Keluarga, Tumbuh Kembang Anak

Tips Menghentikan Rengekan Anak

Share Yuk!

tips menghentikan rengekan anakMerengek biasanya merupakan salah satu senjata anak untuk mendapatkan perhatian atau mendapatkan keinginan mereka. Sebagian orangtua kadang-kadang kesulitan menghentikan rengekan anak mereka.

Orangtua sering tidak tega ketika anak sudah mulai merengek atau merasa jengkel dengan rengekan anak sehingga cenderung memberikan apa yang anak inginkan untuk menghentikan rengekan anak.Meskipun kadang-kadang memberikan keinginan anak tidak bisa menghentikan rengekan anak.

Anak-anak merengek karena mereka tahu orangtua mereka tidak tahan dengan rengekan mereka. Dengan merengek anak-anak mendapatkan keinginannya. Untuk menghentikan rengekan anak orangtua harus mulai mendisiplinkan diri untuk tidak mudah menyerah terhadap rengekan anak.

Orangtua harus bisa memisahkan antara apa yang benar-benar anak butuhkan dengan keinginan anak.

Tips Menghentikan Rengekan

  • Ajarkan Komunikasi Efektif

Berilah contoh yang baik bagaimana cara berkomunikasi yang efektif.Seorang anak yang dapat mengutarakan perasaannya, kemungkinan besar tak akan merengek

  • Beri Perhatian

Anak kerap merengek karena ingin mendapatkan perhatian orangtuanya. jadi sesibuk apapun anda, jangan lupa memberikan perhatian.

  • Alihkan Konsentrasi

Jika orangtua tidak bisa mengarahkan anak untuk meminta dengan sopan daripada merengek sambil menangis, orangtua bisa berusaha mengalihkan konsentrasi anak pda hal lain yang menarik perhatiaannya.

  • Biarkan Anak Membuat Keputusan

Membiarkan anak membuat keputusan sederhana akan menjadi pelajaran bagi anak tentang cara berkomunikasi tanpa perlu merengek. Bantulah anak agar lebih punya kontrol terhadap dirinya

  • Berikan Penghargaan

Ajarkan anak meminta sesuatu secara sopan meski cara ini tak menjamin permintaannya dipenuhi.Jika rengekan anak berkurang berikan  penghargaan.Penghargaan tak harus berbentuk barang, Pujian yang tulus juga bisa membuat anak senang.

  • Orangtua Jangan Merengek

Suatu waktu Orangtua merengek ketika meminta sesuatu pada anak atau pasangan walaupun tanpa sengaja maka jangan salahkan anak bila mencontohnya.

BACA JUGA:  Penyebab Anak Susah Makan
  • Penuhi Kebutuhan Dasar.

Kondisi lelah, lapar, atau sakit bisa membuat anak rewel dan suka merengek. Karenanya, pastikan kebutuhan dasar anak terpenuhi secara cukup. Selain itu, jangan lupa, pastikan rumah Anda dalam keadaan tenang dan nyaman. Kondisi rumah yang bising dan tak terawat juga bisa membuat anak tak betah sehingga dia rewel dan merengek.

(Dari Berbagai Sumber)

Share Yuk!