Kehamilan & Kelahiran, Kesehatan

Tips Mengatasi Sembelit Pasca Persalinan

sembelit setelah melahirkanSetelah melewati masa persalinan, kebanyakan para ibu mengalami beberapa masalah yang membuatnya merasa khawatir, dan salah satunya yang kebanyakan dialami adalah masalah sembelit. Sembelit memang membuat ibu semakin merasa tidak enak dan terkadang berdampak terhadap berkurangnya nafsu makan. Namun, Anda tidak perlu terlalu khawatir karena sebenarnya ada beberapa hal yang menyebabkan masalah tersebut, dan agar sembelit Anda tidak menjadi semakin parah, Anda bisa mencoba tips mengatasi sembelit pasca persalinan.

• Konsumsi makanan berserat dan berkarbohidrat

Makanan berserat dan berkarbohidrat terdapat di dalam semua biji-bijian berserat tinggi seperti sereal gandum, roti, beras merah, dan segala sesuatu yang dibuat dari beras, oat, serta biji rami.

• Mengkonsumsi buah kering

Anda bisa mulai mengkonsumsi kismis, buah ara, apricot kering, dan  buah prem atau plum kering. Campur buah-buahan kering tersebut dengan kacang-kacangan untuk mendapatkan asupan omega 3 lebih banyak dan juga kemampuan otot yang lebih baik untuk mengatasi sembelit.

• Makan buah dan sayur yang segar

Jus buah dan sayur juga bisa membantu dalam mengatasi masalah konstipasi setelah melahirkan karena dapat mendorong pergerakan usus. Makanlah semua makanan tersebut secara mentah atau dimasak setengah matang saja (makanan tersebut haruslah tetap renyah saat Anda menggigitnya), agar kandungan nutrisinya tidak hilang.

Minyak zaitun

Anda dapat menambahkan sedikit minyak zaitun diatas ikan atau ayam yang sedang Anda olah atau bisa digunkan sebagai pasta. Anda bisa menggunakan minyak zaitun yang sudah banyak beredar di pasaran seperti minyak zaitun le riche, minyak zaitun al amir, dan minyak zaitun ekstra virgin al ghuroba. Minyak zaitun juga dipercaya bisa membantu mengatasi masalah sembelit.

• Banyak minum

Untuk mengatasi penyumbatan, pastikan Anda minum paling tidak 8 gelas air setiap harinya. Minum air dengan frekuensi lebih banyak dapat membuat feses mengandung air, sehingga lebih mudah untuk dikeluarkan. Beberapa ibu telah menemukan bahwa segelas air hangat yang dicampur dengan lemon bisa memperlancar saluran yang tersumbat (lebih baik dilakukan pagi hari).

yoghurt• Minum yoghurt

Ternyata dengan mengkonsumsi yoghurt juga bisa melunakkan feses. Mengkonsumsi setengah cangkir yoghurt setiap hari bisa membantu mengatasi masalah sembelit pasca melahirkan.

• Olahraga secara teratur

Olahraga yang Anda lakukan tidak perlu olahraga yang keras, apalagi Anda habis melahirkan. Berolahraga cukup hanya dengan berjalan-jalan saja di sekitar rumah Anda. Agar sembelit yang Anda alami tidak berlangsung lama, sebaiknya Anda mulai menggerakkan tubuh. Bagi ibu yang melahirkan secara operasi caesar berjalan mungkin sedikit menyakitkan pada awalnya. Tapi cobalah melakukan gerakan dengan perlahan untuk mengatasi masalah sembelit.

Jika masalah sembelit masih dialami hingga seminggu, sebaiknya Anda segera berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan obat pencahar yang aman untuk Anda.

Sumber gambar :
1. http://4.bp.blogspot.com/-q7KcS1xQW0Y/UUQ_UQkMjVI/AAAAAAAAAxA/AOMAhTV3YXs/s320/cara-mengatasi-sembelit.jpg
2. http://static.ddmcdn.com/gif/how-to-make-yogurt-1.jpg