat atau ruangan khusus yang ada di teras rumah untuk menaruh barang-barang yang akan dijual. Selain itu, Anda juga perlu mencari toko grosir yang harganya terjangkau untuk menyuplai barang dagangan di toko kelontong Anda.

Pelaksanaan Usaha

  1. Menjual produk secara eceran pada masyarakat sekitar dan juallah barang yang sering digunakan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
  2. Membeli barang yang Anda perdagangkan pada toko grosir yang menerima pembelian via telepon dan mau mengantar sampai toko Anda. Sehingga Anda tidak perlu repot keluar dan menutup toko kelontong Anda untuk sementara.
  3. Membuat toko kelontong Anda mempunyai ciri khas, misalnya dengan memvariasi barang dagangan atau dengan selalu menjaga kebersihan dan kerapian toko.
  4. Harus sabar menunggu pembeli.
  5. Mempergunakan uang keuntungan atau modal dengan hati-hati.

Promosi dan Pemasaran

Untuk pemasaran toko kelontong yang masih tradisional dan berada diperkampungan, Anda dapat melakukan pemasaran dari mulut ke mulut, karena hal itu terbukti sangat efektif.

  1. Hambatan
  2. Timbulnya persaingan dagang.
  3. Sering timbul rasa bosan karena bisnis ini sifatnya hanya monoton, menunggu pembeli dan melayani pembeli di rumah.
  4. Keuntungan yang didapatkan tidak menentu, kadang untung besar dan kadang kecil karena banyaknya pembeli yang datang tidak setiap hari.

Demikian informasi mengenai peluang usaha toko kelontong bisnis sampingan ibu di rumah yang dapat Anda jadikan sebagai salah satu ide bisnis bagi Anda ibu rumah tangga yang ingin terjun di dunia bisnis. Selamat mencoba dan salam sukses selalu untuk seluruh mompreneur di Indonesia.

Sumber gambar : http://wirausahaindonesia.com/uploads/Ayo-Mulai-Usaha-Toko-Kelontong.jpg