Rumah Tangga

Tips Menghemant Uang Belanja Bulanan

tips-menghemat-uang-belanja-bulanan

Tips menghemat uang belanja bulanan bagi para ibu rumah tangga yang kerap kali kebingungan dalam membelanjakan uang yang diberi sang suami. Kadang kala ingin sesuatu yang lain dari biasanya, mengginkan produk baru yang sedang dipasarkan, apalagi dengan diskon yang besar. Oleh karenanya berikut ini ada beberapa tips menghemat uang belanja bulanan agar tidak membengkak dan dapat mencukupi kebutuhan. 

 

1.Ketahui kebutuhan barang-barang rumah tangga perbulannya

Kita perlu tahu kebutuhan toiletries (peralatan mandi dan perawatan badan) dan kebutuhan dapur non sayur-daging (beras, minyak goreng, gula, terigu, telur, dan lain-lain) setiap bulannya, dengan mencatat pemakaiannya selama sebulan. Dengan tahu jumlah yang diperlukan, kita bisa belanja sekaligus pada saat belanja bulanan.

Belanja dalam jumlah banyak biasanya akan mendapat potongan harga. Belanja sekaligus juga akan menghindarkan kita bolak-balik ke supermarket, karena bila sudah di supermarket kita biasanya akan tergoda belanja barang yang tidak diperlukan. Apalagi bagi yang punya anak kecil, belanja ke supermarket jadi kesempatan anak-anak membeli aneka snack atau cemilan.

2. Beli produk sebuah supermarket

Sekarang ini banyak supermarket-supermarket yang mengeluarkan produk rumah tangga dengan menggunakan nama/merk supermarket itu, misal gula pasir, minyak goreng, tissue, pembersih lantai, dan lainnya. Harganya biasanya lebih murah daripada produk yang bermerk.

3. Buat catatan ketika belanja

Ini untuk menghindarkan kita dari godaan barang yang tidak diperlukan, hanya karena melihat barang itu sedang didiskon. Dengan begitu uang belanja masih tetap terkontrol dengan baik.

4. Beli produk promosi

Buka mata dan telinga lebar-lebar dimana yang sedang ada promosi untuk barang kebutuhan rumah tangga. Beli untuk persediaan agar bulan depan tidak perlu membelinya.

5. Bandingkan harga di masing-masing toko atau supermarket

Misal di toko A harga telurnya lebih murah, sementara di toko B harga ikannya lebih murah dan segar. Tapi kalau perbedaan harganya tidak terlalu signifikan, lebih baik belanja di satu toko saja, selain lebih praktis, juga menghemat biaya.

6. Buat menu masak selama seminggu

Dengan adanya menu ini, kita akan belanja sayuran, daging, ikan, sesuai dengan yang diperlukan. Ini akan menghindarkan kita menumpuk bahan-bahan makanan di lemari es yang ujung-ujungnya membusuk dan dibuang.

7. Belanja di pasar tradisional

Untuk sayuran dan buah-buahan sebaiknya belanja di pasar tradisional. Selain harganya lebih murah biasanya masih segar karena langsung dari petaninya.